Social Media

Tips Optimasi Instagram Agar Banyak Follower

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.  Ini jelas merupakan peluang...

Written by Bambang Winarso · 4 min read >
tips optimasi Instagram agar banyak follower

Instagram adalah salah satu platform media sosial paling populer saat ini dengan lebih dari 1 miliar pengguna bulanan.  Ini jelas merupakan peluang besar bagi pelaku Internet marketing dan perusahaan untuk memanfaatkan sosial media ini.

Namun, tidak mudah untuk membangun akun Instagram Anda dan mendapatkan pengikut dalam semalam.  Ini adalah proses yang membutuhkan waktu, tetapi dengan sedikit bantuan, Anda dapat melihat hasilnya dengan lebih cepat.

tips optimasi Instagram agar banyak follower

Tips Optimasi Instagram Agar Banyak Follower

Berikut adalah beberapa tips optimasi Instagram agar banyak follower yang asli dan relevan dengan niche Anda.

Tulis Profil Bio Yang Menarik

Hal pertama yang dilihat orang ketika mereka mengunjungi profil Anda adalah bio Anda, dan oleh karena itu, ini adalah bagian penting untuk membuat kesan pertama pada audiens Anda.  Anda perlu menulis bio Instagram yang menarik untuk mendorong orang mengikuti Anda.

Selain dasar-dasar seperti menambahkan detail kontak dan tautan situs web, Anda juga harus menceritakan kisah atau produk Anda dengan cara yang menarik.  Cukup katakan bisnis apa yang Anda miliki tidak akan membuat Anda menonjol.  Anda perlu memberi orang alasan untuk terhubung dengan akun Anda dan mengikuti Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Kembangkan Akun Instagram Yang Unik

Postingan Instagram Anda adalah hal berikutnya yang akan dilihat orang yang mengunjungi profil Anda setelah bio Anda.  Dan, kesan yang didapat pengguna dengan melihat feed Anda penting untuk menentukan apakah mereka menyukai merek Anda atau tidak.

Penting juga untuk menjaga konsistensi warna, jenis postingan, nada suara, dll. Karena inilah yang menentukan kepribadian akun Anda.  Dan, harus sedemikian rupa sehingga jika ada orang yang melihat postingan Anda, mereka harus segera mengaitkannya dengan akun Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Gunakan Hashtag Yang Relevan

Menggunakan hashtag adalah cara yang telah dicoba dan diuji untuk menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram.  Anda perlu meneliti tagar mana yang sedang tren di niche akun Anda dan mana yang relevan dengan akun dan konten Anda.  Kemudian gunakan campuran hashtag ini untuk semua konten Instagram Anda untuk menjangkau orang-orang yang mengikuti hashtag tersebut.

Juga, ingatlah untuk mencampurnya sedikit dan gunakan tagar tertentu yang populer, serta yang khusus untuk Anda yang benar-benar menonjol.  Instagram memungkinkan Anda menambahkan hingga 30 hashtag untuk setiap kiriman dan Anda harus memanfaatkan fitur ini untuk keuntungan Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Buat dan Promosikan Hashtag  Anda

Selain menggunakan hashtag populer, Anda juga dapat membuat dan mempromosikan hashtag Anda sendiri.  Ini bisa khusus untuk akun Anda atau bahkan kampanye tertentu.  Tagar khusus adalah cara yang baik untuk meningkatkan kehadiran Instagram Anda dan mempromosikan kampanye Anda.

Dengan membuat hashtag khusus kampanye, Anda juga dapat mendorong orang untuk menggunakannya di konten Instagram mereka.  Ini memberi Anda konten buatan pengguna gratis serta publisitas, yang dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak pengikut. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Optimalkan Teks Postingan

Teks postingan Instagram memberi Anda kesempatan untuk melibatkan audiens Anda saat ini dan bahkan mendorong mereka untuk merujuk Anda ke teman-teman mereka.

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan teks Instagram Anda seperti menandai orang, mengajukan pertanyaan, memulai percakapan, dll. Semakin Anda mendorong audiens untuk berkomentar, semakin besar kemungkinan mereka akan mengundang teman-temannya untuk bergabung dalam diskusi.

Anda juga dapat memberikan diskon atau penawaran dan meminta pengikut Anda untuk menandai teman mereka dan mempromosikan penawaran itu.  Selain itu, ingatlah untuk menceritakan kisah di balik gambar atau video yang Anda bagikan karena itu akan mendapatkan lebih banyak keterlibatan. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Berpartisipasi Dalam Postingan Populer

Ini adalah sisi lain dari cerita dari apa yang telah kita sebutkan di poin sebelumnya.  Anda seharusnya tidak hanya memulai percakapan tetapi juga berpartisipasi di dalamnya.

Jika ada diskusi yang dimulai oleh seseorang di bidang Anda yang diminati orang, sebaiknya Anda berkomentar dan bergabung. Beberapa orang mungkin terkesan dan memutuskan untuk memeriksa profil Anda dan mengikuti Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Pantau Foto Anda Yang Ditandai

Menjaga reputasi yang baik sangat penting jika Anda ingin mendapatkan dan mempertahankan lebih banyak pengikut.  Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mengawasi jenis postingan yang diberi tag oleh Anda. Orang dapat melihat semua postingan yang Anda beri tag dari profil Instagram Anda.  Jadi, penting untuk memantau siapa yang memberi tag Anda dan di jenis postingan apa.

Untuk melakukan ini, Anda dapat menggunakan fitur “edit tag” atau mengubah pengaturan sehingga hanya posting yang Anda setujui yang ditampilkan di posting Anda yang diberi tag. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Gunakan Hashtag Lokal

Sama seperti SEO lokal untuk situs web, tagar lokal dan geotagging berfungsi untuk Instagram.  Anda tidak dapat meremehkan nilai fokus pada audiens lokal untuk bisnis Anda.

Berikut adalah dua cara untuk melakukannya.

Beri Geotag pada Postingan Anda

Dengan menambahkan geotag ke konten Instagram Anda, Anda dapat menarik pengguna lokal di Instagram.  Banyak orang mencari konten lokal menggunakan fitur pencarian Instagram dan menambahkan geotag dapat membantu Anda menentukan peringkat untuk pencarian tersebut.  Ini mirip dengan SEO lokal, tetapi untuk Instagram.

Tambahkan lokasi ke posting Anda dan dapatkan fitur ketika seseorang mencari konten Instagram menggunakan pencarian lokasi.  Dengan begitu, Anda dapat menarik orang lokal ke profil Anda dan mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram.

Gunakan hashtag lokal

Tagar lokal juga menyelesaikan tujuan serupa, yaitu Anda dapat menjangkau orang-orang lokal yang tertarik dengan ceruk tertentu.  Banyak orang di Instagram mengikuti hashtag lokal dan dengan menggunakannya Anda bisa mendapatkan akses ke audiens itu. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Memanfaatkan Influencer

Influencer adalah orang-orang dengan jumlah pengikut yang signifikan yang setia dan terlibat dalam setiap potongan.  Anda dapat memanfaatkan influencer untuk mendapatkan akses ke pengikut setia mereka dan mengubahnya menjadi pengikut Anda sendiri.

Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa influencer harus berasal dari niche Anda dan relevan dengan akun Anda.  Selama kriteria tersebut terpenuhi, Anda siap melakukannya karena pemasaran influencer adalah cara yang pasti untuk mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram.

Ada banyak cara untuk menggunakan pemasaran influencer untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Jadi, lakukan riset dan manfaatkan kekuatan pemasaran influencer untuk memperluas jangkauan Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Membuat Kontes

Ini mungkin tampak seperti trik yang mudah, tetapi ini adalah cara yang telah dicoba dan diuji untuk mendapatkan pengikut Instagram.  Banyak merek dan pemasar menggunakan teknik ini dan melihat hasil langsung.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menjalankan kontes dan meminta orang untuk mengikuti Anda dan menandai teman mereka untuk berpartisipasi.  Dan, tulis keterangan Anda sedemikian rupa sehingga mendorong orang untuk hanya menandai orang yang relevan yang mungkin benar-benar tertarik dengan merek Anda. Ini merupakan salah satu tips optimasi Instagram agar banyak follower yang terbaik.

Gunakan tips optimasi Instagram agar banyak follower diatas untuk melihat pertumbuhan yang terlihat di basis pengikut Instagram Anda dan membangun akun publik yang kuat di Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *