Social Media

Tips Menggunakan Hashtag Instagram 2021

Hashtag adalah kata atau frasa yang diawali dengan tanda pagar (#), digunakan di situs web dan aplikasi media sosial, terutama Twitter, untuk...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
tips menggunakan hashtag Instagram 2021

Hashtag adalah kata atau frasa yang diawali dengan tanda pagar (#), digunakan di situs web dan aplikasi media sosial, terutama Twitter, untuk mengidentifikasi pesan tentang topik tertentu.

Instagram memungkinkan Anda menambahkan hingga 30 tagar ke sebuah kiriman dan hingga 10 hashtag ke sebuah Instagram story.

tips menggunakan hashtag Instagram 2021

Tips Menggunakan Hashtag Instagram 2021

Satu hal utama yang perlu diketahui tentang hashtag adalah tagar tersebut dapat diblokir.  Instagram mengidentifikasi hashtag yang digunakan dalam kiriman yang ditandai sebagai spam dan langsung menghentikan jangkauan kiriman menggunakan hastag ini.  Postingan bahkan tidak akan sampai kepada pengikut Anda.  Pengguna bahkan dapat melaporkan hashtag tertentu sebagai ‘spam’ agar dilarang.

Jenis Hashtag Instagram

Ada beberapa jenis hashtag yang dapat digunakan di postingan Anda selain yang paling jelas.

Hashtag khusus

ini tidak hanya mendeskripsikan topik postingan Anda, tetapi menjelaskan sedikit lebih detail.  Misalnya, jika Anda seorang pelukis, Anda dapat menentukan gaya yang Anda kerjakan (#naturalis, #abstrak) untuk menjangkau orang-orang yang secara khusus tertarik dengan gaya ini.

Hashtag Komunitas

Komunitas ada di Instagram dan tagar ini membantu menemukan dan bergabung dengan mereka.  Hashtag komunitas biasanya hanya dikenal oleh anggotanya sehingga sulit untuk menemukannya kecuali Anda melakukan riset.  Misalnya, Banyak seniman dan pemakai tato menggunakan #lovettt untuk menandai kiriman mereka.

Hashtag Acara Khusus Atau Musiman

Hashtag ini dapat merujuk pada liburan tertentu atau acara yang dibuat khusus, seperti #socialmediaday.  Mereka juga digunakan untuk semua liburan Hari Nasional yang populer di media sosial, seperti #harianaknasional atau #hariibu.  Saat mengatur tertentu, ada baiknya untuk membuat hashtag Anda sendiri untuk digunakan orang saat memposting tentang hal tersebut.  Ini sangat membantu dalam mengatur konten buatan pengguna juga.

Hashtag Lokasi

Bahkan jika Anda sudah memberi geotag pada kiriman Instagram Anda (yaitu, memilih untuk menyertakan lokasi di kiriman Anda yang sebenarnya), tetap merupakan ide yang baik untuk menyertakan hashtag yang menjelaskan lokasi Anda, terutama jika Anda mempromosikan sebuah acara atau produk  dan bisnis tertentu.  Orang-orang suka mengikuti atau menelusuri kota-kota tempat mereka tinggal, dan mungkin disajikan konten lokal oleh algoritme penemuan.

Hashtag Akronim

Hashtag ini biasanya menggambarkan tren Instagram tertentu.  Misalnya, hashtag akronim paling terkenal adalah #ootd untuk menampilkan gaya busana hari ini.  Ada juga #swag untuk gaya ala gengster.

Hashtag Bermerek

Hashtag ini terkait langsung dengan merek.  Biasanya ini hanya #brandname, tetapi terkadang slogan atau frasa yang terkait dengan merek bisa menjadi hashtag juga.

Hashtag Kampanye

Saat ini, setiap kampanye pemasaran yang baik biasanya memiliki hashtag.  Hal yang hebat tentang hashtag kampanye adalah dapat bertahan lebih lama dari kampanye dan menjadikan brand awarness jangka panjang.  Serupa dengan itu, ada hashtag yang mendeskripsikan gerakan akar rumput dan menjadi fenomena sosial seperti #adopsihewan, mempromosikan adopsi hewan.

Anda dapat mencampur dan mencocokkan hashtag dari kategori ini dengan yang biasa.  Saat Anda memilih hashtag yang ingin Anda gunakan, coba pikirkan audiens yang ingin Anda jangkau dan tujuan posting Anda.

Instagram menetapkan batas 30 tagar dan mungkin tergoda untuk menambahkan semua 30, tetapi sebenarnya jumlah yang disarankan adalah antara tiga dan 15.

Banyak eksperimen membuktikan bahwa melebihi batas ini membuat Anda berisiko diblokir karena spam, sementara kebangkrutan tidak akan banyak berpengaruh pada jangkauan Anda sama sekali.

Perlu diperhatikan juga bahwa banyak pengguna meletakkan 4 titik (…) Secara vertikal, di bawah salinan utama, untuk memisahkan teks dari hashtag yang digunakan.  Ada banyak perdebatan tentang hal ini dengan beberapa orang mengklaim bahwa, dengan melakukan ini, Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengikut.  Lebih realistis, itu membuat posting Insta Anda bersih dan terlihat tajam.

Tips Menggunakan Hashtag Instagram 2021

Tagar yang populer atau sedang tren tidak selalu yang terbaik untuk digunakan untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten Anda. Tagar paling populer mendapatkan ribuan posting baru setiap hari, jadi sangat kecil kemungkinan orang akan melihat konten Anda  .  Selain itu, hashtag tersebut biasanya terlalu banyak dan luas untuk memiliki komunitas yang kuat atau audiens yang ditentukan.

Banyak pakar media sosial merekomendasikan untuk menggunakan tagar dengan tidak lebih dari 100.000 kiriman.  Dengan cara ini, Anda memiliki lebih banyak kesempatan untuk diperhatikan.

Berikut adalah beberapa tips menggunakan hashtag Instagram 2021 untuk meningkatkan follower Instagram Anda.

Gunakan Campuran Hashtag Populer dan Kurang Populer

Praktik terbaik media sosial adalah menggunakan campuran tagar populer (yang memiliki lebih dari satu juta pengikut) dan tidak begitu populer (dengan sekitar 100.000 pengikut).  Terbukti bahwa menggunakan hashtag dengan jumlah pengikut yang lebih rendah dapat benar-benar membantu meningkatkan jangkauan dan keterlibatan  karena postingan Anda akan dapat dilihat oleh pengguna lain.

Riset Pesaing

Memeriksa hashtag mana yang digunakan pesaing Anda dapat memberi Anda banyak wawasan.  Buka profil mereka dan lihat hashtag mana yang mereka gunakan untuk posting mana.  Misalnya, mereka mungkin menggunakan satu set hashtag dengan peluncuran produk dan lainnya untuk membicarakan tim mereka.

Bereksperimen Dengan Hashtag

Jika Anda ingin mengetahui dengan pasti mana yang paling bermanfaat, jangan takut untuk menggunakan campuran hashtag dari satu postingan ke postingan lainnya.  Coba set hashtag yang berbeda untuk posting yang berbeda dan lihat apakah itu mempengaruhi jangkauan.  Jika Anda melihat bahwa sebuah pos memiliki jangkauan yang jauh lebih tinggi dari biasanya, perhatikan hashtag yang Anda gunakan.  Coba kombinasi yang berbeda dan lihat mana yang berhasil.  Sebentar lagi, Anda akan memiliki database hashtag dan statistik kecil Anda sendiri yang membuktikan bahwa keduanya berfungsi.

Kembalilah ke penelitian Anda dari waktu ke waktu untuk memperbarui #database Anda, dengan begitu Anda akan selalu memiliki data terbaru untuk membangun strategi hashtag Instagram Anda.

Hindari Spam

Secara khusus, hindari menggunakan hashtag untuk mengirim spam, dan jangan membebani postingan Anda dengan terlalu banyak hashtag.

Hashtag Harus Relevan Dengan Postingan

Buat agar relevan dengan konten yang Anda posting.  Misalnya, jika Anda memposting tentang masalah yang berkaitan dengan jurusan kuliah eperti Manajemen atau Teknik sipil, Anda jelas harus menggunakan hashtag seperti #manajemen,#kuliah dan #tekniksipil.

Gunakan Campuran Hashtag Umum Dan Yang Kurang Umum

Dengan menggunakan campuran keduanya, Anda memberikan postingan Anda kesempatan terbaik untuk dilihat oleh sebanyak mungkin orang dan untuk menghindari tenggelam.

Gunakan Jumlah Hashtag Terbaik

Instagram dan Facebook memperbolehkan jumlah hashtag hingga 30 tagar tetapi antara 13-18 adalah praktik terbaik.

Saat memposting konten, gunakan berbagai hashtag untuk membantu posting Anda menjangkau audiens yang lebih luas dan menghasilkan keterlibatan yang Anda butuhkan untuk mempromosikan produk Anda lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *