Social Media

Pentingnya Mengenal Apa Itu Akun Alter Di Twitter

Mengenal apa itu Akun Alter di Twitter rupanya sangat penting untuk dibahas lebih lanjut lagi. Sebab salah satu “istilah” dalam Twitter ini,...

Written by Agung Sanjaya · 2 min read >
Apa Itu Akun Alter Di Twitter

Mengenal apa itu Akun Alter di Twitter rupanya sangat penting untuk dibahas lebih lanjut lagi. Sebab salah satu “istilah” dalam Twitter ini, rupanya belum banyak diketahui sebagian penggunanya. Terutama para pengguna baru Twitter itu sendiri.

Faktanya akun alter tersebut sudah lama ada di Twitter, namun belum lama ini kembali ramai diperbincangkan para pengguna Twitter dari berbagai kalangan. Selain itu, akun alter bukan hanya terdapat di Twitter, tapi akun alter sudah ada dan berkembang sejak zaman Facebook.

Apa Itu Akun Alter Di Twitter

Mengenal Apa Itu Akun Alter Di Twitter Secara Lengkap

Istilah akun alter atau account alter diambil dari kata “Alter Ego”. Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sisi lain dari pemilik akun aslinya. Umumnya pengguna akun alter di Twitter menunjukkan sisi aslinya dibandingkan sisi yang ditunjukkan di akun pribadinya.

Mulanya akun alter kerapkali digunakan untuk tweet hingga retweet konten tentang hobi, opini seseorang, dan hal lainnya. Akan tetapi, akun alter tersebut bisa pula digunakan untuk kebalikannya yang mana menunjukkan sisi lain yang bukan dirinya.

Pada umumnya akun alter dikenal sebagai akun kedua atau second account, yang digunakan dengan berbagai tujuan tergantung penggunanya itu sendiri. Namun, kebanyakan akun alter malah dikenal sebagai anomali yang meresahkan. Karena tak jarang, akun alter digunakan sebagai sarana untuk berbuat “nakal” oleh penggunanya.

Akun Alter di Twitter, Negatif atau Positif?

Seperti dalam pembahasan di atas, akun alter memiliki tujuan tersendiri dari setiap penggunanya. Banyak alasan yang mempengaruhi orang lain untuk membuat akun Twitter lebih dari satu, sehingga timbullah fenomena akun alter ini.

Sayangnya, keberadaan akun alter ini sudah dianggap sebagai fenomena negatif oleh kebanyakan pengguna Twitter sejak beberapa tahun ke belakang. Hal ini tak lepas dari para pengguna itu sendiri, yang menggunakan akun alter sebagai sarana tidak baik di Twitter.

Banyak akun alter yang bahkan berpura-pura sebagai orang lain, dengan mengunggah konten-konten tidak pantas sehari-harinya. Akun alter dipergunakannya untuk berbagai kegiatan negatif yang tidak ada kebermanfaatannya.

Sehingga dapat disimpulkan, jenis pengguna akun alter seperti ini bisa merugikan pengguna Twitter lainnya. Sebab, tidak semua pengguna akun alter di Twitter menggunakannya untuk hal serupa.

Tujuan Akun Alter di Twitter

Penggunaan akun alter tersebut memiliki tujuannya masing-masing. Akun alter yang kebanyakan akun kedua atau second account, kebanyakan dikenal sebagai akun yang dibuat dengan tujuan negatif atau tidak ada manfaatnya.

Meski kerapkali dipandang negatif, tidak semua akun alter memiliki sifat atau tujuan yang sama. Banyak orang yang menggunakan akun alter dengan tujuan yang baik, seperti untuk menjaga privasinya, hingga menemukan circle yang cocok dengannya di Twitter.

Ciri-ciri Akun Alter di Twitter

Akun alter pada umumnya memiliki ciri-ciri khusus yang membuatnya mudah untuk dikenali. Karena secara garis besar, akun alter di Twitter merahasiakan identitas aslinya.

Ciri-ciri akun alter umumnya seperti berikut:

  • Foto profil menggunakan bukan foto asli.
  • Tidak adanya deskripsi perihal informasi diri di bionya.
  • Nama / Username akun menggunakan huruf acak yang aneh, bukan menggunakan nama asli ataupun nama panggilan.
  • Tweet kebanyakan berisi keluh kesah (berbeda dari Tweet akun aslinya).
  • Kebanyakan akun alter di private atau digembok.
  • Umumnya followers dan followingnya tidak banyak.
  • Tidak terlalu peduli perihal berapa banyak Reply maupun Retweet.

Ciri-Ciri Akun Alter Negatif di Twitter

Akun alter yang dianggap anomali tentunya memiliki efek negatif bagi sekitarnya yang tak lain pengguna  Twitter lainnya. Dan ciri-ciri umumnya tak jauh berbeda dari ciri-ciri akun alter yang sebelumnya telah dibahas.

Sehingga, akun alter yang negatif memiliki ciri-ciri seperti berikut:

  • Menggunakan foto profil palsu / foto milik orang lain.
  • Deskripsi pada bio bisa bermacam-macam, mulai dari nakal hingga kosong.
  • Nama / Username akun menggunakan nama palsu atau nama samaran.
  • Tweet kebanyakan berisi konten-konten negatif yang meresahkan.
  • Akun ada yang digembok dan tidak.
  • Followers dan followingnya tidak banyak atau bahkan followersnya banyak.

Bahayakah Akun Alter di Twitter?

Berbicara mengenai bahaya atau tidaknya akun alter di Twitter, tentunya kembali ke diri masing-masing dari pemilik akun alter tersebut. Meski kebanyakan akun alter kerap kali menyembunyikan identitas pribadi hingga sifat aslinya, hal tersebut tak ubahnya masalah privasi.

Terlebih jika akun alter tersebut tidak merugikan Anda dan pengguna lainnya, tentu akun-akun alter tersebut bukanlah masalah yang serius. Namun, Anda bisa menghindari atau bahkan melaporkan akun alter tadi, jika keberadaannya merugikan Anda dan pengguna Twitter lainnya.

Nah, setelah mengenal apa itu Akun Alter di Twitter tentunya Anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan Twitter. Selain itu, Anda bisa membentuk circle yang baik dengan cara mengikuti akun-akun yang bermanfaat, mengecek followers secara berkala, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *