Social Media

Cukup Efektif! Inilah Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Cara meningkatkan engagement di Instagram harus diketahui, terutama bagi kamu yang menggunakan Instagram untuk berbisnis. Ketika kita mengunggah konten, tentunya diharapkan bisa...

Written by Dwi · 2 min read >
Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Cara meningkatkan engagement di Instagram harus diketahui, terutama bagi kamu yang menggunakan Instagram untuk berbisnis. Ketika kita mengunggah konten, tentunya diharapkan bisa dilihat oleh banyak orang dan memancing mereka untuk saling berinteraksi. Sehingga akan menciptakan nilai engagement pada akun Instagram kamu. Lalu, apa saja cara yang perlu untuk meningkatkan engagement di Instagram?

Apa Itu Engagement di Instagram?

Engagement merupakan angka yang menunjukkan tingkat keterlibatan followers dalam sebuah akun Instagram. Pada konten yang kita unggah di Instagram biasanya disertai dengan adanya view, like, dan komentar. Ketiga hal ini yang berperan penting menentukan tingkat engagement atau bisa juga disebut juga engagement rate.

Sebenarnya hanya Instagram yang mengetahui cara menghitung engagement. Tapi ada cara lain yang bisa dipakai untuk mengukur tingkat engagement di Instagram kamu. Caranya yaitu dengan menjumlahkan like dan komentar, lalu hasilnya dibagi jumlah followers. Jika kamu pengguna akun bisnis, kamu bisa memantau performa dan kualitas akun dengan memanfaatkan fitur Insight.

Menaikkan tingkat engagement akan bermanfaat untuk:

  • Mengukur tingkat keberhasilan konten.
  • Meningkatkan efektifitas pemasaran suatu produk.
  • Mengetahui berbagai hal yang paling dibutuhkan followers.
  • Mengetahui berbagai hal yang sedang trend.
  • Memantau kinerja kompetitor.

Cara Meningkatkan Engagement di Instagram

Berikut ini adalah cara yang kamu terapkan agar engagement di Instagram kamu bisa meningkat.

Mengunggah Konten di Waktu yang Tepat

Kapan waktu yang tepat untuk menggugah konten di Instagram? Jawabannya adalah pada waktu follower sedang banyak yang aktif. Biasanya follower paling aktif ketika jam makan siang (jam 11 hingga 12 siang) dan di malam hari setelah kebanyakan orang selesai beraktivitas (jam 7 hingga 9 malam).

Jika kamu memiliki akun bisnis, kamu bisa memantau jam sibuk akun melalui fitur yang sudah disediakan. Pada bagian ‘Insight’ pilih ‘Audience’ lalu pilih ‘Pengikut’ dan klik ‘Jam’. Kemudian kamu bisa melihat pada jam berapa saja follower melihat feed dan story Instagram kamu. Di samping itu, sebaiknya unggahlah konten secara terjadwal dan teratur setiap hari.

Buat Konten Semenarik Mungkin

Dalam membuat konten, kamu harus bisa membuat penasaran orang yang melihatnya. Jika kamu ingin mengunggah konten berupa cerita, kamu bisa membuatnya dalam bentuk gambar. Gambar yang menarik akan membuat audiens betah mengunjungi feed kamu. Apalagi jika berupa video, tentunya audiens akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menontonnya.

Konten yang kamu buat tentunya harus berkualitas dan original. Hal ini akan membuat konten kamu mengundang like dan komentar dari banyak audiens. Dan tentunya mereka akan menantikan konten berikutnya yang akan kamu unggah. Apalagi jika dibuat dengan keunikan atau ciri khas tersendiri, maka konten kamu akan mudah dikenali dan diingat oleh audiens.

Merepost Konten dari Followers

Jika kamu sudah mempunyai banyak follower, pasti beberapa diantaranya ada yang ingin numpang narsis di akun Instagram kamu. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka menciptakan konten dan menandai akun kamu. Mereka berharap agar kamu mau merepost konten tersebut. Apalagi jika konten tersebut mendapat banyak like dan komentar, pemilik konten pastinya merasa sangat senang.

Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk memperoleh konten gratis. Namun demikian, merepost konten juga harus dengan etika. Jangan lupa mencantumkan sumber pencipta konten tersebut. Kamu juga perlu melakukan apresiasi dengan mengucapkan terima kasih lewat DM atau memberikan credit kepada pemilik konten.

Berinteraksi dengan Follower

Berinteraksi dengan follower sangat penting dilakukan agar kamu bisa memperoleh engagement yang tinggi. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menciptakan berbagai konten yang melibatkan follower atau audiens. Hal yang paling umum dilakukan dengan membuat caption yang mengundang audiens untuk memberikan like dan komentar.

Selain itu ada berbagai cara lain untuk berinteraksi dengan follower. Diantaranya seperti siaran langsung di InstaStory atau IGTV, membuat kuis atau survey memakai fitur yang tersedia di Instagram, berbagi cerita, berbagai tips dengan mengirim DM, dan sebagainya. dengan melakukan hal-hal ini diharapkan audiens akan terus setia menjadi follower Instagram kamu.

Menggunakan Hashtag yang Tepat

Hashtag bisa sangat berpengaruh pada konten yang kamu buat. Dengan hashtag yang tepat, akun kamu akan bisa dengan mudah ditemukan orang. Hashtag juga bisa mempengaruhi Instagram untuk mengklasifikasi unggahan kamu ke dalam kategori tertentu. Sehingga hal ini bisa membuat orang tertarik untuk mengunjungi feed Instagram kamu.

Kamu bisa memakai hashtag populer untuk memperluas jangkauan postingan. Yang perlu diingat, jangan menggunakan jumlah hashtag yang banyak apalagi terlalu panjang. Cukup gunakan beberapa saja, lalu bisa ditambahkan dengan hashtag unik dan khas yang menggambarkan brand atau produk kamu.

Baca juga : Tips Menggunakan Hashtag Instagram 2021

Itulah berbagai cara meningkatkan engagement di Instagram yang perlu kamu ketahui. Semoga penjelasan di atas bisa meningkatkan kualitas akun Instagram kamu. Jadi, apakah hari ini kamu sudah berkomunikasi atau menyapa followers Instagram kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *