Social Media

Cara Berjualan di Aplikasi Instagram Biar Banjir Pesanan

Cara berjualan di aplikasi Instagram memang tidak semudah kelihatannya. Instagram dianggap sebagai media promosi yang efektif untuk menawarkan produk. Para pelaku usaha...

Written by Dwi · 2 min read >
Cara Berjualan di Aplikasi Instagram

Cara berjualan di aplikasi Instagram memang tidak semudah kelihatannya. Instagram dianggap sebagai media promosi yang efektif untuk menawarkan produk. Para pelaku usaha bisa memanfaatkan Instagram untuk menarik minat lebih banyak konsumen. Lalu bagaimana caranya agar banjir pesanan? Ikuti saja beberapa tips penting di bawah ini!

Cara Berjualan di Aplikasi Instagram Biar Banjir Pesanan

Ada berbagai hal yang perlu diterapkan untuk bisa berjualan di Instagram. Agar lebih optimal, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu pakai.

Menentukan Target Jualan

Sebelum memulai berjualan, tentunya yang harus dilakukan yaitu mengetahui produk yang paling banyak dibutuhkan atau sedang trend di masyarakat. Hal ini berguna untuk menentukan produk barang atau jasa yang akan kamu jual. Pertimbangkan juga untuk menjual produk yang akan tetap dicari konsumen hingga jangka waktu yang panjang.

Selanjutnya kita bisa menentukan target siapakah konsumen yang kemungkinan besar membutuhkan produk yang kamu jual. Dengan begini, kita juga akan lebih mudah membuat promosi yang diharapkan bisa menarik minat warganet.

Cara Berjualan di Aplikasi Instagram

Jangan Gunakan Akun Pribadi

Untuk berjualan, jangan menggunakan akun pribadi, ya! Sebaiknya membuat akun baru yang memang khusus dipakai untuk berjualan. Hal ini akan membuat kamu lebih profesional dalam berbisnis. Di samping itu, kamu akan lebih mudah memantau perkembangan dari penjualan produk.

Jika punya akun Facebook, kamu bisa memakainya untuk membuat akun bisnis di Instagram. Akun bisnis akan mempermudah kamu dalam berbagai hal. Diantaranya seperti manajemen waktu posting, memantau follower, demografi dan lain-lain. Cara mengubah akun pribadi ke akun bisnis yaitu dengan memilih menu Setting lalu pilih Account dan pilih Switch to Business Account.

Memperbanyak Follower

Follower yang banyak menandakan bahwa akun tersebut disukai banyak warganet. Maka dari itu, sangat penting untuk memperbanyak follower pada akun jualan. Follower yang banyak akan menarik minat calon pembeli mengunjungi akun Instagram kamu.

Untuk menambah follower kamu bisa memfollow akun lain sebanyak-banyaknya. Eits, tapi jangan sembarang akun, ya! Untuk menghemat waktu dan tenaga, follow saja akun jualan lain yang produknya sama dengan yang kamu jual. Tentunya pilih akun yang followernya sudah banyak. Dengan begini akan ada banyak orang yang terhubung dengan akun jualan kamu.

Rajin Mengunggah Konten Menarik

Berikutnya, kamu perlu mengunggah konten secara teratur dan terjadwal. Unggah foto atau video baru tentang produk setiap hari, kalau memungkinkan beberapa kali sehari. Buatlah konten semenarik mungkin dan mempunyai ciri khas sehingga warganet bisa tahu, bahwa konten tersebut berasal dari akun jualan kamu.

Selain itu, foto produk harus jelas dengan pencahayaan yang bagus. Jangan sampai terlihat blur apalagi gelap. Sertakan juga caption dengan bahasa yang simpel dan mudah dipahami pembaca. Kamu bisa menuliskan harga, spesifikasi produk, serta keterangan lainnya untuk memberikan penjelasan tentang produk yang kamu jual.

Mencantumkan Hashtag Sesuai Produk

Hashtag dianggap berperan penting dalam Instagram sebagai salah satu strategi untuk mempromosikan postingan. Hashtag yang tepat bisa membantu produk jualan kamu mudah ditemukan oleh pengguna Instagram.

Buatlah hashtag sesuai dengan produk yang kamu jual. Meski jumlah hashtag tidak dibatasi, sebaiknya jangan mencantumkan terlalu banyak. Hal ini akan mengurangi kenyamanan pengunjung saat membaca produk jualan kamu. Gunakan hashtag yang paling relevan dan buat yang spesifik agar akun jualan kamu lebih mudah ditemukan.

Mengunggah Testimoni

Kamu juga perlu mengunggah testimoni konsumen yang telah menggunakan produk yang kamu jual. Testimoni bisa berupa screenshot chat real dari smartphone kamu, lalu diunggah ke halaman Instagram. Penilaian positif dari pelanggan akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk jualan kamu.

Berikan Promo dan GiveAway

Cara lain mempromosikan produk kamu yaitu dengan memberikan promo dan GiveAway. Tawarkan promo dan GiveAway menarik agar banyak orang mau ikut meramaikan akun jualan kamu. Misalnya saja kamu menawarkan diskon ketika akunmu memiliki 11 ribu followers. Bisa juga dengan memberikan potongan harga pada produk yang paling banyak mendapat like.

Berinteraksi dengan Pengunjung

Sering-seringlah meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan pengunjung, baik follower ataupun yang bukan. Lakukan dengan menjawab berbagai pertanyaan mereka dengan cepat, sopan dan ramah. Dalam hal ini kesabaran sangat diperlukan, mengingat karakter pengunjung memang beragam.

Banyak dari mereka yang mungkin hanya sekedar bertanya saja dan pada akhirnya tidak membeli. Ada juga yang terlalu banyak pertanyaan serta perlu dijelaskan berulang kali agar bisa mengerti. Jangan sampai mudah terbawa emosi apalagi gampang memblackklist calon konsumen, ya!.

Baca juga : Tips Optimasi Instagram Agar Banyak Follower

Itulah cara berjualan di aplikasi Instagram agar produk jualan kamu bisa banjir pesanan. Meski tidak bertatap muka, pelayanan terbaik harus selalu diberikan agar tidak merusak kepercayaan pembeli. Semoga tips di atas bermanfaat memperlancar bisnis kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *