Social Media

Apa Ciri-ciri dari Pengguna Instagram dan Twitter? Keduanya Memiliki Perbedaan yang Menonjol

Apa ciri-ciri dari pengguna Instagram dan Twitter? Pertanyaan tersebut tertuju pada seluruh pengguna media sosial yang paham mengenai penggunaan Instagram dan Twitter....

Written by Irfan · 2 min read >
Perbedaan yang spesifik dari Pengguna Twitter dan Instagram

Apa ciri-ciri dari pengguna Instagram dan Twitter? Pertanyaan tersebut tertuju pada seluruh pengguna media sosial yang paham mengenai penggunaan Instagram dan Twitter. Meski keduanya sama-sama merupakan media sosial, tetapi tetap ada perbedaan yang spesifik dari penggunanya.

Jarang Diketahui, Apa ciri dari Pengguna Instagram dan Twitter?

Kehadiran media sosial dalam perkembangan teknologi semakin memudahkan manusia untuk melakukan sosialisasi, meski dengan orang asing sekalipun. Media sosial juga membuat hubungan antar manusia tidak mudah hilang, kita bisa berkabar dengan mudah meski dihalang oleh jarak.

Kita sering mendengar istilah Instagram dan Twitter. Keduanya merupakan media sosial hitz di kalangan anak-anak muda, bahkan kedua media sosial tersebut dijadikan ajang untuk mempereksis diri dan juga sebagai media untuk membuka usaha dengan berjualan, seperti online shop.

Perbedaan yang spesifik dari Pengguna Twitter dan Instagram

Lalu, bagaimana ciri khas dari pengguna Instagram dan Twitter? Mengapa pengguna dari kedua media sosial tersebut memiliki perbedaan?

Sebelumnya, kita perlu mengetahui dulu fungsi dari kedua jenis media sosial tersebut. Pertama, Instagram. Media sosial ini sangat populer karena fitur membagikan foto dan video yang mudah dan disertai dengan filter-filter yang lebih variatif, sehingga postingan foto dan video menjadi lebih menarik.

Selain itu, Instagram juga kerap kali dijadikan ladang bisnis bagi penggunanya. Banyak pekerjaan yang bisa didapatkan melalui Instagram, diantaranya adalah membuka online shop, endorsement, paid promote, advertising, dan masih banyak lagi. Tak jarang juga ada yang menyebut Instagram sebagai media sosial untuk self branding.

Sedangkan yang kedua, yaitu Twitter. Media sosial ini sering disebut sebagai tempat curhat para penggunanya. Dari Twitter, kita bisa menuliskan apa saja yang ada dalam isi hati atau pikiran kita. Kata-kata yang sering kita jumpai saat membuka media sosial Twitter seringkali berkaitan dengan kehidupan sehari-hari atau konflik yang sedang booming.

Benefit Menggunakan Instagram dan Twitter

Memiliki Instagram, biasanya ditargetkan dengan jumlah followers yang banyak. Semakin tinggi angka followers yang didapatkan dalam suatu akun, maka menunjukkan bahwa pemilik akun merupakan pribadi yang populer apabila tujuan dibuatnya akun tersebut adalah untuk self branding.

Namun, jika akun tersebut digunakan untuk berjualan (akun online shop), maka menunjukkan bahwa toko online shop tersebut dipercaya oleh ratusan atau ribuan orang yang mem-follow akun online shop tersebut, sehingga memiliki peluang untuk dapat meningkatkan target penjualan.

Berikut beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan media sosial Instagram :

1.Menjadi Sumber Penghasilan

Bukan hanya sebagai media sosial untuk ajang pamer kehidupan, Instagram juga bisa menjadi ladang bisnis. Sistem promosi yang mudah, strategi marketing yang tepat, disesuaikan dengan segmentasi dari produk yang dijual, maka membuka online shop adalah jalan yang benar untuk meraih keuntungan melalui Instagram.

Sedangkan untuk akun yang digunakan untuk self branding, maka pemilik akun bisa menjadi seorang influencer, dimana semakin tinggi jumlah followers, maka semakin tinggi pula fee yang didapatkan dari hasil endorse dan semakin banyak online shop yang bersedia membayar berapapun fee dari influencer, agar produknya terjual cukup banyak.

2.Mencari Kabar dari Orang yang Sudah Lama Tidak Ditemui

Seringkali kita mengalami lost contact dengan kerabat, sahabat, atau teman semasa sekolah setelah lama tidak bertemu atau lama tidak berada dalam suatu circle. Dahulu, kita harus cari nomor telepon ataupun alamat, di mana kerap berganti, jadi sangat sulit menanyakan kabar maupun say Hi! dan menghubungi jika ada kebutuhan.

Namun, hadirnya Instagram bisa membuat kita mudah menemukan contact dari kerabat yang telah lama tidak berjumpa. Biasanya, seseorang hanya memiliki satu akun dan jarang sekali akan berganti akun. Dari akun tersebut, kita bisa melihat foto-foto atau video-video yang dibagikan adalah benar milik orang yang kita tuju.

Dari situ, kita bisa langsung menghubunginya melalui direct message tanpa takut salah sambung. Selain itu, kita juga bisa memastikan bahwa akun itu memang aktif atau masih digunakan oleh kerabat yang ingin kita hubungi.

Selain itu, Twitter sebagai media sosial yang populer di Indonesia, juga memiliki manfaat sebagai berikut :

1.Sebagai Tempat Curhat

Media sosial Twitter seringkali dijadikan ajang curhat oleh penggunanya dan tidak jarang bahwa kalimat curhat tersebut ternyata memiliki dampak yang cukup baik terhadap kehidupan orang lain yang membacanya, juga bisa disukai oleh banyak orang.

2.Meningkatkan Kreativitas dalam Bidang Menulis

Bagi seseorang yang menyukai atau menerjuni dunia sastra, maka Twitter adalah media sosial yang tepat untuk digunakan sebagai tempat latihan menulis. Kita bisa sesuka hati menuliskan konten yang selaras dengan kehidupan pembaca, dengan begitu kita bisa menjadi penulis yang kreatif.

Instagram dan Twitter sama-sama merupakan media sosial yang populer, namun penggunanya memiliki ciri-ciri yang berbeda, disesuaikan dengan fungsi dari kedua media sosial tersebut. Maka dari itu kita bisa mempelajari apa ciri-ciri dari pengguna Instagram dan Twitter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *