Smart Money

Tips Penggunaan Kartu Kredit yang Baik

Transaksi yang menggunakan kartu kredit sekarang ini banyak digunakan karena lebih praktis dan mudah. Praktis karena tidak perlu membawa uang banyak untuk...

Written by Yoko Widito · 2 min read >

Transaksi yang menggunakan kartu kredit sekarang ini banyak digunakan karena lebih praktis dan mudah. Praktis karena tidak perlu membawa uang banyak untuk berbelanja, selain itu nasabah akan merasa kemudahan saat melakukan pembelanjaan yang lebih banyak tanpa memiliki saldo pada bank yang bersangkutan.

Namun sayang, dibalik semua kepraktisan dan kemudahan yang ada pada kartu kredit, sebenarnya Anda sedang “diajak” berhutang dalam setiap penggunaannya. Tanpa adanya kendali diri dalam setiap penggunaannya, penggunaan kartu kredit yang berlebihan dapat menjerumuskan Anda ke dalam perilaku konsumtif dan jurang hutang yang cukup besar.

Nah, supaya Anda bisa terhindar dari jebakan hutang kartu kredit, ada baiknya Anda mempelajari tips penggunaan kartu kredit yang baik berikut ini:

1.Pastikan Anda memiliki keuangan yang baik

tips-penggunaan-kartu-kredit-yang-baik-1

Hal pertama yang harus Anda membuat kartu kredit adalah melihat bagaimana kondisi keuangan Anda. Apabila dari gaji yang anda terima setiap bulannya setelah dikurangi kebutuhan sehari hari dan masih ada sisa uang untuk membayar tagihan kartu kredit bulanan, maka tidak ada masalah apabila Anda membuat kartu kredit. Namun apabila gaji yang diterima ternyata pas untuk kebutuhan sehari hari dalam satu bulan, lebih baik jangan membuatnya, karena ke depannya pasti akan mengacaukan keuangan Anda dalam satu bulan.

Selain itu, Anda harus benar benar memikirkan tujuan Anda membuat kartu kredit. Jika Anda membuat kartu kredit supaya bisa berbelanja lebih banyak ataupun kebutuhan konsumtif lainnya, maka sebaiknya Anda jangan membuat kartu kredit. Namun ada sedikit pengecualian kalau Anda membuat kartu kredit untuk mengantisipasi situasi yang tidak terduga seperti kecelakaan ataupun sakit, dalam kondisi seperti ini kartu kredit bisa berperan sebagai dana cadangan.

2.Tentukan berapa limit kartu kredit Anda

tips-penggunaan-kartu-kredit-yang-baik-2

Apakah Anda termasuk orang yang cenderung tidak dapat mengendalikan diri saat Anda sedang berbelanja? Apabila demikian, maka Anda sebaiknya membuat kartu kredit dengan limit tertentu. Ini sangat penting supaua anda tidak menggunakan kartu kredit secara berlebihan, dan tetap dalam batas aman keuangan Anda. Sangat disarankan untuk membatasi penggunaan kartu kredit yang disesuaikan dengan batas kemampuan keuangan Anda sehingga Anda tidak akan terjerat dalam jebakan hutang nantinya.

3.Bayar tagihan tepat waktu

Ketika Anda sudah memiliki kartu kredit di tangan anda, Ini artinya Anda setuju untuk dapat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit bulanan yang jatuh tempo pada tanggal tertentu. Ketika tagihan sudah keluar, sebaiknya Anda mencoba untuk membayar tagihan tepat waktu dan jangan sampai terlambat. Sebaiknya segera membayar setelah gajian Anda keluar, karena penundaan pembayaran kartu kredit malah membuat Anda semakin malas untuk melunasi tagihan. Dan seperti pada banyak kejadian yang sudah terjadi, hutang Anda akan semakin banyak dan juga penambahan denda bunga yang malah menjadi beban.

4.Segera bayar seluruh tagihan

tips-penggunaan-kartu-kredit-yang-baik-3

Ini adalah salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pemegang kartu kredit, setelah tagihan keluar tidak segera membayar semua tagihan yang ada sebelum tanggal jatuh tempo. Ini malah akan menyebabkan tagihan menumpuk dan yang terparah adalah seseorang bisa lupa kalau mereka masih memiliki beban hutang kartu kredit.

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, Anda harus benar benar mempertimbangkan kemampuan keuangan Anda sebelum membuat kartu kredit, ini dimaksudkan supaya Anda terhindar dari hutang yang tidak perlu, terlebih yang sifatnya konsumtif.

5.Manfaatkan promo kartu kredit

Cara lain penggunaan kartu kredit yang benar dan bijak adalah dengan menggunakan berbagai promosi yang ditawarkan oleh pihak penerbit kartu kredit. Untuk menarik pelanggan baru, banyak perusahaan penerbit kartu kredit yang menawarkan promosi promosi menarik seperti diskon atau poin yang dapat dikumpulkan dan ditukar dengan berbagai hadiah.

Apabila kartu kredit Anda berisi penawaran jenis ini, maka sebaiknya Anda memanfaatkannya. Misal, salah satu supermarket menawarkan diskon 20% untuk pembelian kebutuhan sehari hari. Anda bisa memanfaatkan diskon ini untuk membeli kebutuhan sehari hari dengan harga yang jauh lebih murah.

6.Pantau semua transaksi

Saat memiliki kartu kredit, Anda harus memiliki kontrol diri yang baik, sebaiknya pantau semua transaksi yang Anda lakukan dengan kartu kredit. Karena penggunaan kartu kredit yang tidak Anda catat akan membuat kontrol keuangan Anda menjadi kacau dan bisa jadi Anda melupakan transaksi tersebut dan akhirnya membuat tagihan Anda meningkat tajam. Selain Anda juga harus membuat sebuah perencanaan keuangan yang baik untuk  membantu Anda menentukan pengeluaran mana yang memerlukan kartu kredit dan mana yang tidak.

7.Temukan penawaran terbaik

Salah satu pertimbangan dalam memilih kartu kredit adalah biaya administrasi dan tentu saja bunga. Ada perusahaan yang membebankan biaya administrasi pada akhir tahun dan ada juga perusahaan yang membebankan biaya administrasi pada awal penggunaan. Agar penggunaannya lebih efektif dan efisien, sebaiknya untuk awal pilih perusahaan kartu kredit yang menawarkan promosi gratis biaya administrasi. Setelah itu Anda bisa memilih perusahaan kartu kredit lainnya yang memiliki biaya bunga rendah dan biaya administrasi yang bisa dibayar pada akhir tahun.

Inilah 7 tips penggunaan kartu kredit yang baik. Anda harus selalu ingat bahwa penggunaan kartu kredit membutuhkan kontrol keuangan yang baik supaya tidak terjebak dalam jurang hutang dan sebaiknya apabila tidak terlalu penting hindari memiliki dua atau lebih kartu kredit.

tips-menyiapkan-dana-darurat-4

Tips Menyiapkan Dana Darurat

Yoko Widito in Smart Money
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *