Tips Menabung Yang Baik dan Benar

2 min read

tips-menabung-yang-baik-dan-benar-3

Menabung sangat penting untuk masa depan, ada banyak hal yang bisa dilakukan dari uang hasil menabung ini, mulai dari membeli aset, membiayai anak sekolah hingga tabungan di hari tua. Namun kebanyakan orang berkilah tidak bisa menabung karena pemasukan masih pas pasan, tapi apakah Anda tahu kalau sebenarnya pemasukan yang pas pasan bukan berarti tidak bisa menabung?

Kali ini kami akan memberikan tips dan rahasia bagaimana Anda mengelola finansial supaya bisa memiliki tabungan Anda sendiri.

Buat Tabungan di Rekening yang Terpisah

Mengapa harus rekening yang terpisah? Supaya tidak jadi satu dengan uang yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari. Mulai sisihkan 10% – 20% dari pemasukan perbulan untuk dimasukkan dalam tabungan ini. Sebisa mungkin persulit akses ke tabungan ini untuk menghindari godaan menggunakannya ke arah konsumtif.

Alokasi Pemasukan

tips-menabung-yang-baik-dan-benar-3

Ini membutuhkan disiplin dalam melakukannya, semua pemasukan yang diterima setiap bulannya sebaiknya dialokasikan dengan baik untuk beberapa instrumen bukan hanya untuk ditabung. Seperti investasi, asuransi pendidikan ataupun tabungan pensiun. Anda tidak harus melakukannya semua bersamaan, tapi paling tidak Anda harus memprioritaskan mana saja yang harus didahulukan supaya bisa lebih disiplin dalam membuat perencanaan keuangan yang baik tanpa mengganggu kebutuhan sehari hari.

Sebaiknya kurangi jajan dan mulai memasak sendiri

tips-menabung-yang-baik-dan-benar-4

Jajan membeli makanan adalah salah satu pengeluaran yang cukup menguras pemasukan bulanan Anda. Ada baiknya mulai memasak sendiri supaya lebih irit dan uang yang akan digunakan untuk membeli makanan bisa ditabung. Anda bisa membeli beberapa bahan makanan yang akan dimasak selama beberapa hari hingga satu minggu ke depan. Anda bisa mulai membandingkan pengeluaran saat anda memasak sendiri dan jajan membeli makanan diluar. Selain itu Anda bisa lebih menjaga kesehatan, karena Anda akan benar benar menjaga makanan yang akan Anda makan.

Manfaatkan diskon dengan baik

Sekarang sudah banyak diskon diskon ataupun voucher yang bisa Anda gunakan untuk lebih berhemat setiap bulannya. Anda bisa mulai mencari informasi supermarket mana saja yang memberikan diskon potongan harga, biasanya akan lebih banyak pada akhir bulan ataupun awal bulan yang bertepatan dengan tanggal gajian. Atau Anda bisa juga memanfaatkan diskon yang diberikan beberapa penyedia kartu kredit untuk keperluan sehari hari, tapi ingat jangan gunakan untuk keperluan konsumtif ya.

Jangan gunakan tabungan untuk keperluan yang non urgent

Tabungan anda sebenarnya digunakan untuk masa depan, namun bisa juga digunakan sebagai dana darurat apabila ada hal hal yang sifatnya urgent dan mendadak seperti sakit ataupun kecelakaan. Tapi jangan gunakan tabungan untuk hal hal yang berbau konsumtif seperti membeli handphone baru sementara handphone Anda sekarang masih bisa digunakan. Atau menggunakan untuk membeli barang barang keinginan Anda yang sifatnya konsumtif secara impulsif. Apabila Anda berada pada kondisi seperti ini maka ingat ingat lagi apa tujuan Anda menabung.

Jangan terjebak kredit

tips-menabung-yang-baik-dan-benar-5

Kartu kredit memang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan diskon pada item item tertentu pada tanggal tertentu setiap bulannya. Tapi bukan berarti bisa digunakan untuk hal hal konsumtif yang akhirnya menjebak anda ke dalam hutang. Selain itu sebisa mungkin hindari membeli barang secara kredit yang bisa menimbulkan cicilan bulanan yang akhirnya menguras pemasukan Anda setiap bulannya. Ubah pola pikir Anda secepatnya, dan sebisa mungkin hindari kredit atau cicilan yang tidak perlu seperti kredit handphone sementara Anda masih punya handphone lama yang masih bisa Anda gunakan. Apakah Anda tidak ingin punya rumah sendiri kelak di kemudian hari? Semua ini tidak bisa terjadi kalau Anda terlalu boros di masa sekarang ini.

 

Biaya hidup

Biaya hidup sebenarnya bisa ditekan dan sisanya bisa Anda tabung untuk masa depan. Tahukah Anda kalau biaya hidup yang mahal itu sebagian besar digunakan untuk membiayai gaya hidup Anda? Mulai beralihkan ke hal hal yang bisa dipangkas supaya Anda memiliki tabungan di masa depan. Apabila Anda mendekati masa masa pensiun memangkas biaya hidup bisa menjadi pilihan Anda, apalagi yang ingin diraih dan dicapai saat sudah memasuki masa pensiun? Sepertinya tenang dan menikmati masa pensiun akan lebih nikmat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *