Smart Money

Sulit Mengatur Keuangan? Berikut Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

Cara mengatur keuangan pribadi remaja pada zaman sekarang bukan lagi merupakan hal yang tabu. Keuangan sendiri memang sering menjadi sebuah permasalahan serius,...

Written by Agung Sanjaya · 2 min read >
Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

Cara mengatur keuangan pribadi remaja pada zaman sekarang bukan lagi merupakan hal yang tabu. Keuangan sendiri memang sering menjadi sebuah permasalahan serius, baik untuk orang dewasa yang telah bekerja, membuka usaha maupun remaja saat ini. Jika untuk para remaja, fokus mereka bukanlah bagaimana cara untuk mencari uang dan menggunakan uang tersebut dengan bijak, tetapi mereka memang diharuskan untuk mengutamakan kegiatan belajar mereka saat ini.

Ditambah lagi, sekolah atau universitas sendiri tidak pernah memberikan pelajaran mengenai cara mengatur uang dengan baik. Hal ini seharusnya memang sudah diajarkan kepada anak-anak usia dini agar anak-anak usia dini dapat mengetahui bagaimana cara menyimpan dan menggunakan uang dengan bijak dan bagaimana anak juga mengerti bagaimana kondisi ekonomi keluarga yang dia miliki, bahkan nanti Ketika dia sudah bekerja maupun memiliki keluarga sendiri.

Di sinilah, diperlukannya peran orang tua dalam mengajari anak untuk mengatur dan mengelola uang, misalnya uang jajan yang diberikan orang tua dengan baik. Tapi perlu diketahui bahwa nanti anak sendirilah yang akhirnya akan menentukan bagaimana cara mereka untuk mengatur keuangan mereka  dengan benar menurut mereka. Berikut beberapa tips dalam mengatur uang untuk remaja.

Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

Cara Mengelola Keuangan Pribadi  Remaja

Berikut beberapa tips yang akan diberikan dalam mengatur uang untuk kebutuhan sehari-hari dengan baik

Utamakan Kebutuhan

Sering kali, remaja lebih mengutamakan keinginan di bandingkan dengan kebutuhan mereka. Cobalah untuk merubah mindset yang salah ini. Kamu harus memiliki mindset untuk mengutamakan kebutuhan dibandingkan dengan keinginan. Misalnya kamu hendak menghemat uang jajan mu, sebaiknya kamu mengutamakan keperluan-keperluan sehari-harimu seperti untuk membeli peralatan sekolah atau kuliah yang dibutuhkan. Dengan membiasakan diri melakukan ini, tentunya ke depannya akan semakin mudah bagi kamu untuk memprioritaskan kebutuhanmu dibandingkan dengan keinginanmu. Ke depannya bahkan saat dewasa akan lebih mudah bagi kamu untuk merencanakan finansial pribadi dengan matang.

Membuat Anggaran Kebutuhan

Jika kamu mau mengelola keuangan dengan baik, membuat anggaran adalah salah satu cara yang paling baik dan mendasar. Kamu bisa membuat anggaran untuk pemasukan dan pengeluaran sehari-hari. Tentunya kamu bisa memisahkan untuk membuat anggaran kebutuhanmu pada saat ini.

Kamu tentu biasanya mendapatkan uang dari uang saku yang berikan oleh orang tua kepada kamu. Kamu bisa membagi uang jajanmu untuk kebutuhanmu setiap hari, Kamu juga bisa memulai untuk menuliskan catatan pengeluaranmu sehari-hari sehingga terlihat jelas berapa banyak uang saku yang kamu keluarkan misalnya dalam seminggu atau sebulan. Dan ada baiknya jika kamu bisa menyisihkan uang saku kamu untuk ditabung. Mungkin saja uang yang kamu tabung sekarang biasa untuk mencukupi kebutuhan kamu di masa depan yang bersifat dadakan.

Menabung

Pelajaran utama untuk remaja dalam pengelolaan keuangan mereka adalah untuk menabung. Menabung adalah hal yang tentunya mudah dilakukan oleh orang-orang yang sudah terbiasa menabung, tapi akan terasa sedikit sulit jika kamu belum membiasakan diri untuk memakai uang untuk keinginan pribadi.

Baca jugaCara-cara Manajemen Uang Untuk Keluarga

Menabung adalah salah satu hal yang mungkin bisa membantu remaja dalam mengatur pengelolaan uang dan tabungan ini akan tentunya juga sangat berguna  terutama untuk para remaja. Tidak dipungkiri remaja masih di dalam tahap dalam belajar dalam mengelola uang. Uang saku mereka mungkin digunakan untuk bepergian dengan teman atau membeli sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, namun hal ini wajar di kalangan remaja.

Orang tua dan diri sendiri dari remaja itulah yang tentunya harus belajar bertahap dalam menabung. Kamu mungkin awalnya tidak perlu menabung terlalu banyak, namun harus dijadikan sebagai rutinitas setiap minggu atau mungkin setiap bulan. Karena sesuai kata pepatah sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, begitu juga dengan tabungan kamu.

Jangan Boros

Kamu  sendiri tidak perlu untuk mengikuti tren ataupun barang-barang yang dimiliki teman atau orang lain agar terlihat keren atau hanya untuk diterima dalam kelompok mereka. Hiduplah dengan sederhana dan apa adanya. Ingatlah untuk mengutamakan kebutuhan kamu dan lebih baik lagi jika kamu bisa menabung atau bahkan menginvestasikan uang yang kamu miliki.

Latihan Investasi

Mungkin investasi adalah hal yang sulit untuk kamu pelajari sendirinya. Dengan sudah majunya zaman, kamu sendiri dapat memuai untuk mempelajari atau melihat-lihat terlebih dahulu ap aitu investasi, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana kamu bisa berinvestasi. Karena investasi sendiri di zaman sekarang ini sangat berperan penting untuk perencanaan di masa depan. Investasi juga bisa dimulai dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Misalnya kamu bisa mulai dengan mempelajari terlebih dahulu ap aitu investasi. Lalu kamu bisa mulai dengan misalnya membeli hal-hal yang tentunya akan menguntungkan kamu di masa depannya. Jika ke depannya ketika kamu sudah mulai mengerti dan mempelajari investasi dengan baik, tentu saja kamu boleh mencoba melangkah selangkah demi selangkah ke depan dari investasi kamu sebelumnya

Itulah beberapa cara mengelola uang pribadi remaja. Tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang kamu miliki saat baru mulai. Tapi kamu bisa memulai dengan hal-hal yang kecil terlebih dahulu.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *