Smart Money

Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Leasing

Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Leasing – Saat ini mobil sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh seseorang...

Written by Irfan · 2 min read >
Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Leasing

Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Leasing – Saat ini mobil sudah menjadi suatu kebutuhan yang harus di penuhi oleh seseorang sebagai salah satu media transportasi yang cukup penting. Karena lebih praktis dan membuat penumpangnya merasa lebih aman dan nyaman. Tak jarang seseorang akan cenderung berpikir harus mempunyai mobil sendiri untuk menjalankan aktivitas mereka. Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan mobil yang diinginkannya. Jika mereka memiliki dana tunai, mereka tentu bisa membelinya dengan cara tunai.

Namun bagi mereka yang hanya memiliki sedikit dana, pastinya mereka akan membeli secara kredit dengan pembayaran angsuran perbulan. Cara membeli mobil melalui kredit ini memang telah menjadi pilihan banyak orang, terlebih lagi sekarang ini sudah ada program kredit murah dengan DP ringan yang dapat menekan biaya yang akan mereka keluarkan.

Seringkali kita temui lembaga-lembaga pembiayaan kredit mulai dari bank hingga perusahaan leasing yang menawarkan program kredit dengan harga yang cukup kompetitif. Kedua lembaga tersebut memiliki konsep dan peran yang sama sebagai salah satu penyedia dana talangan bagi mereka yang ingin memiliki mobil. Secara umum, pihak bank ataupun leasing akan membayarkan sebagian dananya untuk membeli mobil tersebut, lalu secara berkala konsumen membayar hutang dengan cara mencicil setiap bulannya.

Pilih Mana Kredit Mobil di Bank atau Leasing

Meski sistem kerja kedua lembaga tersebut terbilang sama, namun Anda harus pintar dalam memilih lembaga yang memberikan suku bunga yang rendah untuk kredit mobil dan DP yang ringan. Yang jadi pertanyaan adalah manakah yang lebih baik, Kredit Mobil di Bank atau Leasing?

Kredit Mobil di Leasing

Sementara itu ketika Anda mengajukan kredit di leasing prosesnya akan lebih cepat dan sangat mudah. Hal ini tentu saja tidak akan bisa Anda dapatkan jika mengajukan kredit di Bank. Semua proses pengajuan kredit akan dilakukan oleh staff leasing sehingga prosesnya bisa berjalan dengan cepat dan mudah. Di sini Anda juga akan mendapatkan fasilitas jemput bola, artinya Anda tidak perlu repot byaolak-balik ke dealer untuk  mengurus kelengkapan semua dokumen yang dibutuhkan.

Meski prosesnya terbilang cukup mudah dan cepat, namun pengajuan kredit dileasing juga memiliki kekurangan dimana Anda harus membayar dengan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan kredit mobil di bank. Selain itu, Anda juga akan dikenakan biaya-biaya lain seperti biaya asuransi, biaya fidusia dan biaya provisi.

Kredit Mobil di Bank

Saat ini, bank juga telah menawarkan produk kredit mobil baru dan kredit mobil bekas yang harganya sangat bervariasi. Apabila Anda mengambil kredit di bank, maka suku bunga yang berlaku lebih rendah jika di bandingkan mengambil kredit mobil di leasing. Hal ini tentunya sesuai harapan Anda yakni membeli mobil secara kredit dengan DP murah.

Kredit mobil di bank juga memiliki kekurangan, yakni pengajuan kredit ini prosesnya lebih rumit, bahkan bisa dibilang cukup lama. Anda harus menyiapkan beberapa dokumen pendukung yang ditentukan oleh pihak bank. Mulai dari slip gaji, laporan penghasilan, surat keterangan domisili, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran dan lain sebagainya. Selanjutnya, pihak bank akan melakukan survey kepada Anda. Pihak bank akan mengirimkan wakilnya untuk melihat serta menilai apakah Anda layak dijadikan sebagai calon konsumen atau tidak.

Selain itu, pihak bank juga akan melakukan wawancara pribadi serta meneliti berkas-berkas tagihan Anda seperti tagihan listrik, tagihan PDAM hingga kartu kredit. Proses ini dilakukan cukup lama karena pihak bank harus menjalankan prinsip kehati-hatian dalam menerima konsumen baru. Setelah itu, Anda akan diminta melengkapi semua data dan dokumen yang telah ditentukan sebelumnya untuk menjami kemampuan konsumen dalam membayar anagauran dan uang muka.

Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi bermanfaat, sehingga dapat membantu anda dalam menentukan pilihan Kredit Mobil di Bank atau Leasing.

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read
Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah

Mengenal Kredit Tanpa Agunan Syariah

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *