Smart Money

Mengenal Istilah IPO Adalah Saham yang Go Public

IPO adalah singkatan bahasa Inggris yang merupakan kepanjangan dari Initial Public Offering. Artinya perusahaan dapat melepaskan sahamnya kepada masyarakat umum atau yang...

Written by Irfan · 1 min read >
IPO adalah

IPO adalah singkatan bahasa Inggris yang merupakan kepanjangan dari Initial Public Offering. Artinya perusahaan dapat melepaskan sahamnya kepada masyarakat umum atau yang sering disebut dengan go public. Dalam bahasa Indonesia dapat juga disebut penawaran saham perdana. Nilai tersebut adalah nilai saham saat pertama kali dilepas ke publik.

Saham yang telah melalui proses IPO tidak lagi menjadi milik perseorangan melainkan setiap orang dapat melakukan transaksi membeli, menjual, dan menawar saham. Untuk dapat melakukan IPO, perusahaan harus melalui beberapa tahapan yang disyaratkan yaitu mengadakan rapat umum pemegang saham, menunjuk penjamin emisi, menyiapkan laporan keuangan lengkap, mengajukan pendaftaran ke OJK, penawaran saham kepada investor, dan pencatatan saham.

Mengetahui Tujuan IPO Adalah

Beberapa perusahaan melakukan pelesapan sahamnya kepada publik. Hal ini bertujuan untuk:

  • Mendapatkan tambahan modal. Tambahan modal ini didapat secara cuma-cuma karena tidak perlu membayar bunga ke bank. Apabila perusahaan mengeluarkan obligasi atau meminjam uang dari bank maka perusahaan berkewajiban membayar bunga. Sedangkan dengan melakukan IPO maka perusahaan akan mendapatkan suntikan dana tanpa harus memikirkan untuk membayar bunga.
  • Meningkatkan kinerja perusahaan. Kinerja perusahaan yang dimaksudkan adalah perusahaan dapat membayar hutang dengan adanya suntikan dana. Selain itu perusahaan juga dapat membuat laporan keuangan dengan cepat sehingga dapat memikirkan terobosan alternatif langkah ke depan.
  • Bertumbuh lebih cepat. Pembukaan cabang atau ekspansi bisnis dengan lebih cepat. Dengan adanya suntikan dana eksternal maka perusahaan akan semakin mudah berkembang.
  • Menunjukkan citra perusahaan dan lebih prestisius. Citra perusahaan dapat dibentuk dengan adanya publikasi media. Biasanya perusahaan publik akan selalu menjadi sorotan media. Terlebih apabila dikenal dengan kinerjanya yang memuaskan maka perusahaan akan menjadi lebih prestisius dan berfungsi sebagai alat marketing untuk melebarkan bisnis.
  • Meningkatkan nilai perusahaan. Secara keseluruhan, dengan adanya saham yang go public, maka kenaikan harga saham akan meningkat sehingga juga berpeluang untuk menjadi jauh lebih berkembang di masa depan. Dengan adanya suntikan dana, marketing melalui media, maka perusahaan yang memiliki sistem saham IPO lebih berpeluang untuk sukses.

Keunggulan dan Kelemahan Saham IPO

Meskipun banyak menguntungkan perusahaan, tentunya saham IPO juga memiliki kelemahan. Adapun beberapa keunggulan tersebut diantaranya:

  • Cukup mudah dan fleksibel dalam melakukan perdagangan saham. Keleluasaan trading saham secara online termasuk saham IPO membuat perdagangan saham ini banyak diminati. Prosesnya juga cukup sederhana dengan pemilihan waktu yang sangat fleksibel.
  • Benefit yang cukup tinggi. Investor pasar saham berpendapat bahwa berinvestasi di saham IPO memiliki potensi keuntungan yang tinggi dengan resiko yang dapat di minimalisir.
  • Modalnya masih terjangkau. Saat perusahaan berada dalam kondisi bullish, maka investor akan menjadi untung karena akan mudah menghasilkan uang.

Sedangkan kekurangannya adalah:

  • Jumlah pembelian terbatas. Pembelian saham IPO biasanya dijual dalam jumlah terbatas berdasarkan jumlah peminatnya. Maka dari itu saham ini biasanya dimiliki oleh banyak orang secara tersebar, tidak mungkin hanya dimiliki oleh satu orang saja.
  • Membutuhkan waktu pemrosesan yang agak panjang. Proses transaksi yang diperlukan adalah sekitar 1 minggu sebelum penyandang dana bisa melakukan withdrawal. Setelah itu barulah investor dapat melakukan transaksi lainnya.

Melakukan investasi di bursa saham tentunya memiliki berbagai resiko tersendiri. Membeli saham IPO adalah suatu keuntungan juga bagi pemilik saham. Memiliki saham go public akan memiliki trend yang positif karena biasanya nilai saham akan cenderung naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *