Smart Money

Manfaat dan Cara Kerja Asuransi Unit Link

Pernah mendengar sistem unit link? Asuransi unit link pada dasarnya adalah asuransi jiwa, yang lebih populer di kalangan masyarakat. Kendati dengan perkembangan...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Cara Kerja Asuransi Unit Link

Pernah mendengar sistem unit link? Asuransi unit link pada dasarnya adalah asuransi jiwa, yang lebih populer di kalangan masyarakat. Kendati dengan perkembangan yang signifikan, asuransi unit link kerap menimbulkan perdebatan dan kontroversi dalam sistem proteksinya.

Hal ini terjadi lantaran unit link cukup advanced, dan tidak selaras dengan pemahaman manfaat dan resiko yang diterima masyarakat perihal produk. Minimnya pemahaman masyarakat, hanya akan menimbulkan multitafsir dan proteksi yang tak maksimal.

Memilih Asuransi Unit Link yang Tepat

Sebelum membeli sebuah produk, hal pertama yang harus diperhatikan adalah manfaat serta resiko yang mengikuti. Misal saja, membeli gadget serta barang sejenis memerlukan pertimbangan yang detail.

Memperhatikan dengan seksama fitur yang dibutuhkan, serta membandingkan seluruh tawaran yang ada dengan teliti. Hal yang sama juga berlaku bagi produk asuransi, karena berkaitan dengan jaminan hidup dalam jangka panjang.

Asuransi dibayarkan tak hanya setahun atau dua tahun, melainkan bisa hingga 10 atau 15 tahun berikutnya. Apabila pengguna salah memilih, efek yang ditimbulkan jelas akan sangat besar terutama bagi keluarga yang ditinggalkan.

·  Pengertian Asuransi

Asuransi pada dasarnya memberikan proteksi yang baik berupa perlindungan untuk semua kemungkinan yang dihadapi. Salah satunya yakni musibah yang tak diinginkan, untuk kemudian dilindungi dengan asuransi jiwa.

Cara kerja asuransi dengan transfer risiko kematian yang dihadapi ke perusahaan selaku penanggung yang menerima premi. Apabila pihak yang mengalami kematian meninggal, maka perusahaan bakal memberi biaya tertentu.

Asuransi jiwa sangat bermanfaat dalam memberikan ketenangan, dalam menghadapi resiko juga ketidakpastian dalam hidup penggunanya. Sebagai landasan hukum sendiri, pemerintah telah mengatur perihal undang-undang perasuransian.

Dasar Pembentukan Unit Link

Asuransi unit link sebenarnya adalah produk perusahaan asuransi jiwa, yang mengaitkan fungsi proteksi sekaligus investasi sekaligus. Dalam sistem perencanaan keuangan, investasi serta proteksi merupakan dua elemen yang harus dimiliki.

·  Investasi

Tujuan keuangan, memerlukan investasi sebagai segmen utama sebut saja dana pensiun atau pendidikan. Tanpa investasi pula, tujuan keuangan mungkin sulit dicapai lantaran mengandalkan tabungan dengan bunga rendah yang terbatas. Terlebih, dengan angka inflasi yang terus mengalami peningkatan.

·  Proteksi

Berikutnya ada sistem proteksi yang melindungi tertanggung dari pelbagai resiko meninggal, cacat serta musibah lainnya. Apabila pencari nafkah mengalami cacat atau bahkan meninggal dunia, asuransi bakal melindungi keluarga dari resiko finansial.

Manfaat Asuransi Unit Link

Dari pelbagai produk asuransi jiwa, unit link punya angka peningkatan yang cukup signifikan. Salah satunya, karena manfaat besar jika dibandingkan dengan produk asuransi lain. Kemudahan jelas menjadi manfaat yang paling dicari.

  • Membayar satu premi berarti tertanggung mendapatkan guna proteksi dan investasi sekaligus. Perihal prosedur dan lainnya diatur langsung oleh pemerintah.
  • Tertanggung tak perlu repot dalam pengolahan dana, karena langsung dikelola oleh perusahaan. Dana tersebut, dikelola langsung oleh manajer investasi profesional oleh unit link. Tugas nasabah, hanya memilih berdasarkan profil resiko yang ada. Melalui perkembangan laporan monitoring, setiap bulan dikirim langsung kepada pemegang polis.
  • Unit link juga turut menawarkan perbagai asuransi tambahan macam cacat tetap, kritis dll. Dengan begitu, nasabah tak perlu mencari asuransi tambahan lain. Seluruhnya, kompleks dalam satu paket asuransi yang telah ditetapkan.

Setiap keuntungan asuransi unit link, tetap harus didasari dengan kebutuhan, kapasitas serta analisa yang baik oleh pemberi premi. Hal ini jelas, agar nasabah bisa menerima proteksi sekaligus hasil investasi sebagai benefit tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *