Smart Money

Inilah Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Inilah Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas – Sebagai salah satu logam mulia yang paling banyak di minati oleh banyak orang, emas juga bisa...

Written by Irfan · 2 min read >
Inilah Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Inilah Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas – Sebagai salah satu logam mulia yang paling banyak di minati oleh banyak orang, emas juga bisa menjadi barang investasi yang akan memberikan keuntungan bagi pemiliknya. Tak heran, investasi ini selalu memberikan manfaat lebih di mana harga emas cenderung meningkat di tiap tahunnya, terutama jika selisih harga beli dan jual juga cukup besar.

Sudah tidak menjadi rahasia umum lagi bagi masyarakat, bahwa emas menjadi salah satu bentuk investasi yang hasilnya dirasakan di masa yang akan datang, baik itu dalam bentuk batangan, emas perhiasan, maupun emas dinar. Selain itu, manfaat ini juga bisa Anda gunakan sebagai tabungan emas yang bisa Anda gunakan untuk biaya kesehatan, biaya pendidikan anak, biaya umroh atau haji, biaya membeli rumah atau mobil dan lain sebagainya. Dan beberapa keuntungan investasi emas ini selalu menjadi primadona berinvestasi bagi masyarakat. Berikut penjelasan Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas yang perlu Anda ketahui.

Inilah Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas

Mudah Dicairkan

Keuntungan yang pertama adalah investasi emas mudah di cairkan. Hal ini berbanding balik dengan jenis investasi lain yang cenderung sulit untuk dicairkan atau hanya bisa diklaim di waktu tertentu. Investasi emas akan memberikan keleluasaan bagi para pemilik investasi dengan cara yang mudah dan waktunya yang cukup fleksibel.

Bebas Pajak

Hal ini sangat berbeda dengan investasi saham di perusahaan tertentu. Keuntungan yang mereka dapatkan tak lantas bisa langsung dinikmati oleh pemegang saham tersebut. Pasalnya, mereka memperoleh keuntungan ini juga diikuti dengan adanya pajak, bahkan seringkali keuntungan itu bukan dalam bentuk uang tunai menlainkan tambahan lembar saham perusahaan. Sementara itu, berinvestasi dalam bentuk emas merupakan pilihan terbaik jika Anda ingin investasi yang bebas pajak.

Melindungi Nilai Kekayaan

Nilai emas yang terus naik dari tahun ke tahun, membuat investasi emas ini sangat cocok jika disebut investasi pelindung nilai kekayaan seseorang. Hal ini bisa dilihat dari harganya yang selalu stabil serta mengalami kenaikan, sehingga ketika Anda menjual kembali emas tersebut, Anda akan mendapatkan hasil balik yang cukup tinggi. Selain itu, kelebihan beinvestasi emas yang lain ialah Anda tak harus melakukan investasi dalam jumlah yang besar, misalnya dengan membeli emas dalam bentuk perhiasan.

Kerugian Investasi Emas

Resiko Kehilangan Yang Cukup Tinggi

Risiko yang pertama adalah kehilangan, terlebih lagi jika emas tersebut dalam bentuk perhiasan yang digunakan sehari-hari. Risiko ini bisa muncul dengan adanya kejadian-kejadian perampokan yang mungkin saja akan terjadi pada Anda. Investasi emas batangan dengan jumlah yang banyak juga sangat rawan terhadapt resiko perampokan. Oleh kerena itu, penting bagi Anda untuk melindungi aset yang Anda miliki dengan menyewa safe deposit box diman fasilitas dari bank ini berfungsi untuk menyimpan berkas ataupun barang milik nasabah yang dirasa memiliki nilai jual tinggi.

Harganya Fluktuatif

Walaupun harga emas cenderung selalu naik, namun kenaikan itu tak lantas terjadi setiap hari artinya naiknya harga emas bukanlah kejadian yang memakan waktu sedikit. Dinamakan memiliki kecenderungan peningkatan harga karena peninjauannya dilakukan dalam waktu yang cukup lama. Emas juga bisa mengalami penurunan harga jual meskupiun tidak jarang pula mengalami kenaikan. Perubahan ini sering berpotensi menyulitkan investor emas untuk bisa menghitung nilai investasi emas yang Anda miliki di masa yang akan datang.

Beberapa dari investor akan mengambil nilai tengah dari sebuah fluktuasi harga emas per gram. Mereka akan menghitungnya dengan suku bunga tertentu di masa mendatang. Ini tidak akan berpengaruh terhadap investasi yang jumlahnya tidak terlalu besar, namun bagi pemilik investasi emas yang jumlahnya besar, patut menjadi bahan pertimbangan terkait dengan harga emas yang fluktuatif. Jadi jika Anda ingin berinvestasi emas dalam jumlah besar, pertimbangkan dahulu faktor fluktuasi emas tersebut.

Investasi Jangka Panjang

Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi jangka panjang dan tidak cocok bagi Anda yang ingin meraup keuntungan dalam waktu dekat. Fluktuasi harga emas tidak dapat menjamin para investor untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Nilai emas yang cenderung naik merupakan proses yang cukup lama, ini artinya untuk menghasilkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual yang tinggi tidak dapat Anda lakukan dalam waktu cepat

Harga Emas Cenderung Lambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil

Harga emas ini lebih cenderung naik di saat kondisi ekonomi kita dalam keadaan tidak stabil. Mungkin hari ini bisa saja terjadi inflasi yang bisa menyebabkan kenaikan atau penurunan harga emas. Jika inflasi yang terjadi jauh lebih tinggi, maka bukan tidak mungkin harga emas juga ikut semakin tinggi. Begitu juga sebaliknya.

 Demikianlah tadi diantaranya  beberapa Keuntungan dan Kerugian Investasi Emas yang penting untuk anda ketahui. Semoga bisa menjadi referensi yang bermanfaat, sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam berinvestasi logam mulia ini.

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *