Smart Money

Hindari 6 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Hindari 6 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan – Di tahun ini mungkin saja Anda sudah menuliskan daftar keinginan ataupun pencapaian target dari resolusi...

Written by Irfan · 1 min read >
Hindari 6 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Hindari 6 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan – Di tahun ini mungkin saja Anda sudah menuliskan daftar keinginan ataupun pencapaian target dari resolusi keuangan di tahun 2020. Misalnya saja tabungan, membeli rumah atau mobil dan lain sebagainya. Sebaiknya Anda jangan terlalu lama menunggu dalam perencanaan keuangan tersebut.

Semakin lama keuangan yang Anda rencanakan, maka akan semakin dekat pula pada penghujung tahun berikutnya. Akhirnya, perencanaan tersebut hanya wacana saja, bahkan Anda tidak dapat menjalankannya. Oleh karena itu, di bawah ini ada beberapa deretan Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan atau finansial yang paling umum dan bisa menghambat kesuksesan seseorang.

Hindari 6 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

Tidak menetapkan aturan

Dalam penyusunan keuangan, tentu harus ada tujuan keuangan yang ingin dicapai. Supaya semua keinginan tersebut dapat terwujud, Anda harus bisa mengatur pendapatan dan pengeluaran Anda selama ini. Walaupun tujuan keuangan ini merupakan bentuk dari kedisiplinan finansial diri sendiri, namun Anda harus benar-benar memiliki aturan dalam setiap langkah yang akan Anda lakukan. Misalnya, menetapkan aturan sekian persen untuk menyisihkan gaji atau penghasilan Anda untuk di tabung.

Menunda dana pensiun

Bagi Anda yang baru saja bekerja dan belum memiliki kebutuhan yang banyak, mungkin belum memikirkan pentingnya dana pensiun. Bahkan ada juga seseorang hanya berpikir, pensiun itu masih sangat jauh. Oleh karena itu, jika Anda selalu mempersiapkan dana pensiun mulai dari sekarang, tentu saja akan terasa perbedaan secara signifikan daripada Anda tidak melakukan persiapan sama sekali.

Investasi terlalu banyak

Jika Anda memang mempunyai rencana masa depan, hal ini tentu akan sangat baik bagi Anda, terlebih lagi dalam hal investasi. Namun, jika mengharuskan Anda berinvestasi dalam jumlah besar tanpa memperdulikan resiko yang ada, tentu hal ini justru akan mengganggu kondisi keuangan keluarga Anda, terutama jika Anda mengorbankan biaya keperluan harian hanya untuk berinvestasi saja. Oleh karena itu, buatlah anggaran di tiap aspek kehidupan finasial keluarga Anda.

Tidak menyiapkan dana darurat

Seringkali kita melupakan dana darurat, padahal hal ini sangat penting bagi Anda yang sedang mengalami masalah keuangan. Sebagai contoh, ketika kita sedang jatuh sakit hingga butuh perawatan di rumah sakit. Tentu Anda juga harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk menanganinya. Asuransi kesehatan bisa saja membantu Anda, cobalah untuk mengikuti asuransi kesehatan yang bermanfaat sebagai proteksi diri Anda.

Menghabiskan gaji

Kebiasaan buruk ini juga sering dilakukan oleh banyak orang. Menghabiskan semua gaji untuk membeli keperluan yang tidak terlalu penting tentu akan menghambat Anda untuk meraih kesuksesan di masa yang akan datang. Oleh karena itu, cobalah untuk menabung setidaknya 20% dari gaji atau penghasilan Anda sebulan

Pengeluaran lebih besar dari pendapatan

Gaya hidup seseorang yang semakin glamor serta adanya tren ikut-ikutan, membuat seseorang akan semakin terperosok kedalam lubang kemiskinan. Bahkan dalam menjalani kehidupannya, mereka hanya bisa gali lubang dan tutup lubang. Hal inipun masih banyak dialami oleh mayoritas masyarakat umum di Indonesia.

Demikianlah tadi diantaranya beberapa Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan yang penting untuk anda ketahui dan hindari. Semoga ulasan diatas dapat menjadi referensi yang bermanfaat untuk anda.

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *