Smart Money

Financial Health Checkup Menjaga Kestabilan Keuangan Anda

Menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil baik itu dalam menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, atau membelikan barang-barang yang diperlukan bahkan bebas dari...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Financial Health Checkup Menjaga Kestabilan Keuangan Anda

Menjaga kondisi keuangan agar tetap stabil baik itu dalam menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, atau membelikan barang-barang yang diperlukan bahkan bebas dari hutang adalah peran penting dari financial health checkup.  Ini adalah cara yang paling berguna untuk memeriksa kondisi finansial Anda walaupun banyak yang beranggapan bahwa ini tidak penting. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan jika mengikuti financial health ini.

Financial Health Checkup Memastikan Anda Bebas Hutang

Banyak orang yang salah cara ketika berpikiran bahwa simpan uang lebih baik dari pada harus membayar utang. Untuk apa uang banyak, namun hutang Anda banyak sekali. Dengan financial checkup ini tentu Anda dapat memonitoring posisi keuangan Anda saat ini. Seperti misalnya  Anda bisa menghindari terlebih dahulu untuk tidak membeli ini dan itu agar bisa melunasi hutang yang ada.

Pastikan Keuangan Disesuaikan Untuk Jangka Pendek, Menengah dan Juga Panjang

Anda sudah mempunyai rencana yang sudah dibuat dari jauh hari, bukan berarti rencana tersebut tidak akan berubah nantinya. Karena tidak ada yang tahu beberapa bulan ke depan atau tahunan rencana yang sudah Anda buat berubah begitu saja.

Financial checkup ini dapat membantu Anda untuk memberikan penilaian apakah rencana Anda ke depan cocok atau berada di jalur yang tepat atau pun Anda harus merubah rencana tersebut. Dengan begitu Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk hal tersebut.

Mengontrol Pengeluaran Anda Dengan Sangat Cermat dan Juga Terarah

Dengan adanya financial checkup ini maka pengeluaran yang hampir setiap hari Anda keluarkan akan terkontrol dengan sangat rapi sekali. Walaupun tabungan yang Anda miliki banyak, bukan berarti Anda bisa seenaknya saja menghabiskan uang tersebut tanpa sisa dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Disinilah peran penting financial checkup ini dimana semua pengeluaran yang tidak bermanfaat bisa dikontrol sedemikian baiknya. Sehingga keuangan Anda tetap akan aman dan tidak akan habis dikarenakan membeli barang yang tidak diperlukan.

Berbagai Manfaat Lainnya Yang Bisa Dirasakan

Selain yang sudah dijelaskan di atas, ada manfaat lainnya yang bisa Anda rasakan jika menggunakan cara financial checkup ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Anda bisa dengan mudah mendeteksi jika ada kebocoran keuangan yang terjadi,
  2. Anda bisa terhindar dari potensi kebangkrutan jika tahu keadaan keuangan saat ini,
  3. Jika terdapat masalah keuangan, maka Anda bisa mengetahuinya dengan cepat,
  4. Dengan mengetahui masalah yang terjadi pada keuangan Anda, maka Anda akan menemukan solusi yang tepat dari permasalahan tersebut.

Berbagai Kalangan Yang Memerlukan Financial Checkup

Anda pasti bertanya-tanya, apakah Anda masuk kategori sebagai salah satu kalangan yang membutuhkan financial checkup? Tentu jawabannya benar Anda sangat membutuhkannya. Bahkan berbagai kalangan di bawah ini pun juga memerlukan financial checkup ini.

  1. Ibu Rumah Tangga, sosok wanita yang harus ahli di segala bidang baik mengatur rumah, keluarga dan keuangan. IRT singkatnya pun harus bisa mengelola uang dengan baik maka dari itu sangat memerlukan financial checkup ini,
  2. Karyawan yang memiliki gaji tetap juga harus pintar dalam mengelola uang,
  3. Professional, pekerja profesi seperti dokter, pengacara, musisi, freelance dan lainnya juga tetap memerlukan financial health checkup agar keuangannya dalam kondisi yang terus stabil.
Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *