Smart Money

Cara Mengatur Keuangan Usaha untuk Pemula

Cara mengatur keuangan usaha memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang yang baru menginjakkan kaki di dunia bisnis....

Written by Dwi · 2 min read >
Cara Mengatur Keuangan Usaha untuk Pemula

Cara mengatur keuangan usaha memang bukanlah hal yang mudah. Terlebih lagi jika Anda adalah seorang yang baru menginjakkan kaki di dunia bisnis. Pemahaman soal keuangan pastilah sangat dibutuhkan agar Anda tidak salah langkah nantinya yang dapat berujung kerugian.

Tidak sedikit kegagalan bisnis dikarenakan tata kelola keuangan yang keliru. Padahal, dalam suatu usaha perputaran uang kas masuk dan keluar itu harus terinci dengan baik.

Pengelolaan keuangan yang tepat dalam berbisnis merupakan kunci dari bisnis itu sendiri. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai bagaimana cara mengatur keuangan suatu usaha agar diperoleh keuntungan maksimal dan berpotensi untuk ekspansi bisnis nantinya.

Peluang Usaha Untuk Pemula

Istilah “Dimana ada keinginan, di situ selalu ada jalan” sepertinya cocok bagi Anda yang hendak membuka usaha baru. Semua bermula dari niat. Dari sanalah akan tercipta semangat untuk belajar dan mencari cara meraih keinginan. Setuju?

Bagi Anda yang masih pesimis, percayalah peluang Anda untuk sukses itu selalu ada. Kembali lagi ke diri Anda sendiri, apakah Anda serius atau tidak. Memulai usaha memang tidak mudah, banyak proses yang harus dilalui untuk menjadi pengusaha sukses. Tetapi, jika tidak dimulai sekarang, kapan lagi?

Bagi para pemula, yang terpenting patrilah niat dalam benak Anda, tentukan usaha apa yang hendak Anda jalani, pelajari manajemen keuangan dan pemasaran, lalu mulailah sesegera mungkin. Untuk mempelajari manajemen keuangan dan pemasaran, Anda bisa mengikuti training, bercakap pengalaman dengan pengusaha sukses, dan perbanyaklah membaca.

Memanfaatkan kondisi yang ada untuk meraup keuntungan, tidak selalu dipandang sebagai sesuatu hal yang negatif. Contohnya saja, di saat kondisi pandemi saat ini Anda dapat meraup keuntungan dengan membuka usaha dan memproduksi masker. Kegiatan tersebut justru sangat bermanfaat bagi banyak orang karena memang masker sangat dibutuhkan di masa pandemi ini. Oleh karena itu, sebagai pemula Anda harus berpikir kreatif, sehingga dapat menciptakan peluang dengan memanfaatkan kondisi terkini.

Jenis Usaha Untuk Pemula

Tak heran, menentukan jenis usaha adalah hal yang paling membingungkan bagi para pemula. Ada ragu yang menyelinap itu hal yang wajar dialami oleh pemula dalam berbisnis.

Untuk memilih jenis usaha, perhatikan dahulu kebutuhan calon konsumen Anda, kemudian sesuaikan dengan passion dan skill Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang mungkin dapat menginspirasi Anda :

  • Reseller atau Dropshipper
  • Toko Alat Tulis Fotokopi
  • Pulsa dan token listrik
  • Agen ekspedisi
  • Catering rumahan
  • Laundry kiloan
  • Makelar properti
  • Kudapan atau snack ringan
  • Jasa fotografi
  • Jasa desain grafis

Cara Mengatur Keuangan Usaha

Dalam mengatur keuangan usaha, diperlukan langkah cermat supaya potensi kerugian dapat diminimalisir. Untung-rugi dalam dunia usaha memang hal yang wajar. Namun, pengusaha mana yang  ingin mendapat kerugian, bukan?

Umumnya, masyarakat Indonesia yang hendak membuka usaha hanya bermodalkan dana, dan beberapa dari mereka membekali diri dengan pengetahuan pemasaran atau marketing untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya dalam waktu singkat. Padahal, pengetahuan akan tata kelola keuangan sama pentingnya dalam kasus ini.

Tata kelola keuangan yang rapi akan mendeskripsikan kondisi keuangan dari usaha tersebut, apakah sehat atau tidak. Jika sehat, perlu dipertahankan dan ditingkatkan dengan ekspansi usaha. Sebaliknya, jika kondisi keuangan usaha tidak sehat, harus ada evaluasi yang dilakukan untuk mencari akar masalahnya.

Baca jugaTips Memilih Konsultan Jasa Laporan Keuangan Untuk Perusahaan

Dalam suatu usaha, perlu dilakukan evaluasi berkala agar jika ada masalah dapat segera diatasi. Apabila masalah terlambat ditangani, jangan heran Anda akan menderita kerugian, atau bahkan usaha Anda terancam gulung tikar. Oleh karena itu, sebelum terjun ke dunia bisnis diharapkan memiliki pengetahuan terlebih dahulu tentang manajemen keuangan.

Berikut ini adalah langkah cermat yang harus Anda perhatikan untuk memperoleh kondisi keuangan Anda yang sehat :

  • Memisahkan pemasukan dari usaha dengan uang pribadi Anda
  • Menghindari berhutang untuk modal usaha
  • Memisahkan bagian kasir dan marketing dengan bagian accounting
  • Membuat anggaran atau budgeting di masing-masing aspek
  • Membuat laporan keuangan secara berkala
  • Menentukan target keuntungan
  • Mengelola keuntungan usaha untuk perkembangan usaha
  • Mengevaluasi usaha dari seluruh aspek

Dimulai dari niat, pengetahuan, dan skill Anda sudah bisa memulai usaha dengan tata kelola keuangan yang cermat dan bijak. Jika Anda mengalami kesulitan dalam membuat kas masuk dan kas keluar usaha Anda, Anda bisa memanfaatkan teknologi yang ada, misalnya dengan menggunakan aplikasi BukuKas atau BukuWarung. Kedua aplikasi tersebut dapat dioperasikan langsung melalui ponsel Anda.

Baca jugaSulit Mengatur Keuangan? Berikut Cara Mengatur Keuangan Pribadi Remaja

Selain menggunakan aplikasi, Anda bisa merekrut karyawan yang ahli dalam bidang akuntansi. Namun, jika usaha Anda belum memungkinkan untuk merekrut karyawan, Anda bisa pergunakan jasa finance consultant.  Seorang finance consultant akan membantu Anda untuk memperhitungkan keuangan dalam usaha Anda, yang meliputi budgeting, laba, biaya operasional usaha, dan lain sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai cara mengatur keuangan usaha. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *