Smart Money

7 Cara Menghasilkan Passive Income

Menghasilkan uang, tak melulu harus bekerja rutin dengan waktu rehat yang minim dan tak fleksibel. Anda, bisa mendapat uang tanpa harus bekerja...

Written by Irfan · 2 min read >
7 Cara Menghasilkan Passive Income

Menghasilkan uang, tak melulu harus bekerja rutin dengan waktu rehat yang minim dan tak fleksibel. Anda, bisa mendapat uang tanpa harus bekerja aktif sebagaimana biasanya. Pendapatan inilah yang umum disebut passive income.

Passive income umumnya membutuhkan modal dan rencana yang baik di awal, untuk kemudian memperoleh penghasilan secara rutin. Uang, bahkan bisa Anda hasilkan saat tidur atau tak melakukan apapun.

Untuk mendapatkannya, Anda harus memahami cara kerja sekaligus menganalisa pelbagai resiko yang mungkin timbul.

Cara Mendapat Passive Income

Sebagai rekomendasi, 7 passive income di bawah ini bisa membantu Anda dalam memilih passive income yang sesuai seperti berikut ini.

1. Membuat Blog

Jika Anda termasuk yang senang dengan dunia penulisan, manfaatkanlah untuk mendapatkan passive income. Anda cukup membuat konten dengan tema tertentu untuk memulai sebuah blog dan jalankan dengan konsisten.

Penghasilan bisa diperoleh dengan publisher iklan, semisal dengan Google AdSense atau iklan mandiri. Anda tak membutuhkan modal besar untuk mendapatkan jenis passive income ini, dan hanya membutuhkan pembuatan hosting, domain serta konten yang relevan.

Setelahnya, Anda bisa mendapatkan penghasilan passive dengan tautan afiliasi, posting sponsor, penawaran buku, produk dan lain-lain. Menetapkan konten yang relevan akan membantu Anda menghasilkan benefit yang menjanjikan

2. Paper Asset

Paper asset merupakan salah satu passive income yang cukup menjanjikan. Contoh paper asset yang paling umum adalah saham, reksadana dan surat berharga lainnya.

Untuk saham misalnya, Anda bisa mendapatkan persentase keuntungan dari perusahaan yang Anda beli sahamnya. Melalui pembagian dividen baik bulanan maupun tahunan, Anda akan mendapat keuntungan yang cukup dari pembagian bonus saham.

3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu cara yang cukup populer dalam menghasilkan passive income yang cukup menjanjikan. Jika sebelumnya Anda pernah membaca perihal affiliate marketing, Anda harus memahami prosedur dan cara kerja affiliate.

Affiliate memiliki prospek pasar yang baik, karena hampir seluruh perusahaan terutama brand besar memiliki program afiliasi. Oleh karena itu, Anda dapat menjual sejumlah produk populer guna mendapatkan penghasilan tambahan. Mulailah dengan membagikan link afiliasi yang dimiliki.

4. Menjadi Developer

Pilihan passive income lain yang bisa dilakukan, adalah dengan membuat aplikasi atau web. Jika aplikasi telah dibuat, Anda perlu mengembangkannya untuk kemudian menjalankan passive income yang baik.

Memahami perihal web developer bisa menjadi alternatif yang baik dengan theme WordPress. Guna mendapatkan penghasilan, ada dua hal yang harus diperhatikan yakni biaya yang dikenakan untuk membeli produk Anda.

Berikutnya, dengan membuat aplikasi yang mendatangkan pengiklan sebagai pendapatan utama. Mendatangkan iklan dengan kualitas produk yang baik merupakan cara yang ampuh.

5. Membeli Properti

Real estate atau properti, merupakan salah satu passive income yang paling populer. Bahkan saat ini, nilai properti terus mengalami peningkatan yang sangat pesat. Jadi, tak ada salahnya memilih properti sebagai ladang investasi, lantaran prospeknya yang menjanjikan.

Kelemahan investasi ini memang pada dasarnya membutuhkan modal yang besar. Kendati demikian, hasil yang diterima juga bisa sangat menjanjikan. Kenaikan nilai properti dari tahun ke tahun misalnya, bisa memberi jaminan passive income yang sangat baik.

Baca juga : Daftar 5 Bisnis Luar Biasa Sukses yang Memulai Bisnisnya dari Garasi

Itulah beberapa passive income yang bisa Anda pilih. Ada baiknya untuk memperhatikan kemampuan yang Anda miliki, modal yang cukup serta analisa resiko yang mendalam. Meski proses hasil baik, passive income tetap membutuhkan pemahaman dari pelbagai aspek.

6. Menjadi Dropshipper.

Menjadi Dropshipper juga dapat memberikan passive income, dimana kita menjual kembali barang dari marketplace tertentu di marketplace atau social media lainnya. menjadi dropshipper memberikan berbagai kemudahan yaitu kita tidak perlu tempat untuk stok barang dan tidak perlu mengurus pengiriman.

7. Menjadi Youtuber

Hampir sama dengan menjadi blogger, menjadi youtuber juga dapat memberikan passive income, bisa melalui Google Adsense atau endorsed dari perusahaan yang ingin mengiklankan melalui akun sosial media anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *