Smart Money

6 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak

6 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak – Bagi kebanyakan orang biaya pendidikan adalah sebuah momok karena angkanya yang cukup besar dan membuat...

Written by Rachmad · 2 min read >
6-tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-1

6 Tips Menyiapkan Dana Pendidikan Anak – Bagi kebanyakan orang biaya pendidikan adalah sebuah momok karena angkanya yang cukup besar dan membuat keuangan keluarga menjadi agak terganggu. Inilah sebabnya sekarang sudah cukup banyak orang yang mulai mempersiapkan tabungan pendidikan sejak jauh jauh hari supaya anak bisa meraih pendidikan tertinggi. Bahkan tidak jarang orang tua yang sudah mempersiapkan sejak anak masih balita atau bahkan masih ada di dalam kandungan.

Karena harus ada solusi untuk pendidikan anak yang bisa menjamin anak mendapatkan pendidikan yang layak tanpa mengganggu perekonomian keluarga. Ada beberapa strategi yang bisa Anda terapkan supaya bisa mempersiapkan pendidikan anak sebaik mungkin

Tabungan Konvensional

6-tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-1

Ini adalah metode penyimpanan yang paling umum digunakan masyarakat. Apalagi bagi mereka yang tidak ingin ribet, karena tinggal menyimpan saja dalam sebuah tabungan tersendiri. Saat ini sudah cukup banyak tabungan dengan berbagai kelebihan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda saat ini. Selain itu beberapa bank sudah menyediakan fasilitas tabungan dengan nama anak Anda, jadi Anda bisa lebih giat untuk menabung demi masa depan anak.

 Tabungan tidak ribet, selain itu juga aman karena dijamin oleh pemerintah dan dapat ditarik setiap saat. Yang Anda butuhkan disini adalah disiplin supaya bisa bisa menyisihkan pendapatan Anda untuk masuk ke dalam tabungan demi masa depan. Namun satu kekurangan dari tabungan, aktivitas menabung akan berhenti saat pemberi nafkah utama meninggal dunia.

Tabungan Pendidikan

Tabungan Pendidikan memiliki manfaat lain dan tidak hanya sekedar tabungan biasa. Manfaat pertama adalah bertujuan untuk membuat Anda menjadi disiplin dalam menabung, dan manfaat selanjutnya adalah fasilitas asuransi jiwa. Dengan begini saat pemberi nafkah meninggal dunia akan ada nilai tunai dari asuransi yang bisa mengcover tabungan pendidikan sampai anak dewasa.

Caranya juga cukup mudah, tinggal membawa KTP, buku tabungan dan juga akte kelahiran anak. Bank biasanya akan menanyakan berapa komitmen tabungan pendidikan yang disepakati, apabila Anda sepakat untuk menabung 1 juta perbulan, maka pada setiap tanggal tertentu tabungan Anda akan di auto debet sebesar 1 juta sampai dengan jangka waktu yang sudah Anda tentukan. Akan lebih baik kalau tabungan pendidikan dibuat di bank yang sama dengan rekening Anda supaya tidak terkena biaya antar bank saat auto debet. Kekuangan tabungan pendidikan adalah dana hanya akan keluar pada dua masa, pada saat jatuh tempo dan pada saat Anda meninggal dunia.

Asuransi Pendidikan

6-tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-2

Asuransi pendidikan berbeda dengan tabungan pendidikan, dimana perbedaan utamanya adalah penerbitnya. Tabungan pendidikan diterbitkan oleh bank sementara asuransi pendidikan diterbitkan oleh perusahaan asuransi. Keuntungan asuransi pendidikan dibandingkan tabungan pendidikan adalah dana bisa diambil sesuai dengan  perencanaan saat membuat asuransi atau pada saat sudah menyelesaikan kewajiban membayar asuransi atau pada saat sudah tidak mampu lagi membayar cicilan asuransi. Dengan kata lain dana asuransi pendidikan bisa lebih fleksibel dalam penarikannya dibandingkan tbaungan pendidikan.

Investasi Reksadana

6-tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-3

Anda juga bisa memulai sebuah investasi, kalau Anda masih pemula dan dana masih terbatas bisa mencoba investasi Reksadana yang memiliki resiko yang kecil namun return investasi yang cukup baik. Kelebihan lainnya reksadana bisa dimulai dari dana minimal yaitu sebesar Rp. 100.000, jadi tidak cukup memberatkan bukan?

Ada beberapa tipe reksadana yang bisa anda pilih sesuai dengan seberapa besar Anda bisa mentoleransi sebuah resiko. Resiko rendah, sedang atau tinggi bisa disesuaikan dengan kondisi Anda.

 

Deposito

Anda juga bisa membuka deposito untuk tabungan jangka panjang, kelebihannya memiliki bunga yang jauh lebih baik dibandingkan dengan tabungan bank biasa. Selain itu bisa dikunci sesuai dengan keinginan Anda, jadi Anda tidak bisa mengutak atik tabungan pendidikan anak. Biasanya tanggal jatuh tempo deposito disesuaikan dengan saat anak masuk universitas yang membutuhkan biaya tinggi.

Investasi Emas

6-tips-menyiapkan-dana-pendidikan-anak-4

Emas sejak dahulu sudah digunakan sebagai salah satu instrumen investasi yang sangat menguntungkan karena harganya yang relatif stabil dan harganya cenderung naik dari tahun ke tahun, selain itu emas juga gampang dijual. Untuk nilai investasinya Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, tapi sangat disarankan untuk mengambil emas dengan kadar 99 persen. Kalau Anda memiliki dana lebih logam mulia ini bisa dibeli di cabang PT. Antam (Aneka Tambang) dan Pegadaian terdekat. Tapi kalau Anda masih baru memulai Anda bisa memulai dengan tabungan emas di Pegadaian atau beberapa marketplace yang sudah bekerjasama resmi dengan Pegadaian.

tips-menyiapkan-dana-darurat-4

Tips Menyiapkan Dana Darurat

Yoko Widito in Smart Money
  ·   2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *