Smart Money

6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak – Meningkatnya kebutuhan hidup serta tingginya harga segala sesuatu membuat banyak orang semakin membutuhkan pengajuan kredit....

Written by Irfan · 1 min read >
6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak – Meningkatnya kebutuhan hidup serta tingginya harga segala sesuatu membuat banyak orang semakin membutuhkan pengajuan kredit. Salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. Proses pengajuan yang begitu cepat dan mudah menjadi alasan bagi mereka yang ingin mengajukan kredit dengan KTA. Anda hanya perlu melengkapi persyaratan serta mengisi formulir pengajuan saja sambil menunggu hasil persetujuan dari pihak bank.

Akan tetapi, pernahkah pengajuan kredit Anda di tolak tanpa adanya alasan yang jelas. Hal ini tentu saja membuat Anda penasaran. Bagi Anda yang ingin mengajukan kredit pastikan Anda ketahui 6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak berikut ini.

6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

Penyebab dan Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak

Gagalnya Verifikasi

Di dalam pengisian formulir pengajuan kredit, Anda pasti akan diminta menuliskan biodata diri Anda serta nomor telefon yang bisa di hubungi. Baik itu nomor telefon tempat Anda bekerja maupun nomor pribadi Anda. Pastikan nomor yang Anda tulis dalam formulir itu benar dan bisa dihubungi. Nomor ini nantinya akan digunakan oleh pihak bank untuk memverifikasi data diri Anda. Gagalnya verifikasi terjadi karena pihak bank tidak bisa menghubungi nomor yang Anda berikan. Jadi selalu pastikan memberikan nomor telefon yang siap menjawab dan dapat memberikan informasi yang valid mengenai data diri Anda.

Penipuan atau Fraud

Jangan sekali-kali Anda mencoba untuk memalsukan data diri ketika Anda akan mengajukan kredit. Apabila Anda melakukan penipuan, bisa dipastikan pengajuan kredit Anda ditolak, karena pihak bank akan memverifikasi terlebih dahulu sebelum pengajuan kredit Anda disetujui. Untuk itu, pastikan seluruh data informasi serta dokumen yang Anda cantumkan harus benar adanya.

Dokumen Tidak Terbaca

Meskipun semua dokumen yang diminta oleh pihak bank sudah Anda berikan, pengajuan kredit Anda tetap tidak akan bisa berjalan jika ada dokumen yang tidak bisa di baca dengan jelas. Hal ini terjadi karena adanya masalah ketika proses fotocopy. Oleh karena itu, pastikan hasil fotocopy dokumen harus terbaca dengan jelas sebelum Anda memberikannya kepada pihak bank.

Jumlah Kredit Terlalu Besar

Besaran limit kredit tidak bisa Anda tentukan dengan seenaknya. Jumlah limit kredit ini akan disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Bank akan melihat seberapa besar penghasilan Anda serta kemampuan Anda untuk membayar cicilan tersebut. Apabila jumlah kredit yang akan Anda ajukan terlalu besar, maka kemungkinan bank akan menolak pengajuan kredit Anda.

Adanya Tunggakan Tagihan Kartu Kredit

Jika pihak bank sudah berhasil melakukan verifikasi, semua data tidak ada manipulasi, dokumen juga sudah terbaca dengan jelas serta jumlah kredit yang diajukan juga sudah sesuai dengan kondisi finansial Anda, selanjutnya pihak bank akan melakukan rekam jejak terhadap pemakaian kartu kredit Anda. Pengajuan ini akan lebih mudah untuk disetujui jika Anda selalu disiplin dalam membayar tagihan kartu kredit. Dengan adanya rekam jejak kartu kredit ini, pihak bank dapat mengantisipasi resiko kredit sejak awal.

Riwayat Kredit Buruk

Bank juga akan mempertimbangkan pengajuan Anda terhadap sejarah kredit yang Anda lakukan. Ketika Anda melakukan pengajuan, pihak bank akan memeriksa sejarah kredit Anda sebelumnya melalui BI Checking. Di dalam BI Checking terdapat seluruh riwayat kredit yang Anda lakukan baik kepada bank ataupun lembaga non bank. Jika riwayat kredit Anda buru, besar kemungkinan pengajuan kredit Anda ditolak. Pastikan Anda selalu tepat waktu dalam melakukan pembayaran kredit.

Demikianlah tadi diantaranya 6 Alasan Kenapa Pengajuan Kredit Ditolak. Semoga saja dengan mengetahui beberapa hal diatas dapat membantu lebih memahami alasan mengapa ditolaknya pengajuan kredit yang kita ajukan.

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *