Smart Money

5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan

5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan – Apakah Anda sudah memiliki gaji tetap di setiap bulannya. Jika Anda seorang pekerja...

Written by Irfan · 1 min read >
5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan

5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan – Apakah Anda sudah memiliki gaji tetap di setiap bulannya. Jika Anda seorang pekerja tetap, tentunya juga sudah memiliki gaji tetap. Menjadi kebanggaan tersendiri memang, jika Anda sudah bisa mencapai cita-cita finansial dari hasil gaji Anda selama sebulan. Namun apakah gaji bulanan itu sudah cukup untuk membuat kondisi keuangan Anda lebih baik. Maka dari itu, Anda harus mulai menyisihkan gaji untuk di tabung.

Kenapa harus menabung ? karena menabung dapat menghindarkan Anda dalam masalah keuangan yang bisa saja datang kapan saja. Menabung sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya perlu sedikit memaksakan diri untuk memulainya. Di bawah ini ada 5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan yang bisa menjadi referensi Anda dalam pengelolaan keuangan.

5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan

Langkah dan Cara Menabung Yang Efektif

Miliki tujuan

Sebelum memantapkan diri untuk mulai menabung, sebaiknya Anda harus memiliki tujuan yang jelas, mengapa Anda ingin menabung. Jika sudah memiliki tujuan, buatlah komitmen untuk mempertahankan tujuan tersebut. Misalnya saja, Anda menabung untuk membeli rumah, membeli mobil, dana pendidikan anak atau bahkan menabung untuk modal pernikahan.

Tentukan Jumlah

Ketahui berapa jumlah dana yang akan Anda sisihkan untuk ditabung. Hitung dengan cermat semua perkiraan pengeluaran Anda selama satu bulan. Umumnya, jumlah ideal uang yang ditabung sebesar 10% dari total jumlah gaji Anda sebulan. Namun, jika Anda ingin menabung dengan jumlah yang lebih besar lagi, tentu akan sangat baik lagi. Pastikan Anda selalu memangkas pos-pos pengeluaran agar bisa lebih hemat lagi.

Sisihkan Saat Terima Gaji

Salah satu waktu yang tepat untuk menabung adalah ketika Anda baru menerima gaji tersebut. Hal ini bertujuan agar dana yang akan Anda tabung tidak akan terpakai untuk keperluan lain. Apabila Anda menyisihkannya di akhir bulan, maka jumlah tabungan bulanan juga belum tentu sama besarnya.

Rekening Khusus Untuk Tabungan

Tanpa adanya rekening tabungan khusus, tentu Anda akan kesulitan dalam menabung. Sebaiknya rekening kebutuhan harian harus terpisah dengan rekening tabungan. Hal ini akan membantu Anda dalam mengelola keuangan  karena pembagian dana sudah sangat jelas, berapa jumlah uang yang di tabung dan berapa jumlah uang belanja bulanan untuk keperluan sehari-hari. Anda juga dapat menggunakan rekening tabungan berjangka dengan fitur auto debet setiap bulannya.

Disiplin

Disiplin menjadi salah satu kunci sukses dalam menabung. Semua langkah tepat untuk menabung di atas akan sia-sia jika Anda tidak displin dalam melakukannya. Pastikan Anda selalu ingin tujuan serta komitmen sejak awal menabung. Demikian informasi 5 Cara Menabung Yang Efektif Untuk Masa Depan. Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat dalam pengelolaan keuangan untuk merencanakan masa depan yang lebih baik.

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Tips Pengajuan KPR Untuk Rumah Bekas

Irfan in Smart Money
  ·   1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *