Info Wisata

Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

Rutinitas yang membosankan akan membuat siapapun akan merasa lelah dan letih. Liburan tentu menjadi kegiatan yang sangat dinantikan bagi siapa saja yang...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

Rutinitas yang membosankan akan membuat siapapun akan merasa lelah dan letih. Liburan tentu menjadi kegiatan yang sangat dinantikan bagi siapa saja yang sehari-harinya dipenuhi kesibukan untuk kembali membuat pikiran fresh, menenangkan hati dan membangkitkan semangat menjalani rutinitas harian. Bagi Anda yang berada di Surabaya atau berencana liburan ke Surabaya, Anda akan menemukan banyak sekali lokasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Taman Prestasi Surabaya. Banyak wisatawan yang datang ke taman ini ketika datang masa liburan atau berakhir pekan sehingga membuat taman ini cukup terkenal.

Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

Taman prestasi dibangun pada tahun 1992 dan mulai diresmikan tahun 1995 oleh Marie Basofi Sudirman, istri dari Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998. Lokasinya yang berada di pusat kota, menjadikan taman ini ramai akan pengunjung. Pemberian nama Taman Prestasi mungkin karena dipajangnya beberapa replika penghargaan yang berhasil diraih oleh Kota Surabaya. Replika penghargaan tersebut diletakan di beberapa titik di dalam taman. Penghargaan yang pernah diraih seperti Kota Raya Terbersih 1992, dan Wahana Tata Nugraha 1992.

Selain terkenal sebagai salah satu lokasi wisata yang menyenangkan dan murah, taman ini juga memiliki banyak sekali fasilitas menarik yang bisa dinikmati orang dewasa maupun anak-anak. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa Anda dan keluarga lakukan seperti menikmati wahana bermain seperti wisata perahu naga dan perahu dayung.

Selanjutnya ada juga fasilitas panggung terbuka dan panggung teater untuk hiburan. Kabar gembiranya di sini juga Anda bisa menikmati fasilitas akses free WiFi. Taman ini tentu akan sangat cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin melakukan piknik dengan biaya hemat dan menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga. Tidak hanya untuk warga biasa, penyandang difabel juga bisa menikmati kegembiraan di sini, karena taman ini menyediakan fasilitas bagi penyandang difabel, seperti pintu masuk khusus dan guiding block. Di sepanjang taman ini, Anda juga bisa melakukan olahraga kecil di area jogging track.

Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

 Wahana lain yang juga bisa anda nikmati diantaranya adalah menyusuri sungai menuju dermaga wahana air perahu motor. Wahana ini menjadi salah satu pilihan kegiatan favorit bagi banyak wisatawan. Anda yang hobi menikmati aktivitas di atas air rasanya wajib mencoba wahana perahu motor.

Taman prestasi akan memberikan pengalaman liburan yang asyik dan membuat Anda lupa sejenak dari kepenatan aktivitas harian. Banyak yang datang ke taman ini bersama teman, keluarga, atau sendirian. Bagi Anda yang berkunjung bersama keluarga, Anda bisa mengajak anak-anak mengunjungi taman bermain sambil menikmati taman warna-warni yang begitu cantik. Memiliki luas kurang lebih 6000 m2 dengan panjang kurang lebih 650 meter, taman ini cukup memadai untuk menampung banyak pengunjung. Selain wahana-wahana bermain  di sana juga Anda bisa melihat monumen pesawat bomber intruder B26 yang merupakan salah satu peninggalan bersejarah. Monumen bersejarah ini tentu akan menjadi objek foto menarik untuk Anda abadikan.

Tidak hanya terkenal murah dan terjangkau, taman prestasi juga memiliki banyak hal menarik yang bisa Anda eksplor. Tidak mengherankan jika taman prestasi menjadi salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan baik dalam kota maupun luar kota. Seringkali pelajar dan komunitas datang ketaman ini untuk menyalurkan aspirasinya seperti melukis, diskusi, tukar pendapat, belajar, dan lain-lain. Lebih dari 21 jenis tanaman menghiasi area taman sehingga menambah suasana asri dan nyaman.

Nilai Sejarah

Surabaya merupakan kota pahlawan yang sarat akan nilai-nilai sejarah perjuangan. Tidak heran jika di kota ini Anda akan menemukan banyak monumen bersejarah termasuk di taman prestasi. Salah satunya adalah pesawat bomber yang cukup tinggi dan lebar. Pesawat ini memiliki tinggi 18 kaki dengan lebar sayap 70 kaki dan panjang 15 kaki. Jika dilihat dari jarak dekat Anda akan melihat betapa gagahnya. Pada tahun 1950 pesawat ini pernah digunakan untuk melakukan perlawanan dan pemberontakan di maluku. Pada tahun 1977 pesawat ini sudah tidak digunakan lagi dan dipajang sebagai monumen.

Lokasi Taman Prestasi

Taman prestasi berada di belakang Gedung Grahadi dan DPRD kota Surabaya. Berjarak 200 meter dari arah barat jembatan di jalan Yos Sudarso sangat dekat dengan sungai Kali Mas. Jika Anda ingin datang ke Taman Prestasi, Anda bisa mencoba cari jalan Ketabang Kali, daerah Genteng. Gunakan bus apabila Anda berencana mengunjungi Taman Prestasi dengan rombongan, nantinya Anda akan sampai ke taman ini dengan lebih mudah.

Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

Jika menggunakan teknologi mpas atau aplikasi serupa, lokasi taman ini sebenarnya sangat mudah untuk dijangkau. Dari terminal Bungurasih atau Purabaya Anda bisa naik kendaraan bus kota menuju terminal Joyoboyo yang kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus lain menuju Yos Sudarso. Setelah itu Anda bisa turun di pemberhentian paling dekat dengan taman prestasi. Selanjutnya Anda tinggal jalan beberapa meter untuk sampai ke Taman Prestasi.

Harga Tiket

Banyak sekali wahana menarik yang bisa Anda nikmati di Taman Prestasi. Dari Anak-anak hingga dewasa semua bisa Anda nikmati bersama. Ada sekitar 34 arena bermain yang bisa Anda temukan di sini. Wahana tersebut antara lain seperti panjat lengkung, ayunan, perosotan dan berbagai jenis wahana permainan anak yang biasa dimainkan di taman. Pemandangan taman yang tertata rapi menjadi hal yang bisa orang dewasa nikmati dengan menaiki perahu motor sambil menyusuri kali. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 4.000 saja untuk satu tiket wahana air ini, sangat terjangkau bukan?

Wisata Pintar di Taman Prestasi Surabaya

Harga tiket masuk ke Taman Prestasi boleh dikatakan gratis. Ana mungkin cukup bayar biaya parkir saja, termasuk wahana bermain anak, bisa anak-anak nikmati sepuasnya tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi kecuali untuk menikmati wahana air memang ada biaya tiket tersendiri. Taman Prestasi mulai buka pada pukul 09.00 hingga pukul 21.00 di akhir pekan. Pada hari biasa buka dari pukul 15.00. Selain pengunjung dari masyarakat umum, banyak juga komunitas yang melakukan kegiatan seperti komunitas pecinta satwa, pecinta ular, dan banyak lagi. Suasana yang beragam, lingkungan yang penuh keceriaan membuat Anda akan merasa nyaman untuk berlama-lama di Taman Prestasi.

Pemerintah kota Surabaya telah mengubah wajah taman dan ruang hijau secara total demi kebahagiaan warganya. Taman Prestasi salah satunya. Mengawali pekan Anda dengan berkunjung ke Taman Prestasi merupakan pilihan kegiatan yang patut dicoba. Apalagi usai menjalani rutinitas harian yang menguras banyak tenaga dan pikiran. Karenanya berkunjung ke Taman Prestasi bisa menjadi alternatif jika Anda bosan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di mall dan pusat hiburan lainnya.

Jangan lupa untuk tetap jaga keselamatan keluarga. Patuhi setiap himbauan yang ada dan selalu ingatkan siapapun di sekitar Anda agar selalu menjaga kebersihan lingkungan di area Taman Prestasi demi kenyamanan bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *