Info Wisata

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok – Bagi Anda yang sudah bosan dengan wisata pantai, gunung, ataupun air terjun maka kini saatnya mencoba...

Written by Rachmad · 3 min read >
Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok – Bagi Anda yang sudah bosan dengan wisata pantai, gunung, ataupun air terjun maka kini saatnya mencoba wisata baru yang ada di Lombok. Bernama wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok. Wisata yang satu ini sering dijadikan sebagai destinasi menarik untuk dikunjungi baik itu oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Wisata hutan yang ada di Lombok ini menawarkan pemandangan hutan yang masih sangat alami dan asli. Jika Anda berkunjung ke sana dan menyusurinya hingga ke dalam maka Anda bisa dengan mudah menemukan hewan khas pedesaan. Dengan begitu, Anda bisa menikmati sensasi petualangan yang benar-benar tidak akan membosankan.

Pulau Lombok sendiri tentu sudah tidak asing lagi bagi mereka yang hobi berwisata. Ada banyak jenis wisata yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke sana. Hanya saja wisata hutan yang ada di Lombok kali ini cukup direkomendasikan. Kawasan yang masih termasuk sebagai hutan lindung ini masih sangat alami untuk Anda kunjungi.

Hutan Lindung Sesaot sendiri memiliki luas sekitar 5.999,2 hektar. Adapun bagiannya dibagi menjadi dua kelompok yakni hutan buatan dengan luas 45% tepatnya sekitar 2.579,65 hektar. Kemudian 57% sisanya merupakan kawasan hutan alami dengan luas sekitar 3.419,54 hektar

Pemandangan Indah di Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Berkunjung ke wisata hutan lindung yang ada di Lombok memang sebuah hal yang menyenangkan. Jika diperhatikan kawasan wisata ini cukup berbeda dengan kawasan pada umumnya pasalnya setiap pengunjung akan disuguhi dengan hawa yang menyegarkan serta pemandangan yang menyejukkan.

Wisata alam hutan Sesaot Lombok ini sendiri juga terjaga kebersihannya. Anda bahkan bisa menjumpai sumber mata air yang cukup jernih dan menyegarkan. Sumber mata air itu sendiri berasal dari Gunung Rinjani. Apabila Anda menyentuh airnya tentu akan sangat terasa dingin dan menyegarkan. Sumber mata air ini sendiri berupa sungai yang cukup jernih dengan hutan hijau di sampingnya.

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Selain kawasan yang berupa hutan yang cukup lebat ataupun sumber mata air, Anda juga bisa mendapatkan wisata alam menarik lainnya. Pada wisata hutan lindung yang satu ini, Anda bisa mendapatkan wisata alam yang bernama Sungai Aiq Nyet.

Sungai Aiq Nyet merupakan sebuah sungai dengan dominasi bebatuan yang cukup besar. Dengan mengunjunginya, Anda bisa mendapatkan pemandangan yang indah, alami, dan sangat menarik. Pada wisata alam sungai yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai wahana bermain. Bagi Anda yang bisa berenang maka Anda bisa menikmati sensasi berenang pada sungai tersebut.

Anda akan mendapati air yang sangat sejuk dan juga jernih. Tentu saja tubuh akan terasa lebih segar saat Anda berenang di sungai tersebut. Sungai tersebut memang tidak pernah mengalami kekeringan meskipun memasuki musim kemarau. Tak heran jika sungai ini juga diberi julukan sebagai sungai suci yang ada di Pulau Lombok.

Penamaan sungai suci tentu tak lain karena airnya yang terus menerus mengalir dengan jernih. Warga setempat pun berpendapat bahwa dengan air yang berasal dari sungai tersebut dapat menyembuhkan penyakit kulit. Maka tidak heran jika ada banyak wisatawan yang mencoba untuk berenang di sungai tersebut.

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Memang kawasan hutan yang satu ini cukup terjaga kebersihannya. Lebih dari itu, para warga pun ikut serta dalam mempertahankan tanah dari kemungkinan erosi ataupun longsor. Hal ini dilakukan dengan cara melakukan penanaman pohon secara bergotong royong.

Hingga saat ini, wisata hutan lindung yang ada di Lombok ini memiliki lebih dari 40 sumber mata air yang mengalir dari berbagai sungai di Kota Mataram serta Lombok Barat. Seperti Sungai Selepang, Sungai Lenek, Sungai Sesaot, Sungai Jangkuk, hingga Sungai Tembiras.

Kawasan Area di Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Saat berkunjung ke wisata hutan lindung yang ada di Lombok ini, Anda bisa menikmati indahnya hutan secara luas. Hutan luas ini sendiri memiliki beberapa kawasan. Masing-masing kawasan terdiri dari tiga bagian hutan, yakni:

  • Perkebunan mahoni dan agroforestry
  • Hutan primer
  • Hutan sekunder

Pada kebun mahoni dan agroforestry, sebenarnya ini dikembangkan sendiri oleh para penduduk setempat dari alang-alang. Kemudian pohon mahoni sendiri tumbuh secara berjajar dengan cukup lebar yang diselingi oleh tumbuhan durian. Tumbuhan ini sendiri sudah berusia ratusan tahun.

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Dengan adanya tumbuhan durian tersebut dapat menetralisir polusi udara yang ada di sekitar hutan. Dengan begitu, wisata hutan lindung tersebut akan senantiasa dalam keadaan sejuk dan segar.

Saat Anda berada di kawasan hutan lindung ini sendiri pasti tidak akan terasa membosankan. Pasalnya, Anda tak hanya bisa berenang di area sungai saja. Anda juga bisa melakukan perkemahan yang cukup seru, wisata kuliner, atau bahkan outbond di daerah tersebut. Untuk fasilitas yang bisa Anda dapat sendiri bisa berupa tenda lesehan serta beberapa pedagang makanan.

Jalur Menuju Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Bagi Anda yang sudah penasaran dimana lokasi hutan lindung yang ada di Pulau Lombok yang satu ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai jasa transportasi di sana. Di bawah ini beberapa jalur yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi tersebut:

●       Jalur udara-jalur darat

Jika Anda tiba di Pulau Lombok lewat jalur udara dengan tujuan akhir di Bandar Udara Internasional Lombok, maka Anda bisa memanfaatkan jasa transportasi. Beberapa jasa transportasi tersebut seperti bus Damri yang sudah disediakan untuk menempuh perjalanan menuju Terminal Damri Bertais Kota Mataram.

Anda bisa menuju terminal dari bandara dengan jarak tempuh mencapai 32 km. Kemudian jika sudah sampai di Terminal Damri, Anda bisa memakai taksi untuk menuju lokasi wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok. Jarak yang akan Anda tempuh tersebut sekitar 22,4 km.

  • Jalur laut-jalur darat

Apabila Anda melewati jalur laut, maka ada dua opsi yang bisa Anda pilih. Yang pertama adalah melalui jalur Pelabuhan Lembar. Pelabuhan ini adalah penghubung antara Pulau Bali dengan Pulau Lombok. Untuk menuju lokasi, Anda memerlukan waktu sekitar 5 jam agar sampai ke Pelabuhan Lembar Lombok.

Wisata Hutan Lindung Sesaot Lombok

Kemudian, Anda bisa memakai jasa sewa mobil, taksi, atau angkutan umum yang lainnya untuk menuju Terminal Mandalika Bertais Kota Mataram. Untuk menuju terminal Anda perlu menempuh perjalanan dengan jarak 22,5 m. Kemudian lakukan perjalanan menuju wisata hutan lindung dengan jarak sekitar 22,4.

Sementara jalur yang kedua, Anda bisa melewati Pelabuhan Kayangan. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan penghubung dari Pulau Sumbawa dengan Pulau Lombok. Anda memerlukan waktu sekitar 2 jam untuk menuju Pelabuhan Kayangan Lombok Timur. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Terminal Mandalika Bertais Kota Mataram. Jarak tempuh yang akan Anda lalui sekitar 72,1 km. Kemudian lanjutkan dengan naik taksi ataupun bus menuju wisata hutan lindung Sesaot dengan jarak sekitar 22,4 km.

Jadi, bagaimana sudah siapkah Anda mengunjungi destinasi wisata yang satu ini? Anda bisa memilih jasa tour and travel yang terpercaya untuk menemani Anda berwisata di lokasi tersebut dengan aman dan nyaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *