Info Wisata

Telaga Biru Cisoka Tangerang, Pesona Unik Danau Berair Biru

Hai sobat traveller, kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata yang lagi nge-hits, yaitu Telaga Biru Cisoka yang terletak di...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Telaga Biru Cisoka Tangerang

Hai sobat traveller, kali ini kita akan membahas salah satu tempat wisata yang lagi nge-hits, yaitu Telaga Biru Cisoka yang terletak di Tangerang. Tangerang, yang dijuluki sebagai Kota Seribu Industri ini juga mempunyai tempat wisata yang indah, loh. Salah satunya ya Telaga Biru Cisoka ini.

Kalau kamu sedang berburu tempat wisata air yang sangat indah dan juga unik, di sinilah tempat yang wajib kamu kunjungi. Apalagi untuk kamu, para traveller yang senang mengunjungi tempat wisata yang tersembunyi namun sangat memukau, Telaga Biru Cisoka-lah jawabannya.

Telaga Biru Cisoka Tangerang

Telaga Biru Cisoka atau yang bisa disebut juga Danau Biru Cisoka ini terletak di Kampung Cigaru, Desa Cisoka, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Banten. Tempat wisata ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Tiket Masuk dan Rute menuju Telaga Biru Cisoka

Tiket masuknya pun dapat dibilang sangat murah. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir untuk kendaraan yang kamu bawa. Tarif parkirnya senilai Rp.2.000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp.10.000,- untuk kendaraan roda empat.

Kalau misalkan kamu punya kenalan di daerah Telaga Biru Cisoka, bisa juga kamu titipkan kendaraan kamu di sana. Kemudian kamu bisa berjalan kaki menuju lokasi wisata. Lumayan, kan, kamu jadi bebas tiket masuk.

Telaga Biru Cisoka Tangerang

Sedangkan untuk kamu yang ingin mengunjugi Telaga Biru Cisoka ini dengan menggunakan kendaraan umum, bisa juga, kok. Dari Jakarta, kamu bisa menaiki KRL dengan jurusan Tanah Abang – Maja, kemudian kamu bisa turun di Stasiun Tigaraksa, Tangerang.

Nah, dari stasiun ini kamu bisa menggunakan angkot atau ojek, atau pun memesan ojek online menuju Adiyasa – Balaraja. Kemudian kamu bisa turun di pertigaan gang SMA N 08 Cisoka. Dari gang ini, kamu bisa berjalan kaki atau minta diantar ojek sekali lagi untuk bisa sampai ke tempat wisata Telaga Biru Cisoka.

Asal Mula Telaga Biru Cisoka?

Asal kamu tahu, Telaga Biru Cisoka bukanlah telaga yang terbentuk alami, loh. Karena keindahannya yang terlihat sangat alami, tidak ada yang menyang kalau sebenarnya dulu, Telaga Biru Cisoka ini merupakan daerah persawahan, yang kemudian diubah menjadi area pengerukan pasir selama bertahun-tahun. Namun pada tahun 2015, pengerukan ini berhenti beroperasi.

Setelah itu, lubang bekas pengerukan pasir ini menjadi lubang yang tertinggal dan tak terawat. Namun semakin lama, air hujan semakin menggenangi bekas pengerukan ini. Dan akhirnya terbentuklah Telaga Biru Cisoka.

Masyarakat sekitar kemudian menyadari bahwa air pada telaga ini berwarna biru. Kemudian tersebarlah kabar bahwa ada telaga berair biru di Kampung Cigaru. Karena semakin banyak orang yang penasaran dan kemudian berkunjung ke Telaga Biru Cisoka, telaga ini akhirnya menjadi terkenal dan dijadikan salah satu tempat wisata alternatif di Tangerang.

Telaga Biru Cisoka Tangerang

Meski begitu, air di telaga ini bisa berubah-ubah warnanya loh. Kadang berwarna kuning, bening, bahkan kehijauan. Mengapa bisa begitu? Karena air pada telaga ini memiliki kadar keasaman yang cukup tinggi, mengingat bahwa telaga ini terbentuk dari bekas pertambangan. Karena itulah warna airnya bisa berubah-ubah sesuai tingkat keasamannya.

Karena kadar keasaman yang cukup tinggi inilah orang-orang dilarang untuk berenang di telaga ini. Jadi, jangan coba-coba berenang di telaga ini, ya.

Apa Saja Spot Menarik di Telaga Biru Cisoka?

Ada dua danau yang menjadi peran utama dalam keindahan Telaga Biru Cisoka ini. Danau yang pertama adalah danau yang bisa kamu temui di sebelah kanan dari pintu masuk, yang airnya berwarna biru dan dikelilingi tebing pasir berwarna putih.

Sedangkan danau yang kedua, adalah danau yang berada di sebelah kiri dari pintu masuk. Danau ini lebih luas dan airnya lebih cenderung berwarna hijau, dan danau ini dikelilingi tebing yang ditumbuhi pepohonan. Serasi, ya, antara warna air dari kedua telaga itu dengan tebing yang mengelilingi tepiannya.

Keindahan telaga itulah yang sangat cocok menghiasi feed-feed instagram kamu agar lebih berwarna. Instagrammable banget, kan? Pasti followers kamu ikut-ikutan mengunjungi Telaga Biru Cisoka ini. Dijamin, deh.

Karena semakin dikenal banyak orang, Telaga Biru Cisoka pun mulai membangun fasilitas-fasilitas lain yagn mampu menunjang keindahan alami dari telaga ini. Dan tentunya juga dapat menarik wisatawan.

Salah satunya adalah dibangunnya spot-spot untuk wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan telaga ini. Di antaranya adalah ayunan yang bisa kamu manfaatkan untuk bersantai, sebuah pondok apung yang berada di tengah danau, spot foto berbentuk bingkai hati yang cocok untuk pasangan-pasangan romantis, dan juga kamu bisa berfoto di perahu.

Telaga Biru Cisoka Tangerang

Kalau kamu ingin bisa lebih menikmati keindahan danau ini dengan menaiki perahu, kamu bisa menyewa perahu dengan harga yang murah. Dengan hanya membayar sebesar Rp20.000,- per orang, kamu bisa mengitari danau berair biru ini. Namun harga itu bisa berubah sewaktu-waktu, ya. Kamu juga bisa menggunakan perahu ini kalau kamu ingin berfoto di pondok apung.

Di sini juga disediakan jajaran kursi untuk kamu yang ingin duduk santai berhadapan dengan keindahan Telaga Biru Cisoka.

Selain bisa menikmati telaga ini bersama teman-teman, kamu juga bisa mengajak pasangan kamu untuk mengunjungi telaga ini. Bisa juga loh, kalau ingin melakukan pemotretan foto pre-wedding di sini.

Pasti akan sangat indah, kan, ketika kamu berfoto bersama calon pendamping hidupmu dengan latar belakang danau berair biru. Siapapun pasti iri melihat foto pre-wedding-mu. Tapi ingat, tetap berhati-hati ya. Jangan sampai untuk mendapatkan spot yang bagus, kamu melanggar peraturan di sana.

Fasilitas Lain di Telaga Biru Cisoka

Selain disediakan spot-spot untuk kamu yang ingin berfoto dengan latar belakang danau berair biru, di Telaga Biru Cisoka ini juga difasilitasi dengan area parkir dan warung yang menjajakan makanan khas daerah setempat. Jadi kalau kamu sudah lelah mengelilingi danau, kamu bisa bersantai sambil menyantap makan siangmu di warung-warung ini.

Kamu bisa merasakan pengalaman menyantap makanan dengan danau berair biru di hadapan mata. Wah, restoran bintang lima saja tidak menyuguhkan pemandangan indah seperti ini. Dan kamu bisa mendapatkan paket komplit ini dengan harga yang sangat terjangkau. Menarik, bukan?

Nah, itu dia penjelasan singkat mengenai tempat wisata Telaga Biru Cisoka. Untuk kamu yang penasaran akan rupa danau berair biru setelah membaca artikel ini, bersegeralah untuk mengunjunginya. Apalagi kalau kamu mengunjungi telaga ini ketika cuaca sedang cerah, kamu akan mendapatkan pemandangan yang lebih indah.

Meskipun Telaga Biru Cisoka ini dapat dibilang menjadi salah satu tempat wisata tersembunyi, namun kamu tetap bisa menjangkaunya dengan mudah. Dengan membawa kendaraan pribadi kamu bisa membawa rombongan kamu untuk berwisata menikmati danau berair biru ini.

Kalau kamu ingin menaiki kendaraan umum pun bisa. Ketika berjalan kaki menuju lokasi wisata, kamu seolah sedang menjemput keindahan suatu danau yang tersembunyi. Kalau kita beri perumpamaan, mungkin bisa jadi Telaga Biru Cisoka adalah harta karun yang tersembunyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *