Info Wisata

Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi di Kota Pelajar

Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi di Kota Pelajar – Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Maka tak heran jika kota Jogja memfasilitasi...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi di Kota Pelajar

Taman Pintar Yogyakarta, Wisata Edukasi di Kota Pelajar – Kota Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Maka tak heran jika kota Jogja memfasilitasi tempat wisata Taman Pintar untuk meraup kalangan pelajar. Masyarakat Jogja memiliki minat yang sangat tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan pendidikan. Hal semacam inilah yang membuat pemerintah Jogya semakin gencar mempromisikan Taman Pintar.

Sebagai tempat wisata edukasi, Taman Pintar sangat cocok digunakan untuk liburan anak-anak. Apalagi untuk menghabiskan waktu libur panjang bersama keluarga di Taman Pintar tentu saja sangat mengesankan. Pastikan anak anda akan bergembira diajak ke tempat ini karena bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru. Nah, inilah ulasan singkat mengenai Taman Pintar Yogyakarta, wisata edukasi di Kota Pelajar.

Berwisata ke Taman Pintar Yogyakarta sebagai Wisata Edukasi

Lokasi Taman Pintar Jogya

Berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta tidak begitu sulit, karena letaknya di pusat kota, tepatnya di Jalan Panembahan Senopati nomor 1-3 atau di dekat Benteng Vredebeurg dan Taman Budaya Jogya. Adapun jarak yang ditempuh lumayan dekat dengan kawasan Malioboro. Bahkan anda bisa berjalan kaki selama 15 menit dan telah sampai di sini. Sementara itu, untuk akses menuju taman edukasi ini cukup menggunakan satu halte khusus yang disediakan di depan pintu masuk Taman Pintar. Harga tiket masuk ke Taman Pintar sekitar Rp. 8.000,- untuk anak-anak dan Rp. 15.000,- untuk orang dewasa. Biasanya untuk bisa menikmati wahana yang ada di dalam Taman Pintar, para pengunjung akan ditarif harga tertentu.

Wahana Edukasi di Taman Pintar

Pada pembangunan Taman Pintar disuguhkan dengan konsep taman belajar yang bertujuan untuk mengedukasi dari berbagai segmen, mulai dari anak kecil hingga anak sekolah menengah. Beragam alat peraga sederhana telah tersedia yang menerapkan dekorasi sains, bahkan mampu menggugah imajinasi anak-anak sehingga ia terpicu kreativitasnya. Bukan hanya alat peraga, ada pula wahana menarik lainnya yang layak dicoba anak-anak. Mulai dari wahana pemutaran film 3 dimensi, program kreativitas dan simulator gempa, Bahkan terdapat program kreativitas anak di Taman Pintar seperti pembuatan gerabah, lukis gerabah, serta lukis kaos. Beberapa zona di taman edukasi ini adalah sebagai berikut :

Memorabilia

Gedung Memorabilia yang dibangun sebagai tempat sejarah guna mengingat segala hal yang telah terjadi di masa lampau. Sejarah di kawasan ini hanya mengkhususkan pada sejarah Indonesia dari masa kemerdekaan. Tentu saja memorabilia menawarkan banyak pengetahuan mengenai beragam tokoh penting Indonesia.

PlayGround

PlayGround menyajikan tempat bermain outdoor yang luasnya sekitar 5 x 30 meter. Di kawasan ini biasanya disewakan oleh pengelola Taman Pintar bagi para rombongan yang akan membuat acara di tempat terbuka. Sementara itu, untuk menyewa kawasan PlayGround para pengunjung bisa langsung menghubungi pihak pengelola jauh hari sebelum kedatangan di Taman Pintar.

Gedung Oval Kotak

Selanjutnya adalah Gedung Oval Kotak yang termasuk gedung utama eksebisi berbagai alat peraga di Taman Pintar. Saat memaduki gedung oval maka terdapat perpustakaan yang menyimpan berbagai koleksi buku menarik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *