Info Wisata

Rainbow Garden Purbalingga Taman Wisata yang Aduhai

Kabupaten Purbalingga kembali menawarkan destinasi wisata dataran tinggi yang menawan. Mengadopsi ide kebun bunga Begonia di Bandung. Desa Kutawaba, mengambil tajuk sebuah...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Rainbow Garden Purbalingga

Kabupaten Purbalingga kembali menawarkan destinasi wisata dataran tinggi yang menawan. Mengadopsi ide kebun bunga Begonia di Bandung. Desa Kutawaba, mengambil tajuk sebuah taman bunga, yaitu Rainbow Garden sebagai tempat taman wisata kekinian di Purbalingga.

Sebuah taman bunga yang dihiasi oleh bunga warna warni dengan beraneka ragam jenis dan spot foto yang menarik. Wisata Rainbow Garden di Purbalinngga ini berada di kawasan Gunung Slamet, tepatnya di Jalan raya Karangreja, pejangan 1, Desa Kutawaba, Kecamatan Karangreja, kabupaten Purbalingga.

Perjalanan ke Lokasi Wisata

Akses menuju ke Rainbow Garden Kutabawa cukup bersahabat, jalanan mulus. Anda bisa menjumpai dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Rainbow Garden Kutabawa jarak dari pusat kota Purbalingga kurang lebih sekitar sekitar 23 km, dengan kurun waktu sekitar 40 menit. Sedangkan dari Purwokerto kurang lebih hanya satu jam.

Rainbow Garden Purbalingga

Lokasi wisata yang cukup strategis memudahkan wisatawan untuk berkunjung sembari menikmati bunga-bunga indah yang sedang bermekaran. Harga tiket masuk cukup bersahabat yang pastinya. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar RP 5.000 per orang. Jam operasional wisata ini bukan dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

Fasilitas di Rainbow Garden

Fasilitas yang diberikan di Rainbow Garden Kutubawa di Purbalingga ini cukup lengkap. Fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet umum, spot foto menarik, warung makan, tempat beribadah dan masih banyak lagi fasilitas yang disediakan pengelola Rainbow Garden Kutubawa di Purbalingga.

Keberadaan wisata baru di Purbalingga semakin mengukuhkan bahwa kota asal tempe mendoan tersebut siap bersaing dengan daerah-daerah lain yang menyediakan destinasi wisata yang berkualitas. Suasana tenang serta ingin membuat pengunjung dapat menenangkan pikiran dan istirahat sejenak dari aktivitas-aktivitas yang melelahkan. Rainbow Graden di Purbalingga sangat cocok untuk liburan akhir pekan.

Rainbow Garden Purbalingga

Udara yang sejuk cocok untuk tempat berlibur atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, sahabat, teman, pacar, gebetan, dan orang-orang tercinta. Taman ini juga menyediakan jasa foto bersama hewan seperti burung hantu dan ular. Tempat wisata taman ini cukup luas sehingga mampu menampung berbagai macam jenis bunga.

Sebagian besar bunganya asli atau tanaman hidup dan hanya beberapa saja yang menggunakan bunga plastik, seperti di depan gerbang masuk terlihat penampakan pot-pot photobooth, juga bunga-bunga sakura di sepanjang jalan. Karena tidak memungkinkan menanam bunga Sakura di Indonesia. Jadi untuk menambah kesan lebih menarik, bunga Sakura selalu menjadi pilihan terbaik. Meski hanya ornamen buatan masih mampu menarik perhatian pengunjung yang datang ke taman Rainbow Garden.

Jenis Bunga yang Variatif

Kenapa taman wisata ini dinamakan Rainbow Garden bukan Flower Garden di Purbalingga? Ternyata bunga-bunga yang ditanam di taman ini beraneka ragam jenis dan warnanya.  Ada beberapa jenis bunga di antaranya, Begonia, Lavender, Petunia, Marigold, hingga Celosia Pagoda yang mirip dengan jenis bunga di taman Bunga Celosia Bandungan.

Rainbow Garden Purbalingga

Dari jenisnya, Begonia termasuk ke dalam keluarga genus dengan spesies tunggal di Kepulauan Hawai. Bunga ini termasuk ke dalam salah satu spesies terestrial yang dapat hidup di iklim lembab subtropis dan tropis. Bunga Begonia ini mudah tumbuh dan dijadikan tanaman hias. Sama dengan Begonia, Lavender juga dapat hidup di iklim tropis.

Pertunia, tumbuhan bunga tunggal dan memiliki mahkota ganda. Jenis bunga berikutnya yang menghiasi warna di taman ini adalah marigolds. Bunga ini berasal dari Meksiko Utara. Bunga yang didominasi dengan warna kuning dan orange. Bunga ini indah dipandang tetapi harumnya kurang menyegarkan. Celosia ini jenis yang seringkali dijadikan bunga hiasan taman. Selain memiliki ragam warna yang indah, bunga ini juga tergolong pada jenis bunga yang mudah untuk di tanam. Celosia memiliki ragam warna mulai dari merah, kuning, ungu, merah marun, sampai orange.

Keindahan yang ditampilkan dari perpaduan warna-warna alami bunga tersebutlah yang akhirnya bunga ini layak dinamakan Rainbow Garden di Purbalingga. Sama seperti perpaduan warna pelangi. Keindahan dari bunga-bunga tersebut semakin memanjakan mata kala anda mengambil gambar dengan angel yang cukup.

Instagrammable dan Keren untuk Foto Sosmed

Jadi anda juga harus memiliki kemampuan mengambil gambar dari sudut yang memiliki angel menarik. Dalam hal ini, kefokusan kamera juga patut diperhatikan sebelum mengambil gambar.Jika tidak memiliki kamera yang mumpuni. Anda bisa memaksimalkan kemampuan dari kamera gawai anda sendiri atau meminta bantuan orang lain untuk dapat menghasilkan gambar yang menarik perhatian.

Pengunjung dapat menikmati wangi bunga yang bermekaran yang diselimuti oleh hawa sejuk dan bisa menenangkan pikiran. Selain dimanjakan dengan hawa kedamaian, agar tidak bosan pihak pengelola juga menyediakan berbagai spot foto instagenic. Ini salah satu buruan kaum hawa yang tidak boleh terlewatkan. Kemana dan dimanapun kaki dan badan melangkah. Mengambil sebuah jepretan sebagai kenangan adalah kewajiban yang memang sepertinya tidak boleh dilupakan. Nah untuk urusan yang satu ini, pengelola juga sudah menyiapkan spot yang menarik untuk mengambil foto atau kenangan di Rainbow Garden Kutubawa di Purbalingga.

Salah satu spot yang memang menarik perhatian matanya para kaum hawa ialah spot berbentuk hati. Untuk itu, pihak pengelola Rainbow Garden menyedikan jalan cinta  yang kekinian banget. Jalan cinta yang berupa jalan tempat melangkah dan dihiasi kanopi berbentuk hati yang dihiasi kain yang berbeda. Selain jalan berbentuk hati, spot foto yang tidak kalah menarik  dari tempat ini di antaranya foto di jembatan merah dengan berlatarkan taman bunga yang cantik,  foto bersama rumah – rumahan, dan masih banyak lagi spot foto yang menarik lainnya. Dijamin Anda  tidak akan kecewa.

Rainbow Garden Purbalingga

Semua panorama yang ditunjukan dari Rainbow Garden Kutawaba di Purbalingga  ini sangat cepat bertebaran di media sosial khususnya instagram dan facebook. Hal ini karenakan spot foto dan destinasi alamnya sangat mendukung untuk pengambilan gambar yang keren. Jadi daya pikat tersendiri dan tentunya harga budgeting tidak bikin kepala anda pusing tujuh keliling. Tidak perlu memikirkan berapa banyak tabungan yang akan terkuras untuk mengunjungi taman ini. Karena anda sudah pasti tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan.

Kebiasaan orang Indonesia, setiap ada tempat wisata baru selalu melupakan yang namanya kebersihan. Nah, ketika anda mengunjungi taman ini. Alangkah baiknya jika anda mengurangi penggunaan sampah plastik dan membuang sampah sembarangan. Karena sampah yang berhamburan akan mengurangi keindahan tamannya. Bagi anda yang merasa instagramable atau instagenic. Taman ini sangat cocok untuk dijadikan destinasi pilihan

Rainbow Garden di Purbalingga ini ternyata bukan hanya sekadar taman loh. Berbeda dengan taman yang lain, rupanya taman ini juga pernah dijadikan tempat acara besar. Sebagai tempat upacara Peringatan HUT ke-21 Saka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga. Perayaan upacara tersebut sangat meriah dan berkesan. Karena banyak sekali pengunjung yang datang dan ikut menyaksikan upacara besar tersebut. Taman ini ternyata multifungsi, dapat dialihfungsikan menjadi tempat perayaan acara besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *