Pura Pakualaman, Istana Megah Yang Seolah Terlupakan

1 min read

pura-pakualaman-yogyakarta-infomudah

Info Wisata – Selama ini kebanyakan orang hanya mengenal Kraton Kasultanan Yogyakarta sebagai bangunan istana rumah raja, namun sebenarnya masih ada lagi satu istana raja yang berdiri di Yogyakarta. Pura Pakualaman adalah satu dari dua istana yang berdiri di Daerah istimewa Yogyakarta. Seperti Kraton Kasultanan Yogyakarta, ada alun-alun, masjid, dan museum di dalam kompleks Pura Pakualaman.

Jarak antara Kraton Kasultanan Yogyakarta dan Pura Pakualaman cuma berjarak kurang lebih 2, 5 km ke arah timur Kraton. Kasultanan Yogyakarta dipimpin oleh Sri Sultan Hamengku Buwono dan Pura Pakualaman di pimpin oleh GPA Paku Alam.

pura-pakualaman-yogyakarta-infomudah

Kompleks istana Paku Alaman memiliki bentuk yang lebih kecil serta lebih simpel bila dibanding dengan Kraton Yogyakarta. Di depan gerbang ada sebuah lapangan yang ditumbuhi rimbunnya pohon beringin. Lapangan itu bernama Alun-alun Sewandanan. Pada saat sore tiba, penjual kaki lima akan memenuhi alun-alun dan banyak anak muda yang jadikan tempat nongkrong dan satu diantara tempat piknik kuliner yang asik.

Baca jugaAsyiknya Berkungjung Ke Istana Raja Kraton Yogyakarta

Letaknya tidak sama dengan Kraton Kasultanan, kalau Kratin Kasultanan menghadap ke Merapi atau ke utara, Pura Pakualaman menghadap demikian sebaliknya yaitu menghadap ke selatan. Hal semacam ini sebagai bentuk pernghormatan pada Kraton Kasultanan yang lebih dahulu berdiri. Saat pengunjung memasuki kompleks Pura Pakualaman, wisatawan bakal disambut taman yang sangat indah serta kolam yang ditumbuhi bunga teratai. Di belakang kolam ada Bangsal Sewotomo tempat menaruh seperangkat gamelan Kebogiro. Gamelan ini sendiri akan dimainkan pada setiap hari Minggu Pon, jadi wisatawan bisa mendengar beberapa pemukul memainkan gamelan ini.

pura-pakualaman-yogyakarta-infomudah-2

Di kompleks Pura Pakualaman tidak hanya ada bangunan pendapa, melainkan juga ada bangunan-bangunan lain seperti Dalam Ageng Proboyeksa dengan arsitektur yang indah, Bangsal Sewarengga, Bangunan Maerakaca, serta ada banyak lagi. Untuk yang menginginkan tahu semakin banyak tentang histori Pura Pakualaman bisa mendatangi museum serta perpustakaan yang ada didalam istana. Di dalam perpustakaan ada koleksi naskah narasi histori serta karya sastra, sedangkan di museum wisatawan dapat melihat daftar silsilah keluarga Paku Alam, dokumen kesepakatan, atribut kerajaan, photo, koleksi senjata, serta juga koleksi baju.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *