Info Wisata

Kesejukan Istana Taman Sari Yogyakarta

Info Wisata – Sejarah Keraton Yogyakarta tidak lepas dari keberadaan Tamansari yang memiliki arsitektur yang luar biasa dan memiliki keterkaitan sejarah dengan...

Written by Rachmad · 1 min read >

Info Wisata – Sejarah Keraton Yogyakarta tidak lepas dari keberadaan Tamansari yang memiliki arsitektur yang luar biasa dan memiliki keterkaitan sejarah dengan Keraton Yogyakarta. Tempat ini adalah sebuah komplek artistik yang sangat sejuk karena terdapat kolam air yang sangat besar di dalamnya. Gemericik air dan arsitekturnya yang sangat indah membuat komplek Tamansari ini menjadi sebuah tempat yang sangat luar biasa indah. Tempat ini kemudian banyak dikenal dengan nama Istana Air (water castle).

tamansari-yogyakarta-infomudah-1
Tamansari Yogyakarta

Komplek Tamansari ini dibangun berbarengan dengan pembangunan Keraton Yogyakarta pasca Perjanjian Giyanti sebagai pusat pemerintahan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Sultan Hamengku Buwono I kemudian membangun sebuah istana yang dikelilingi oleh segaran (danau buatan) dan taman bunga yang sangat indah untuk menghormati jasa jasa istri Sultan yang telah banyak membantu selama masa peperangan. Tamansari dibangun pada tahun 1758-1769 oleh Demak Tegis, seorang arsitek berkebangsaan Portugis.

Kondisi Tamansari sekarang memang sudah berbeda saat pertama kali Istana ini dibuat, tapi kondisi dan arsitekturnya masih dijaga dan beberapa kerusakan yang ada sudah diperbaiki sehingga keindahan arsitektur Tamansari kembali terlihat. Bangunan yang masih tersisa dari Tamansari adalah Sumur Gemuling (Gumuling), Gedhong Gapura Hageng yang terletak didekat pintu masuk, Umbul Pasiraman (kolam yang ada saat pertama kasli memasuki komplek Tamansari), Gedhong Gapura Panggung (kolam yang diapit bangunan kembar di kiri dan kanannya) dan juga sisa sisa bangunan yang terletak di sekitar komplek Tamansari yang sekarang menjadi tempat bagi masyarakat Yogjakarta.

Baca jugaMau Bertemu Tokoh Idola? Ke De Arca Museum Aja

Tempat ini dulunya adalah sebuah taman yang sangat asri dan sejuk, yang tersisa saat ini hanyalah sebuah taman kecil yang ada di belakang area Tamansari.

Bagaimana Menuju Tempat Ini?

tamansari-yogyakarta-infomudah-2

Bagi yang baru pertama kali menuju tempat ini terutama yang belum pernah sama sekali berpetualang di area Keraton Jogja adalah sebuah perjuangan ekstra. Bukan karena akses yang cukup sulit untuk menuju tempat ini, namun memang Tamansari ini terletak di dalam komplek Keraton Yogyakarta. Tamansari terletak di Jalan Taman yang bisa diakses kurang lebih 10 menit dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Tiket masuk untuk masuk ke area ini sangat terjangkau, hanya Rp. 5,000 per orang diluar biaya parkir dan guide (jika ingin menggunakan). Kalau baru pertama kalu datang ke tempat ini sangat disarankan untuk menggunakan jasa guide supaya bisa lebih mengetahui sejarah tempat ini, untuk kisaran biasa mereka biasanya mengatakan kalau biayanya hanyalah ala kadarnya saja.

Namun kalau ingin mencari petualangan yang lebih seru namun sedikit melelahkan, masuklah dari sumur gemuling. Namun berhati hatilah dengan tempat ini karena bisa membuatmu tersesat. Bertanya kepada penduduk adalah jalan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *