Info Wisata

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan terletak di Kabupaten Bawakareng. Gunung Lompobattang merupakan gunung api yang tidak aktif tipe stratovolcano atau...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (1)

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan terletak di Kabupaten Bawakareng. Gunung Lompobattang merupakan gunung api yang tidak aktif tipe stratovolcano atau kerucut. Gunung ini berada di dekat Desa Ujung Bulu yang dikenal sebagai penghasil garam. Gunung ini menjadi spot wisata untuk melihat bintang.

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (1)

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan ini mempunyai ketinggian sekitar 2868 di atas permukaan laut. Sementara itu Desa Ujung Bulu sendiri  mempunyai suasananya yang dingin dengan tanah yang subur.

Untuk dapat ke Desa Ujung Bulu, anda membutuhkan waktu sekitar empat jam perjalanan dari kota Makassar.  Saat sampai di pos nol, mulai dari sini anda akan melakukan pendakian menuju Gunung Lompobattang sebelum dapat menikmati hamparan bintang.

Anda bisa mulai mendaki dengan berjalan kaki atau dengan menggunakan motor trail dikarenakan medan pendakiannya cukup menanjak.

Pendakian Menuju Gunung Lompobattang

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (2)

Pendakian dimulai dari Desa Ujung Bulu, lebih disarankan agar anda dapat melakukan pendakian dengan berjalan kaki saja. Dengan berjalan kaki, anda dapat mengabadikan setiap jalan serta moment yang anda lalui.

Selain itu, akan banyak pemandangan indah di sekeliling anda pada saat melakukan pendakian. Ketika anda mendaki, anda akan melintasi perkebunan warga sekitar yang tinggal di sana. Bila anda memutuskan untuk mendaki pada pagi hari, maka akan ada kabut yang menyelimuti sepanjang perjalanan anda, namun hal ini justru akan membuat anda merasakan udara yang lebih segar dibandingkan ketika anda berada di perkotaan.

Sesekali anda dapat berkomunikasi dengan warga sekitar yang sedang bekerja disana. Lamanya waktu pendakian tergantung dari kecepatan anda melakukan pendakian. Waktu normal untuk mendaki sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk dapat sampai di lokasi camp, dan anda bisa beristirahat disana.

Puncak Gunung Lompobattang

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (3)

Sebelum dapat sampai ke puncak gunung Lompobattang, anda harus melewati batu besar yang memiliki tinggi sekitar empat hingga enam meter. Batu tersebut mempunyai sudut kemiringan hampir 90 derajat, pada daerah kiri dan dan kanan akan terdapat jurang dengan ketinggian puluhan meter.

Sangat disarankan untuk anda dapat berhati – hati ketika melewati batu tersebut sebelum dapat mencapai puncak dari gunung Lompobattang ini. Pada saat telah berhasil melewati batu besar ini, anda akan segera sampai di puncak gunung Lompobattang, dan anda juga akan segera sampai pada lokasi camp di atas puncak gunung.

Lokasi Camp Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (4)

Saat anda tiba di lokasi camp, anda bisa beristirahat terlebih dulu sambil menikmati minuman hangat seperti kopi. Udara di sana cukup sejuk dan dingin. Sambil beristirahat, anda juga bisa melihat dan mengambil foto pemandangan sekitar anda.

Setelah anda selesai beristirahat sambil menikmati minuman hangat, anda dapat membangun tenda di sekitar puncak gunung dan membuat api unggun untuk dapat membantu menjaga tubuh anda agar tetap hangat, terutama pada saat malam hari.

Bangunlah tenda di lokasi yang memungkinkan anda untuk dapat beristirahat sambil menikmati pemandangan sekitar gunung Lompobattang. Upayakan untuk membangun tenda dengan jarak yang tidak terlalu berjauhan satu dengan yang lain untuk menjaga keamanan pada saat malam hari di atas puncak gunung.

Keindahan Panorama Sunset Di Atas Puncak Gunung Lompobattang

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (5)

Jika anda sampai di atas puncak gunung pada saat sebelum matahari terbenam, anda dapat melihat indahnya sunset dari atas puncak gunung Lompobattang.

Senja di atas puncak gunung Lompobattang, menjadi salah satu favorit para pendaki. Tentu saja  senja pada saat berada di atas puncak gunung memberikan suasana dan pemandangan yang sangat indah yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Hal yang membuat istimewa dari gunung Lompobattang ini adalah pemandangan langit pada saat sore hari yang berwarna orange yang disertai dengan pemandangan lampu – lampu perkotaan yang satu persatu mulai menyala dan menghiasi kota. Sehingga  kesan meninggalkan keramaian kota sungguh terasa pada saat berada di atas puncak gunung Lompobattang  yang sangat sejuk ini.

Keindahan Bintang Di Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan

Gunung Lompobattang Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan (6)

Saat malam hari tiba dan setelah anda menikmati panorama senja yang sangat indah, kini tiba saatnya anda untuk melihat keindahan langit dari atas puncak gunung Lompobattang.

Bila anda melihat ke arah perkotaan, lampu – lampu sudah banyak yang menyala. Kesan perkotaan yang penuh sesak dan hiruk pikuk menjadi terlihat indah bila dilihat dari atas puncak gunung ini.

Jika langit cerah, akan ada banyak bintang yang bertaburan dari atas puncak gunung Lompobattang. Kilauan bintang ini layaknya gemerlap lampu perkotaan yang berada di bawah kaki gunung.

Bintang di langit yang muncul serta menghiasi angkasa ditambah dengan indahnya lampu perkotaan di bawah gunung, seolah memberikan kesan menyambung dengan bintang tanpa sebuah batas horizon.

Pada saat malam hari, anda akan mendapat dua pemandangan sekaligus yaitu hamparan bintang di atas langit dan gemerlap lampu perkotaan di bawah gunung.

Pasaranjaya Gunung Lompobattang

Saat dari puncak gunung Lompobattang menuju jalur percabangan, jalur yang dilewati merupakan jalur berupa bukit – bukit dengan kondisi yang terbuka dan berupa tanah serta batu – batuan.

Pada sepanjang perjalanan, anda dapat menemui dan melihat bunga Edelweis yang bermekaran. Jarak yang ditempuh dari atas puncak gunung sekitar 20 menit.

Kemudian anda akan dapat melihat sebuah hamparan tanah lapang yang luas yang berada di tengah – tengah hutan. Penduduk sekitar menamai tempat itu dengan nama Pasaranjaya ( Pasar Setan). Menurut cerita yang  tersebar, bila anda menginap atau bermalam di sana, maka pada saat malam hari tempat itu akan terasa sangat ramai,  akan banyak suara ribut dan berisik seolah – olah anda sedang berada di sebuah pasar dengan ramainya kegiatan di pasar tersebut.

Namun bagi anda yang kurang berani untuk lewat jalur tersebut, anda bisa memilih alternatif jalur lain yang dapat anda lewati dengan lebih aman dan nyaman.

Gunung Lompobattang Di Desa Ujung Bulu Sulawesi Selatan telah menjadi salah satu objek pendakian yang banyak diminiati oleh para pendaki.  Dengan keindahan alam, panorama, serta udara yang sejuk menjadikan gunung Lompobattang menjadi salah satu target untuk dapat di daki.

Selain keindahan alamnya gunung Lompobattang juga dipercaya masih memiliki banyak misteri yang kental dan beredar di masyarakat sekitar. Untuk itu saat mendaki gunung Lompobattang, anda juga harus menjaga tata krama, sikap dan perilaku, serta selalu menjaga kebersihan alam sekitar.

Bagi anda yang berminat untuk menikmati indahnya langit malam hari dengan bintang yang bertaburan di langit Sulawesi Selatan, anda dapat mendaki ke puncak gunung Lompobattang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *