Info Wisata

Daya Tarik Wisata Pantai Laguna Lembupurwo

Salah satu wisata pantai yang ada di Jawa Tengah adalah Pantai Laguna Lembupurwo. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Pantai Laguna Lembupurwo

Salah satu wisata pantai yang ada di Jawa Tengah adalah Pantai Laguna Lembupurwo. Pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Baik itu di hari biasa atau bahkan hari liburan. Saat Anda mengunjunginya maka Anda bisa menikmati keindahan dengan sensasi yang berbeda dari aktivitas keseharian Anda.

Pantai ini sendiri memilih pesona keindahan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Maka dari itu, akan sangat disayangkan jika Anda tidak menyempatkan berkunjung ke wisata ini saat berada di Jawa Tengah. Wisata ini sendiri sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda bersama keluarga. Terlebih saat liburan nasional, hari Minggu, atau hari libur lainnya.

Anda bisa menikmati keindahan pantai ini baik dari dekat atau kejauhan. Wisata ini sendiri berlokasi di Desa Lembupurwo, Kec. Mirit, Kab. Kebumen, Provinsi Jawa Tengah. Apabila Anda masih kebingungan menuju ke lokasi Anda tak perlu khawatir. Anda bisa mencarinya dengan memanfaatkan aplikasi Google Maps.

Cara Menuju Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo

Ada dua jalan yang bisa Anda tempuh untuk menuju lokasi pantai ini. Jalan pertama yang bisa Anda lalui yakni dengan melewati Laguna. Meskipun terbilang cukup dangkal namun medan yang ditempuh cukup terjal. Bagi Anda yang menyukai tantangan maka tidak ada salahnya untuk memilih jalan ini. Dengan begitu, Anda tidak akan kenai biaya tiket masuk.

Jalan kedua yang bisa Anda lewati saat menuju pantai ini adalah dengan melalui jembatan bambu yang ada di atas Laguna. Jalan yang satu ini merupakan jalan resmi yang bisa dilalui untuk menuju pantai tersebut. Untuk memasukinya, maka Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 3.000 saja pada hari biasa dan Rp 5.000 pada hari libur.

Saat Anda melewati jembatan bambu tersebut, Anda juga bisa sekaligus mengambil gambar atau video di tengah hutan bakau yang cukup rimbun yang tentu saja sangat instagramable.

Eksotisme Wisata Pantai Laguna Lembupurwo

Wisata pantai yang ada di Desa Lembupurwo ini merupakan salah satu destinasi yang wajib Anda kunjungi. Hal ini tak lain karena keindahan wisatanya yang tidak ada duanya. Terlebih penduduk lokal yang ada disana pun sangat ramah kepada wisatawan yang datang. Baik itu wisatawan dari luar negeri atau dalam negeri.

Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai ini sendiri memiliki kemiripan seperti Pantai Selatan yakni dengan ombak yang cukup luas dan besar. Terlebih pantai ini juga terbilang masih sangat alami, pasalnya masih sedikit bangunan-bangunan yang ada di sekitar pantai. Hanya saja pemandangan uniknya yang membedakannya dari pantai pada umumnya.

Dari area parkir kendaraan, Anda bisa menempuh sebuah kebun milik masyarakat sekitar. Dengan warna daun hijau dengan warna buah merah. Menuju waktu siang hari, memang akan menyengat panasnya. Namun Anda akan disuguhi dengan pemandangan sekumpulan gumuk pasir.

Pada gumuk pasir tersebut, Anda akan melihat seperti genangan-genangan kolam air yang ada diantara tumbuhan air hijau yang nantinya membentuk sebuah laguna. Umumnya, laguna ini sendiri akan mulai terbentuk saat air laut pasang.

Pantai ini sendiri memiliki warna pasir yang cenderung hitam, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba jalan-jalan sore sembari menikmati indahnya sunrise. Dengan balutan udara segar dan deburan ombak yang bersahut-sahutan tentu sudah bisa menjadi obat ampuh Anda dari pekerjaan yang melelahkan.

Hamparan pasir di pantai ini membentang sepanjang 3 km. Anda juga bisa menikmati keindahan hutan mangrove yang ada serta hamparan pohon cemara yang cukup menarik perhatian. Tentu saja adanya hutan cemara tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang.

Kelompok tani yang ada di lokasi sekitar memang melakukan pembudidayaan pada pohon cemara yang ada di wilayah pantai. Tentu saja hal ini dilakukan agar pengunjung lebih tertarik dengan keindahan pantai yang ada disekitarnya.

Pantai Laguna Lembupurwo

Anda juga bisa bermain pasir di tepi pantai sambil mencari kerang-kerang yang bersembunyi di bawah pasir. Jika Anda ingin mencoba hal yang cukup menantang, maka tidak ada salahnya untuk berjelajah di pantai tersebut menggunakan mobil ATV. Tentu saja hal ini akan lebih menantang/ Anda bisa menikmatinya di pagi hari ataupun sore harinya.

Kedua waktu tersebut sangat disarankan, pasalnya suasana pantai tidak terlalu panas atau bahkan terlalu ramai pengunjung. Jika Anda mulai lapar maka bisa mengunjungi beberapa warung yang siap menjajakan aneka makanan khas daerah setempat. Seperti mendoan, arem, arem, atau jajanan khas yang lainnya.

Selain beberapa jajanan tersebut, Anda juga bisa menikmati salah satu makanan khas dari daerah tersebut. Yakni sate ambal dengan lontong. Sate ini sendiri bisa Anda temui di Jl. Ambal yang merupakan pusat sate tersebut berlokasi. Agar Anda bisa mengetahui kisaran harganya, maka tidak ada salahnya untuk menanyakan harga sebelum memesan.

Fasilitas yang ada di Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai Laguna Lembupurwo

Pantai yang satu ini tentu terasa tidak lengkap jika tidak memilih berbagai fasilitas yang mendukung. Dengan adanya fasilitas pendukung maka setiap pengunjung tentu akan merasa lebih nyaman. Wisata pantai ini sendiri memiliki beberapa fasilitas dan juga pelayanan yang cukup memadai. Seperti area parkir, warung makan, tempat istirahat, kamar mandi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Menuju Lokasi Pantai Laguna Lembupurwo

Saat ingin menuju lokasi wisata Pantai Laguna di Lembupurwo Jawa Tengah, ada baiknya Anda mempersiapkan dahulu untuk membawa keperluan yang dibutuhkan secara umum. Misalnya saja dengan membawa bekal, air minum, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membawa peralatan tambahan seperti kamera yang bisa dimanfaatkan untuk mengabadikan momen bersama keluarga nantinya. Namun, Anda juga jangan lupa untuk menyiapkan beberapa peralatan kesehatan untuk dibawa. Seperti tissue basah, masker, kantong plastik, obat-obatan, antiseptik, sabun, hand sanitizer, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan fisik tubuh beserta kendaraan agar perjalanan Anda bisa dilakukan dengan lancar. Anda pun tidak perlu terburu-buru menuju lokasi dan pastikan kendarai kendaraan dengan hati-hati. Anda bisa menuju lokasi wisata tersebut menggunakan kendaraan pribadi, baik itu mobil ataupun motor.

Namun jika tidak memilikinya, maka Anda bisa memakai kendaraan umum. Seperti bis, angkutan umum, dan masih banyak lagi lainnya. Selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju lokasi pantai dengan memakai ojek untuk sampai ke desanya.

Pastinya, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana mengunjungi lokasi wisata Pantai Laguna yang ada di Lembupurwo, Kebumen, Jawa Tengah ini. Namun jika Anda berasal dari kota luar atau bahkan luar negeri terkadang akan kebingungan untuk mengetahui lokasi jalannya. Jika begitu, Anda bisa merental mobil saja dengan supir yang memang sudah mengetahui rute wisata tersebut.

Atau jika tidak, Anda bisa memanfaatkan orang yang ada di sekitar dan mulai menanyakan dimana lokasi pantai tersebut. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menuju lokasi wisata, pasalnya Anda bisa mendapatkan lokasinya dengan cukup mudah. Bagaimana, apakah Anda cukup tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata pantai yang satu ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *