Info Wisata

Belajar Budaya Jawa di Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu destinasi wisata yang mengandung budaya Jawa. Secara umum, pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang terdapat...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu merupakan salah satu destinasi wisata yang mengandung budaya Jawa. Secara umum, pengertian budaya adalah suatu cara hidup yang terdapat pada sekelompok manusia, yang berkembang dan diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi berikutnya.

Ada juga yang mengatakan bahwa arti budaya adalah suatu pola hidup yang tumbuh dan berkembang pada sekelompok manusia yang mengatur agar setiap individu mengerti apa yang harus dilakukan, dan untuk mengatur tingkah laku manusia dalam berinteraksi dengan manusia lainnya.

Museum Ullen Sentalu

Secara bahasa, kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu Buddhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata Buddhi dimana artinya adalah segala hal yang berhubungan dengan budi dan akal manusia. Dalam hal ini, budaya sangat berkaitan dengan bahasa atau cara berkomunikasi, kebiasaan di suatu daerah atau adat istiadat.

Budaya Menurut Para Ahli

Sebelum berkunjung ke Museum Ullen Sentalu, anda harus memahami apa arti budaya menurut beberapa ahli. Sehingga anda dapat menikmati waktu berkunjung anda ke museum budaya yang satu ini.

Koentjaraningrat

Koentjaraningrat menyatakan bahwa budaya adalah semua sistem ide, gagasan, rasa, tindakan, serta karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan bermasyarakat yang nantinya akan dijadikan klaim manusia dengan cara belajar.

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi

Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi menyatakan bahwa budaya adalah segala hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. Karya meliputi produk teknologi dan kebendaan lainnya, rasa meliputi jiwa manusia yang selaras dengan norma dan nilai sosial, sedangkan cipta meliputi kemampuan kognitif dan mental untuk mengamalkan apa yang diketahuinya.

Ralph Linton

Menurut Ralph Linton, pengertian budaya adalah segala pengetahuan, pola pikir, perilaku, ataupun sikap yang menjadi kebiasaan masyarakat dimana hal tersebut dimiliki serta diwariskan oleh para nenek moyang secara turun-temurun.

Edward Burnett Tylor

Edward Burnett Tylor berpendapat bahwa budaya merupakan perpaduan kompleks keseluruhan dari ilmu pengetahuan, kepercayaan, moral, kesenian, adat istiadat, hukum, dan lain sebagainya, serta diperoleh individu yang berperan sebagai anggota masyarakat.

Levi Strauss

Menurut Levi Strauss, pengertian budaya adalah suatu perwujudan komponen struktur sosial yang berasal dari alam pikiran manusia dan dilakukan secara berulang hingga membentuk kebiasaan.

Melville J. Herskovits

Melville J. Herskovits menjelaskan pengertian budaya menurutnya adalah produk manusia sebagai bagian dari lingkungannya. Makna yang terkandung dalam ungkapan Melville adalah manusia senantiasa berada di dalam suatu lingkungan dan menghasilkan produk berupa budaya.

Sedangkan untuk membentuk sebuah kebudayaan, budaya memiliki 7 unsur yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem religi, sistem mata pencaharian, sistem teknologi, sistem kemasyarakatan, dan kesenian. Bahasa meliputi bahasa lisan dan tulisan yang memiliki fungsi sebagai cara berinteraksi, dan merupakan salah satu tanda adanya budaya suatu peradaban.

Sistem pengetahuan meliputi pengetahuan mengenai berbagai hal seperti perilaku sosial, organ manusia, waktu, flora dan fauna, dan lain sebagainya. Sistem religi meliputi aliran kepercayaan atau agama yang dianut oleh masyarakat. Upacara atau tradisi kepercayaan termasuk kegiatan unsur kebudayaan dalam sistem religi.

Sistem mata pencaharian manusia meliputi metode manusia untuk bertahan hidup. Kegiatannya misalnya bercocok tanam, berdagang, bertani, dan lain sebagainya. Sistem teknologi manusia meliputi peralatan produksi, alat transportasi, proses distribusi, komunikasi, serta tempat-tempat untuk menyimpan beda dan atau manusia. Rumah, senjata, dan perkakas merupakan unsur kebudayaan yang diciptakan oleh peradaban manusia.

Sistem kemasyarakatan meliputi sistem keluarga, kekerabatan, komunitas, organisasi, hingga negara. Sejak lahir manusia telah menjadi bagian organisasi, yaitu keluarga dan terikat dalam kegiatan keagamaan. Kesenian meliputi berbagai bentuk seni, seperti seni musik, seni tari, seni lukis, sastra, arsitektural, dan lain-lain. Segala unsur budaya tersebut dapat anda nikmati dengan mengunjungi Museum Ullen Sentalu.

Budaya Jawa

Khusus anda yang menyukai budaya jawa, Museum Ullen Sentalu merupakan destinasi wisata terbaik yang patut dikunjungi. Kebudayaan Jawa merupakan hasil pemikiran orang Jawa yang dituangkan menjadi tradisi yang terus dipertahankan hingga saat ini. Kebudayaan Jawa terbagi menjadi tiga wilayah kebudayaan, yaitu Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Museum Ullen Sentalu

Kebudayaan Jawa tersebut meliputi banyak hal, contohnya rumah adat, lagu-lagu Jawa, alat musik tradisional, seni tradisi, dan sebagainya. Kebudayaan Jawa telah terkenal hingga mancanegara. Bahkan di beberapa negara, seperti Australia, Belanda, dan Amerika, kebudayaan Jawa seperti gamelan sangat terkenal, bahkan menjadi salah satu mata pelajaran/mata kuliah di beberapa sekolah dan universitas.

Kebudayaan Jawa ini sangat terkenal dan familiar yang tidak hanya karena keunikan dan keindahannya, namun juga karena mengandung nilai-nilai dan filosofi kehidupan manusia. Kebudayaan Jawa ini terbentuk dari pemikiran orang Jawa yang tersistem. Saat menjalani kehidupannya, orang dengan budaya Jawa selalu menerapkan filosofi budi luhur, etika, dan budi pekerti. Hal tersebut saling terkait dan sudah mendarah daging bagi orang jawa.

Budi luhur menjadi ideologi kejawen yang tertuang sebagai filosofi kehidupan orang Jawa dalam bertindak. Dalam kehidupan keseharian, budi luhur terwujud dalam budi pekerti. Budi pekerti merupakan etos kehidupan yang membentuk etika dalam kehidupan. Etika merupakan suatu perwujudan yang menunjukkan perilaku seseorang, apakah memiliki budi luhur ataukah tidak.

Budi luhur, budi pekerti, dan etika merupakan tiga hal yang saling terkait. Budi luhur merupakan pedoman tertinggi agar orang Jawa senantiasa berperilaku arif dalam kehidupannya.

Museum Ullen Sentalu

Ullen Sentalu merupakan singkatan dari sebuah kalimat filsuf, ulating blencong sejatine tataraning lumaku yang artinya nyala lampu blencong merupakan petunjuk manusia dalam melangkah dan meniti kehidupan. Filosofi tersebut diambil dari sebuah lampu minyak yang biasa dipergunakan saat pertunjukan wayang kulit.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu ini selalu dikenal dengan sebutan museum unik. Yang menjadi alasan keunikannya adalah museum ini tidak menampilkan bangunan cagar budaya yang terbilang kuno sebagai tempat untuk memajang barang koleksi, tapi memakai bangunan baru yang berada di daerah Kaliurang, Lereng Gunung Merapi.

Museum Ullen Sentalu ini bertempat di Yogyakarta yang dikelola oleh Yayasan Ulating Blencong. Di museum kebudayaan ini, Anda tidak akan menemukan label-label yang bertuliskan penjelasan tentang koleksi yang ditampilkan. Hal tersebut menjadi ciri khas tersendiri bagi Museum Ullen Sentalu. Semua penjelasan dan cerita mengenai segala yang ada di sana disampaikan langsung oleh pemandu museum.

Museum Ullen Sentalu

Mendengarkan cerita langsung dari pemandu menambah keseruan museum ini, dari pada harus membaca tulisan yang tidak bernada. Bahkan di museum ini setiap pemandu harus belajar terlebih dahulu tentang sejarah masa lalu, khususnya yang berkaitan dengan barang-barang di museum tersebut. Jadi jangan khawatir, karena informasi yang akan Anda dapatkan di museum ini tidak setengah-setengah. Di beberapa ruangnya juga terdapat barang peninggalan dari zaman Mataram.

Museum Ullen Sentalu

Museum yang mempunyai banyak koleksi peninggalan Kerajaan Mataram ini diresmikan pada tahun 1997. Ruang Sasana Sekar Bawana yang merupakan salah satu ruangan museum ini berisi lukisan Raja Mataram dan juga Ruang Guwa Sela Giri memamerkan karya lukisan dokumentasi tokoh-tokoh dari Dinasti Mataram. Di museum ini, Anda juga akan dengan mudah melihat berbagai lukisan, alat musik tradisional, kumpulan foto, arsip surat, hingga kain-kain batik yang tersimpan dengan sangat rapi dan tertata secara harmonis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *