Info Wisata

Basah-basahan Seru di Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Kembang Soka Kulon Progo – Padatnya aktivitas kota kerap menjadi sebab kepenatan bagi sebagian orang. Belum lagi udara panas di perkotaan rasanya...

Written by Bambang Winarso · 3 min read >
Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Kembang Soka Kulon Progo – Padatnya aktivitas kota kerap menjadi sebab kepenatan bagi sebagian orang. Belum lagi udara panas di perkotaan rasanya membuat siapapun tak ingin berlama-lama di luar. Menghadapi kejenuhan itu suasana pegunungan menjadi tempat yang diidam-idamkan untuk sejenak menjernihkan hati dan pikiran. Akan semakin asyik jika pegunungan yang ingin disinggahi memiliki pemandian alami dengan air yang segar langsung dari sumbernya. Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo merupakan salah satu destinasi yang layak jadi pilihan tempat melarikan diri dari padatnya aktivitas kota.

Air Terjun Kembang Soka berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jika bertolak dari Tugu Jogja, jarak tempuhnya sekitar 32 kilometer atau kurang lebih satu jam dengan rute lurus ke arah barat. Tempat wisata yang satu desa dengan wisata Taman Air Sungai Mudal ini berada di kawasan perbukitan, sehingga jangan heran jika selama perjalanan menuju ke sana Anda akan menempuh jalan menanjak dan berkelok.

Kesejukan di Air Terjun Kebambang Soka begitu terasa alami. Kesejukan ini bahkan bisa dirasakan jauh sebelum Anda sampai ke lokasi air terjunnya. Terletak di lembah sungai hamparan Perbukitan Menoreh, untuk sampai ke air terjun pengunjung harus berjalan sejauh 200 meter. Tak jauh dari lokasi air terjun, Anda bisa menuju ke kolam pertama yang berasal dari pancuran Jaran. Selanjutnya Anda bisa lanjutkan perjalanan ke arah dasar lembah. Selama perjalanan menuju dasar lembah Anda akan menjumpai jembatan kayu yang melintas tepat di depan air terjun. Sumber aliran air terjun yang pertama ini berasal dari Sungai Mudal yang berposisi di area atasnya.

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Ada lagi air terjun terusan dari aliran sebelumnya dengan ukuran cukup besar. Alirannya mengalir ke kolam besar di bawahnya yang merupakan ujung dari jembatan kayu. Kolam besar ini tidak hanya berasal dari satu aliran air terjun saja, terdapat juga air terjun lain di sisi barat kolam yaitu Kali Miri. Udara yang sejuk dan segar bisa Anda nikmati sepuasnya di sini. Anda pun bisa mencoba nyebur ke dalam kolam untuk melampiaskan penatnya suasana kota. Dijamin kepenatan itu mendadak hilang dan terlupakan.

Suasana pegunungan yang segar di Air Terjun Kembang Soka memang menjadi sasaran yang tepat untuk sejenak mendamaikan pikiran. Terlebih jika Anda berenang di Kolam Air Terjun Kembang Soka ini. Rasanya segala permasalahan hidup hilang terbawa aliran air. Suasana di kolam ini begitu alami. Konsep back to nature memang sengaja diterapkan pengelola dalam menata kawasan Air Terjun Kembang Soka. Jembatan kayu menjadi pembangunan paling kentara di kawasan ini. Konstruksi beton hanya terlihat dibeberapa bangunan saja yakni tangga turun, tanggul, warung makan, dan toilet.

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Jika Anda termasuk pecinta keasrian alam yang sejuk dan tenang, destinasi ini sangatlah cocok masuk daftar utama kunjungan. Selain jauh dari kebisingan kota, tempat wisata ini masih belum begitu ramai dikunjungi banyak orang bahkan di akhir pekan. Pengunjung yang datang kebanyakan merupakan turis asing yang kebetulan sedang berada di Yogyakarta.

Pemberian nama Kembang Soka untuk kawasan air terjun ini karena dulunya banyak pohon soka yang tumbuh di daerah ini. Akhirnya nama bunga pohon soka dipilih masyarakat untuk menamai tempat wisata ini. Fasilitas penunjang wisata di sini sudah cukup lengkap dan tidak mengurangi nuansa alaminya. Warung makan, toilet kamar mandi, dan mushola dibangun dengan standar kelayakan yang memadai untuk para pengunjung. Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 7.000 sampai Rp 10.000 saja anda sudah bisa menikmati suasana alam yang segar dan alami di Air Terjun Kembang Soka. Masyarakat setempat nantinya akan menggunakan dana yang terkumpul dari penjualan tiket untuk mengelola dan mengembangkan kawasan ini secara swadaya.

Mitos Air Terjun Kembang Soka

Pada awalnya peresmian, tempat wisata yang dibuka sekitar tahun 2015 ini hanya menggunakan tarif sukarela untuk membantu biaya retribusi wisata. Namun seiring dengan mulai ramainya pengunjung, pengelola setempat akhirnya berinisiatif untuk membangun akses jalan untuk mempermudah pengunjung dengan membuat standar harga tiket masuk.

Tak lengkap rasanya jika membahas Air Terjun Kembang Soka tanpa membahas mitosnya. Jika berbicara hal mistik, Air Terjun Kembang Soka juga ternyata memiliki kisah mitos yang beredar sejak lama. Masyarakat setempat meyakini dulunya terdapat sebuah kerajaan gaib di dekat air terjun. Di tempat itulah banyak orang datang untuk mencari “ilmu”. Selain itu ada pula yang menyebutkan bahwa dulunya Air Terjun Kembang Soka disinggahi oleh seorang petapa yang memiliki kemampuan indra ke-6. Diantara mitos-mitos yang beredar, yang paling menarik adalah mitos tentang tetesan air awet muda yang mengalir dari pohon kembang sekar. Air tersebut diyakini sebagai mata air yang dapat memberikan keberuntungan dan umur panjang bagi siapapun yang meminumnya.

Menjaga Keasrian Air Terjun Kembang Soka

Di zaman modern yang serba canggih ini, kemajuan teknologi semakin tak terbendung, terutama dalam hal mengabadikan momen-momen terbaik saat mengunjungi tempat wisata. Air Terjun Kembang Soka salah satu tempat wisata yang mulai ramai dikunjungi akibat “korban teknologi”. Berawal dari keisengan salah satu pengunjung yang mengunggah potret keindahan alam Air Terjun Kembang Soka ke media sosial pada akhirnya tempat wisata ini makin lama makin ramai dikunjungi.

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Menyikapi hal tersebut semua pihak perlu mawas diri dalam menjaga keasrian Air Terjun Kembang Soka sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan. Tata kelola dan pengembangan yang sudah dilakukan dengan baik oleh warga setempat harus diselaraskan dengan kedewasaan sikap pengunjung dalam menjaga kebersihan dan keasrian wisata Air Terjun Kembang Soka. Hal-hal sekecil apapun akan sangat bermanfaat bagi kita semua dalam upaya merawat bersama kebersihan dan keasrian wisata Air Terjun Kembang Soka.  Misal, pengunjung yang datang bisa membawa kantong sampah sendiri agar tidak membuang sampah sembarangan. Usaha lainnya adalah dengan tidak membawa bahan-bahan atau properti yang mengandung banyak bahan kimia ketika ingin mengambil foto.

Cukuplah kejadian di wisata Taman Amaryllis menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa keasrian alam menjadi hal yang penting untuk dijaga bersama. Masih kita ingat bagaimana tempat wisata yang berlokasi di Kecamatan Patuk, Gunungkidul, Yogyakarta itu rusak akibat oknum-oknum pengunjung yang mengambil foto selfie seenaknya bahkan ada yang sampai menginjak-injak bunga dengan nekat memasuki bagian tengah perkebunan. Padahal, papan peringatan telah dipasang.

Air Terjun Kembang Soka Kulon Progo

Air Terjun Kembang Soka telah dianugerahkan Tuhan kepada kita untuk kita syukuri, nikmati, dan kita rawat bersama. Beranilah menegur siapapun atau tindakan apapun yang berpotensi menyebabkan hilangnya keasrian lingkungan Air Terjun Kembang Soka. Begitupun dengan tempat wisata lainnya. Bagaimanapun anak cucu kita sangat berhak menikmati indahanya keanekaragaman pesona alam yang ada di “surga kecil” bernama Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *