Info Wisata

9 Curug Bandung yang Mempesona

Info Wisata – Disini saya kembali mebahas mengenai Air Terjun di Bandung yang mempesona dan membuat anda para pengunjung akan tercengang. 1.Curug...

Written by Rachmad · 2 min read >
Curug Tilu Leuwi Opat

Info Wisata – Disini saya kembali mebahas mengenai Air Terjun di Bandung yang mempesona dan membuat anda para pengunjung akan tercengang.

1.Curug Cimahi

Curug Cimahi
Curug Cimahi

Air terjun ini berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Curug Cimahi ini sring dikunjungi oleh pengunjung yang cinta dengan wisata alam yang romantis dan bahkan eksotis. Di bagian bekalang air terjun yang memiliki ketinggian hampir 87 meter ini, telah dipasang instalasi lampu penerang yang berwarna-warni di bagian belakang dindingnya. Sehingga air terjun ini terlihat seperti pelangi. Oleh karena itu, curug ini lebih dikenal dengan nama Air Terjun Pelangi atau The Rainbow Waterfall.

 

2.Curug Dago

Curug Dago Bandung
Curug Dago Bandung

Curug Dago ini beralamat di Kampung Curug Dago, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Bandung Utara, Jawa Barat. Objek wisata ini berdekatan dengan objek wisata yang sangat fenomel yaitu Tebing Keraton. Harga tiket untuk masuk ke kawasan objek wisata ini yang terbaru saat ini adalah Rp. 5.000 per orang, dengan jam operasional dimulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

3.Curug Malela

Curug Malela
Source: idntimes.com

Lokasi Curug Malela ini berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Curug ini memiliki lebar 70 meter dengan ketinggian 60 meter, sehingga crug ini memiliki julukan “Niagara Mini” nya Indonesia. Sebuah bendungan besar yang terdapat di curug ini sebagai akibat dari letusan Gunung Purba Bandung di sebelah Selatan yang telah diyakini sudah berusia 5 hingga 10 tahun.

Baca jugaTips Persiapan Berwisata Liburan

4.Curug Maribaya

Curug Maribaya
Source: jejaktraveler.com

Keindahan Curug Maribaya ini adalah keindahan dari dinding-dinding pada tebing di sekitar air terjun ini yang terlihat kokoh berdiri tegak, membuat siapapun yang melihatnya akan tercengang terkagum-kagum. Harga tiket masuk Curug Maribaya ini hanya sebesar Rp. 10.000 per orang dengan jam operasional setiap Senin – Minggu, mulai dari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

5.Curug Cinulang

Curug Cinulang
Curug Cinulang

Keindahan dari Curug Cinulang ini adalah sensasi dalam menikmati keindahan alam di sekitar curug ini yang masih sangat alami, bersih, dan sejuk sekali. Untuk masuk ke kawasan curug ini, anda cukup membayar tiketnya yang seharga Rp. 5.000 per orang serta tarif parkir Rp. 3.000 (motor) dan Rp 5.000 (mobil). Jam operasional curug ini adalah setiap hari Senin – Minggu pada pukul 08.00 – 17.00 WIB.

 

6.Curug Siliwangi

Curug Siliwangi Bandung
Curug Siliwangi Bandung

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini, konon terjadi ketika ada seorang anak kecil yang ditenggarai Prabu Siliwangi buang air kecil dari atas Gunung Reregan. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa tempat ini mengandung tuah dan khasiat yang sangat bermanfaat bagi orang yang menggunakannya, sehingga tempat ini diyakini sebagai lokasi yang sangat keramat dibandingkan dengan lokasi-lokasi lain di sekitar sini.

 

7.Curug Jompong

Curug Jompong
Curug Jompong

Tempat ini merupakan salah satu tempat yang dipercaya sebagai lokasi bukti mengenai sejarah dari tempat bobolnya danau bandung purba. Di lokasi curug ini pernah ditemukan Garnet, yaitu sebuah batu mulia yang memiliki nilai sejarah yang berarti bagi rangkaian sejarah Kota Bandung berdasarkan buku sejarah The Geology Indonesia yang merupakan karya dari Van Bemmelen.

 

8.Curug Panganten

Curug Panganten Bandung
Curug Panganten Bandung

Pada awalnya curug ini bernama Curug Manglayang namun berdasarkan pada mitos dan kepercayaan masyarakat sekitar, setelah adanya kejadian sepasang penganten yang mati bunuh diri di lokasi ini, maka nama curug ini pun diganti dengan Curug Penganten. Curug ini memiliki 2 buah curug yang berdampingan layaknya pasangan. Curug utama yaitu curug yang memiliki ukuran besar dengan airnya yang deras, sedangkan curug yang satunya memiliki ukuran dan airnya yang lebih kecil dibandingkan dengan curug utama tadi.

 

9.Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat
Curug Tilu Leuwi Opat

Pesona keindahan, tempat yang tenang dan bahkan nyaman yang berada di sekitar curug ini menjadi daya tarik para wisatawan untuk mengunjungi curug ini. Di tempat ini anda dapat menikmati fasilitas yang disediakan disini seperti Camping Graound, Outbound, Arung Jeram, Wisata Edukasi alam dan Geologi, Wisata Apotek Hidup, Panjat Tebing, Fun Games Paint Ball, dan masih banyak fasilitas lainnya yang dapat anda nikmati di tempat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *