Info Wisata

6 Tempat Wisata di Jogja Yang Bisa Dikunjungi Wisatawan

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kamu  untuk berkeliling kota jogja, mungkin bagi yang tinggal di kota yogyakarta sudah tidak...

Written by Irfan · 3 min read >
Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan

Nah pada kesempatan kali ini saya akan mengajak kamu  untuk berkeliling kota jogja, mungkin bagi yang tinggal di kota yogyakarta sudah tidak awam lagi dengan tempat-tempat wisata yang ada didaerahnya dari lahir tinggal di kota jogja jadi kegitan aktivitas pun di kota jogja dan melihat pemandangan atau wisata tempat di jogja.

Tetapi jangan khawatir bagi kamu  yang tidak mengetahui tempat-tempat wisata di daerah jogja saya akan memberitahukannya, mungkin kamu  berkunjung ke artikel ini akan berlibur ke kota jogja ini. tempat wisata yang paling popular di daerah jogja yaitu candi Prambanan karena banyak turis mancanegara sudah mengenal tempat wisata sejarah ini. Ayoo saatnya kamu  bersiap-siap berkeliling ke kota istimewa ini yaitu jogjakarta.

1.Tempat Wisata Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

Tempat Wisata Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal

Mungkin bagi kamu  yang gemar ke pantai kamu  bisa berkunjung ke Pantai Pok Tunggal karena disini tempatnya berpasir putih dan memiliki pemandangan yang indah cocok untuk kamu  yang gemar berfoto atau selfie. Tempat wisata Pantai Berpasir Putih Pok Tunggal ini juga dapat digunakan untuk bermain olahraga seperti Volly karena memiliki tempat yang cukup luas juga untuk berolahraga Volly.

Dipantai ini kamu  juga bisa menyaksikan Matahari Terbit (sunrise) tetapi kamu  harus datang pagi-pagi ke pantai ini bila  ingin menyaksikan sunrise, selain itu kamu  juga bisa menyaksikan Matahari Terbenam (Sunset) Kamu  bisa datang sore hari atau sekitar jam 5 sore untuk menikmati matahri terbenam.

Bagi kamu  yang ingin sengaja menginap dipantai ini, bisa kok! Sebab tenda dipantai ini sudah disediakan oleh pihak pengelola pantai ini karena pihak pengelola pantai Pok Tunggal sengaja membangun tenda bertujuan untuk para wisatawan supaya bisa merasakan malam hari dipantai ini. Tetapi kamu  harus merogoh uang sebesar Rp60.000. Harga tiket masuk untuk datang ke pantai Pok Tunggal sebesar Rp10.000 dan juga kamu  ingin menyewa payung sebesar Rp20.000, dipantai ini juga ada Mushola untuk beribadah.

2.Tempat Wisata Candi Prambanan di Jogja

Tempat Wisata Candi Prambanan di Jogja

Tempat wisata selanjutnya yaitu candi prambanan, inilah tempat wisata yang paling populer di indonesia bahkan para wisatawan asing pun sudah mengenal tempat wisata ini.  Tempat wisata Candi Prambanan adalah salah satu kompleks candi yang poopdi Indonesia dan ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991 selain Candi Borobudur. Tidak sama dengan Candi Borobudur yang merupakan candi Buddha, Candi Prambanan ialah  sebuah kompleks candi Hindu.

Bila  kamu  berkunjung ke candi prambanan kamu  akan merasakan suasana seperti dijaman dahulu karena bangunan candi ini terbuat dari batu yang keras dan tanpa teknologi canggih untuk membangun candi ini. benar sekali jaman daulu kan tidak ada teknologi canggih jadi tidak mungkin dibangun dengan teknologi canggih.

Lokasi dari candi prambanan memang mudah untuk diakses untuk berkunjung kamu  bisa menggunakan kendaraan seperti mobil untuk perjalanan dari arah jogja sejauh kurang lebih 30 km ke arah timur laut untuk menempuh kurang lebih 25 menit. untuk tiket masuk sebesar Rp30.000 untuk orang dewasa untuk anak-anak sekitar Rp12.500.

3.Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan

Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan

Selain Tempat wisata diatas ada juga tempat wisata alam di jogja yang membuat kamu  kagum dengan pemandangannya yaitu Kebun Buah Mangunan temnpat wisata ini berada di tempat perbukitan yang cukup tinggi kamu  bisa melihat pemandangan indah sungai dari ketinggian.

Untuk Lokasi kebun buah mangunan berada di daerah kecamatan Dlingo kabupaten Bantul, dari pusat kabupaten bantul sekitar 15 km untuk dari pusat kota jogja sekitaran 34 km, Agrowisata ini dibangun di atas area seluas 23,34 hektar pada tahun 2003 oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Lokasi ini berada di wilayah perbukitan kaki Pegunungan Seribu dengan ketinggian 150-200m di atas permukaan laut.  Kayaknya hanya satu dengan tarif Rp. 300.000,- per malam. Jadi bila  Kamu  ingin berhemat dan bisa leluasa memilih, sebaiknya mencari penginapan yang berada di Bantul kota saja.

4.Tempat Wisata Pantai Nglambor

Tempat Wisata Pantai Nglambor

Disini pasti ada yang suka Travelling ke tempat-tempat laut, jangan lupa kamu  harus datang ke Pantai Nglambor Gunung Kidul yang bisa dijadikan destinasi favorit untuk snorkeling ria. Walaupun berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, Pantai Nglambor ini menjadi satu-satunya pantai dengan ombak yang tenang dan berair dangkal, di antara pantai-pantai di pesisir selatan Jogja yang tergolong ganas.

Untuk bisa sampai ke tepi pantai nglambor, Kamu  harus berjalan kaki melewati pohon pandan laut dan lading kacang setelah memarkir kendaraan Kamu  di tepi jalan. Barangkali karena tempatnya yang agak tersembunyi, pantai ini belum dikunjungi banyak orang.

Mungkin kamu  juga bisa mengajak Keluarga atau Teman ke pantai ini. Sebab disini dapat menikmati indahnya pasir putih dan berenang di pantai dengan perairan dangkal dan jernih ini. Hanya dengan membayar Rp 50.000, Kamu  sudah mampu menyewa satu paket snorkeling kit seperti masker, snorkel, sepatu karet, hingga jepretan di bawah air sebanyak tiga kali untuk pengalaman yang tak terlupakan.

5.Tempat Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja

Tempat Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Jogja

Tempat wisata Gunung Nglanggeran berlokasi di wilayah Baturagung di bagian utara Kabupaten Gunungkidul dengan ketinggian antara 200-700 mdpl, tepatnya di desa Nglanggeran Kecamatan Patuk. Wilayah ini adalah wilayah yang litologinya disusun oleh material vulkanik tua dan bentang alamnya memiliki keindahan dan secara geologi sangat unik dan bernilai ilmiah tinggi.

Untuk akses menuju lokasi boleh dibilang mudah, tetapi kamu  sekalipun harus ekstra waspada karena ada tanjakan tajam selepas Sampang. Mobil bisa melalui kedua akses ini tanpa banyak hambatan, namun bus besar tidak mungkin karena badan jalan boleh dibilang tidak memadai terutama kalau harus melalui tikungan tajam. Harga tiket masuk gunung Nglangeran sebesar Rp.7.000 untuk sore, dan Rp.9.000 untuk malam hari. Dan harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

6.Tempat Wisata Goa Pindul

Tempat Wisata Goa Pindul

Tempat wisata selanjutnya yaitu Goa Pindul, Goa Pindul ialah tempat wisata berupa gua yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Tempat wisata Goa Pindul ini sering digunakan untuk  kegiatan cave tubing yaitu suatu kegiatan untuk cara menyusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung di atas aliran sungai bawah tanah di dalam gua.

Aliran sungai bawah tanah dimulai dari mulut gua sampai bagian akhir gua, di dalam gua terdapat bagian sempit yang hanya bisa dilewati satu ban pelampung, sehingga biasanya wisatawan akan bergantian satu per satu untuk melewati bagian ini.

Tempat wisata Goa Pindul dapat dicapai dari kota Yogyakarta menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil melewati jalan Wonosari, lokasinya sekitar 7 km ke arah utara kota Wonosari, setelah memasuki Desa Bejiharjo, perjalanan dilanjutkan mengikuti jalan aspal. Lokasi sekretariat Gua Pindul berada di ujung jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *