Info Wisata

10 Tempat Wisata terbaik di Jepang yang wajib dikunjungi

Jepang benar-benar negara dengan segala keunikan yang tak ada habisnya. Anda bisa menghabiskan waktu seumur hidup menjelajahi negara ini. Setaip daerah memiliki...

Written by Rachmad · 3 min read >
tempat wisata jepang hitsujiyama

Jepang benar-benar negara dengan segala keunikan yang tak ada habisnya. Anda bisa menghabiskan waktu seumur hidup menjelajahi negara ini. Setaip daerah memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri. Berbagai jenis wisata bisa kita temukan di Jepang, Mulai dari wisata belanja di kota yang sangat modern, Wisata budaya dan sejarah yang unik dan juga wisata pemandangan desa yang sangat indah. Berikut adalah 10 Tempat Wisata terbaik di Jepang yang wajib dikunjungi.

1. Shibuya

tempat wisata jepang shibuya

“Scramble Crossing” penyebrangan jalan paling terkenal di dunia yang berlokasi dekat Stasiun kereta api Shibuya adalah salah satu tempat yang paling ikonik di Tokyo. Pada hari kerja, persimpangan yang ramai ini memiliki tingkat lalu lintas pejalan kaki sekitar 2,8 juta orang per hari. Jika Anda ingin mencoba berfoto selfie sempurna di penyeberangan yang sangat ramai ini, pastikan anda sudah berada di sebrang pada saat sinyal lalu lintas berubah menjadi merah.

Selain penyeberangan Shibuya yang memukau, banyak merek pakaian paling keren di Tokyo dapat ditemukan di daerah ini. Beberapa toko mode mutakhir terletak di sekitar Centre Gai Street. Pusat perbelanjaan Shibuya 109 yang terkenal adalah tempat legendaris yang lokasinya hanya beberapa menit dari stasiun kereta api.

2. Taman Ueno

tempat wisata jepang taman ueno

Jika perjalanan Anda hanya berupa kunjungan singkat di Jepang, kemungkinan tidak ada tempat yang lebih baik untuk dikunjungi daripada Taman Ueno. Daerah ini menawarkan banyak atraksi yang memungkinkan pengunjung untuk melihat banyak pesona unik negara ini dalam satu tempat. Selain itu, ada pasar belanja yang ramai untuk dikunjungi bernama Ameya Yokocho yang merupakan sisa-sisa pasar gelap kuno.

Terakhir, jika Anda suka destinasi wisata sejarah, cobalah mengunjungi daerah Yanaka berada di dekat situ. Daerah ini adalah salah satu dari sedikit yang selamat dari kerusakan akibat Perang Dunia II dan merupakan gerbang otentik ke masa lalu budaya dan sejarah Tokyo.

3. Nikko

tempat wisata jepang nikko

Terletak di pegunungan Prefektur Tochigi, Nikko adalah salah satu tempat budaya paling penting di Jepang timur. Daya tarik utama kota ini adalah Kuil Toshogu di mana Tokugawa Ieyasu, pendiri legendaris keshogunan Tokugawa, diabadikan. Nikko juga memiliki beberapa tempat mempesona lainnya seperti Futarasan Shrine dan Kanmangafuchi Abyss yang tidak boleh dilewatkan.

Pastikan juga mengunjungi Edo Wonderland di dekatnya. Taman hiburan ini dibuat untuk membawa pengunjung kembali ratusan tahun ke era abad pertengahan Jepang.

4. Taman Hitsujiyama

tempat wisata jepang hitsujiyama

Jepang dikenal dengan bunga sakura sehingga mengunjungi Jepang selama musim bunga sakura adalah keharusan mutlak. Kunjungi Taman Hitsujiyama untuk shibazakura yang indah yang diterjemahkan sebagai ‘bunga sakura rumput’.

Dari akhir April hingga awal Mei, pergilah ke Bukit Shibazakura di Taman Hitsujiyama. Dengan lebih dari 400.000 pohon dari sembilan varietas berbeda, merupakan hamparan yang sempurna dari warna merah muda, merah, putih dan ungu, dengan latar belakang Gunung Buko yang besar. Untuk beberapa inspirasi foto Instagram yang keren, coba abadikan Festival Chichibu Shibazakura di taman, di mana kelopak bunga diatur dalam bentuk seperti pusaran yang luar biasa.

5. Hakone

tempat wisata jepang hakone

Hakone adalah tujuan populer dengan pemandangan gunung Fuji, jika cuaca mendukung Anda. Meskipun terkenal dengan sumber mata air panasnya, Hakone memiliki banyak hal yang ditawarkan ketika datang ke rekreasi.
Cobalah untuk melakukan tur lubang belerang Hakone yang mendidih dari kereta gantung, merambah Danau Ashi di kapal bajak laut, atau menikmati pemandangan gunung saat naik kereta gantung. Area aktif vulkanis di sekitar Taman Nasional Fuji-Hakone-Izu terkenal dengan sumber mata air panas dan pemandangan Gunung Fuji.

6.Gunung Fuji

tempat wisata jepang gunung fuji

Dalam beberapa tahun terakhir, gunung berapi aktif terbesar di Jepang telah menarik banyak pengunjung dari seluruh dunia. Setiap musim panas, adalah Musim pendakian Gunung Fuji yang secara resmi dimulai pada awal Juli dan berlangsung hingga pertengahan September. Selama musim yang singkat ini, ada sedikit salju yang turun di gunung dan cuacanya cenderung cukup ringan.
Jika Anda berencana untuk mencoba pendakian Gunung Fuji, silakan lakukan riset terlebih dahulu dan periksa dengan jujur tentang kesehatan, kondisi, dan kemampuan fisik Anda. Jangan sampai liburan anda rusak karena harus dievakuasi karena masalah kesehatan.

7. Wisata Desa Shirakawago

tempat wisata jepang desa shirakawago

Shirakawago adalah sebuah desa kecil di salah satu dari banyak lembah di prefektur Gifu. Situs ini terkenal karena bangunan “gassho-zukuri” buatan tangan yang menakjubkan. Shirakawago memiliki banyak salju selama bulan-bulan musim dingin dan tempat tinggal ini secara khusus dirancang untuk menghindari hujan salju lebat. Jika Anda ingin melihat sekilas seperti apa kehidupan tradisional di Jepang dulu, ada beberapa tempat yang lebih baik daripada Shirakawago.

8. Lembah Kiso

tempat wisata jepang lembah kiso

Lembah Kiso terletak jauh dari jalur jalan raya utama dari Tokyo ke Kyoto, Nakasendo. Saat ini, sebagian besar jalan lama dilestarikan dan memberikan petualangan hiking yang menantang. Selain itu, kota-kota terdepan Magome dan Tsumago telah berusaha keras untuk menciptakan kembali lingkungan yang memungkinkan seseorang untuk membayangkan dan mengalami kehidupan selama abad pertengahan. Jika Anda suka kegiatan luar ruangan, kegiatan ini adalah suatu keharusan

9. Kyoto Timur

tempat wisata jepang kyoto timur

Kyoto terus menjadi semakin ramai hari ini. Namun demikian, Kyoto tetap menjadi tempat terbaik untuk dikunjungi di Jepang untuk wisata budaya. Ada terlalu banyak hal yang wajib dikunjungi di kota ini. Untungnya ada banyak atraksi utama tersebar di sepanjang dinding lembah timur. Sebagai titik awal, pertimbangkan berkunjung ke Gion untuk melihat Geisha yang langka dan kemudian mengunjungi kuil Kiyomizu-dera.

Anda juga tidak dapat melewatkan Fushimi Inari Taisha yang legendaris. Kuil Shinto ini telah menjadi ikon Kyoto dalam beberapa tahun terakhir. Pastikan untuk berangkat lebih awal di pagi hari untuk menghindari keramaian.

10. Osaka

tempat wisata jepang osaka

Dotonbori dan pusat perbelanjaan Shinsaibashi di dekatnya adalah dua area perbelanjaan utama di Osaka selatan. Ada banyak makanan jalanan yang fenomenal dan hal-hal menyenangkan lainnya yang dapat dilakukan di daerah ini. Banyak yang menganggapnya suatu keharusan untuk datang ke sana jika Anda mengunjungi Osaka. Pastikan untuk melihat tanda Glico yang menghadap jembatan. Ini adalah landmark dan simbol utama wilayah Dotonbori.

Tennoji adalah area utama lainnya di Osaka dan mengambil namanya dari kuil Shitenno-ji yang populer yang artinya Kuil Empat Raja Langit. Selain objek wisata populer ini, daerah ini juga merupakan rumah bagi gedung pencakar langit seperti gedung Abeno Harukas setinggi 300 meter. Jika Anda penggemar pemandangan kota di ketinggian, tidak ada tempat yang lebih baik di seluruh Jepang!

Demikianlah artikel mengenai 10 Tempat Wisata terbaik di Jepang yang wajib dikunjungi, semoga bisa menjadi referensi anda sebelum berkunjung ke negara Jepang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *