Info Sehat

Syarat Diet Yang Sehat Untuk Anak-anak

Syarat Diet Yang Sehat Untuk Anak-anak – Diet Yang Sehat Untuk Anak harus terdiri dari rekomendasi yang sama seperti apa yang orang...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Syarat Diet Yang Sehat Untuk Anak-anak

Syarat Diet Yang Sehat Untuk Anak-anakDiet Yang Sehat Untuk Anak harus terdiri dari rekomendasi yang sama seperti apa yang orang dewasa dapatkan. Meskipun anak-anak tidak mengkonsumsi banyak kalori, namun nutrisi yang tepat akan membantu tubuh mereka yang sedang berkembang supaya tetap sehat. Diet sehat harus terdiri dari kandungan seimbang protein, karbohidrat kompleks, dan lemak yang sehat. Pembatasan jumlah gula dan makanan cepat saji sangat disarankan untuk mencegah kenaikan kadar gula serta penumpukan lemak.

Beberapa komponen penting yang perlu Anda berikan adalah :

  • Bagian utama dari Diet Yang Sehat Untuk Anak Anda adalah adanya kandungan protein yang sangat penting untuk tulang dan pembentukan sel-sel otot.

Misalnya : daging ayam, kalkun, bebek, dan ikan yang menyediakan kandungan asam amino yang tinggi untuk pertumbuhan. Dgn cara penyajian yang tepat, anak Anda akan menyukainya. Seperti sandwich ataupun gorengan untuk sarapan, kebanyakan anak-anak menyukai telur yang juga mengandung protein yang tinggi.

  • Pada umumnya kalsium diperoleh anak dari susu ataupun produk yang berbahan dasar susu. Kalsium sangat penting dalam pembentukan struktur tulang. Berdasarkan penelitian, meminum susu akan membantu mencegah keropos tulang dan pengapuran serta mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada tulang. Keju rendah lemak dan sekotak susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk anak.
  • Kebanyakan anak-anak menyukai gula dan kudapan, namun sangat penting jika jenis cemilan yang mereka konsumsi kaya akan serat. Beberapa cemilan seperti kentang goreng mempunyai nilai kalori yang tinggi namum mengandung nilai nutrisi yang rendah.

Apa cemilan yang terbaik..?

Tentu saja buah dan sayur yang merupakan cemilan terbaik bagi anak Anda karena mengandung banyak vitamin, serat dan antioksidan. Penyajian yang baik akan membuat anak Anda menyukai cemilan ini, apel potong, irisan jeruk dan anggur merupakan pilihan yang tepat. Begitu juga dgn sayuran, Anda bisa memberikan seledri, wortel atau mentimun yang merupakan permulaan yang baik untuk mengenalkan sayuran pada anak Anda.

Ketika mereka telah terbiasa dgn sayuran tersebut, akan mudah bagi mereka untuk mencoba jenis sayuran yang berbeda. Untuk buah, usahakan memberikan buah dgn kulit yang lunak, karena jenis ini kaya akan serat. Anak-anak harus di arahkan untuk mengkonsumsi buah dan sayuran 3 atau 4 porsi setiap hari.

Mengkonsumsi lemak yang sehat akan berakibat baik bagi diet anak Anda. Lemak sehat sangat penting dalam membentuk dan memproduksi hormon termasuk testosteron. Lemak juga membantu tubuh dalam menyerap beberapa Vitamin ( A, D, E, K ). Lemak yang baik bisa didapatkan dari selai kacang, minyak zaitun, ikan dll. Jadi hilangkan anggapan Anda bahwa semua lemak itu buruk dan harus dihindari.

Demikianlah tadi beberapa syarat Diet Yang Sehat Untuk Anak, Semoga dapat menjadi referensi dan menambah wawasan kita para orangtua dalam upaya memberikan yang terbaik untuk buah hati kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *