Info Sehat

Segudang Manfaat Jahe Merah, Salah Satunya Mencegah Penuaan Dini

Tentu kamu tahu, salah satu manfaat jahe merah adalah untuk menghangatkan badan. Tapi tahukan kamu? Masih banyak manfaat lain yang bisa kita...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >

Tentu kamu tahu, salah satu manfaat jahe merah adalah untuk menghangatkan badan. Tapi tahukan kamu? Masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi jahe merah. Berikut ini mari kita simak berbagai manfaatnya.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

manfaat-jahe-merah

Jahe merah ternyata menyimpan banyak khasiat untuk kesehatan tubuh kita. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1.     Meredakan Sakit Tenggorokan dan Batuk

Jahe merah bisa kamu jadikan pereda sakit tenggorokan ataupun batuk. Jahe merah mengandung Flavonoid yang bersifat antiradang yang dapat meredakan sakit tenggorokan yang kamu alami.

2.     Meredakan Sesak Napas atau Asma

Minyak Astsiri yang terkandung dalam jahe merah juga dapat melegakan saluran pernapasan. Rebusan air jahe merah yang diminum selagi hangat dapat meredakan sesak napas atau asma

3.     Mengatasi Asam Urat

Efek antiradang pada jahe merah bisa meredakan sakit sendi yang disebabkan oleh asam urat. Untuk mengonsumsinya, kamu perlu merebus jahe merah yang dicampur dengan tanaman obat lainnya, seperti kumis kucing, temu lawak, cabai jawa, serta komfrey.

4.     Menurunkan Kolesterol

Lemak jahat penyebab kolesterol tinggi akan teratasi dan peredaran darah kamu bisa kembali lancar. Dengan begini kamu juga bisa terhindar dari penyakit jantung.

5.     Meredakan Sakit Kepala

Sakit kepala yang kerap datang memang bisa mengganggu kegiatan harian kamu. Meminum air rebusan jahe merah dapat segera meredakan sakit kepala yang kamu alami.

6.     Membantu Diet

Mengonsumsi jahe merah dapat membuat kamu lebih lama merasa kenyang. Sehingga nafsu makanmu akan turut berkurang. Ditambah lagi rasa hangat dan pedas yang ditimbulkannya bisa membakar kalori dan lemak.

7.     Menjaga Kesehatan Lambung dan Pencernaan

Bahkan, dengan rutin mengonsumsi jahe merah dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan lambung dan pencernaan, seperti:

  • Mengatasi infeksi maupun luka pada lambung.
  • Menjaga kestabilan asam dalam lambung.
  • Mengurangi rasa ingin muntah atau mual.
  • Mengurangi risiko peradangan saluran usus.

8.     Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di masa pandemi ini tentu kita wajib menjaga sistem imun tubuh agar tetap kuat. Mengonsumsi jahe merah dipercaya dapat menjaga kekebalan tubuh dari serangan virus maupun bakteri.

9.     Menjaga Kecantikan

Sedangkan untuk kecantikan, jahe merah bermanfaat untuk:

  • Mencegah penuaan dini
  • Menyamarkan bekas luka
  • Mencerahkan kulit
  • Mengontrol minyak pada kulit wajah
  • Melembabkan kulit kering
  • Mempercepat proses penyembuhan luka
  • Mengatasi bekas paparan sinar matahari
  • Mengatasi jerawat

10.  Meredakan Nyeri Haid

Sifat antiinflamasi pada jahe dapat meredakan nyeri haid yang kamu alami. Kamu bisa meminum rebusan air jahe merah untuk merasakan khasiatnya.

11.  Meningkatkan Gairah Seksual

Minyak Atsiri dalam Jahe merah mempunyai efek afrodisiak. Afrodisiak sendiri adalah zat kimia yang bisa melancarkan aliran darah dalam tubuh hingga merangsang gairah seksual.

12.  Meningkatkan Kesuburan Pria

Aktivitas androgenik pada jahe merah dapat menaikkan jumlah hormon testoteron sehingga kesuburan pria bisa meningkat. Meminum air jahe merah dengan suplemen zinc dapat membantu meningkatkan produksi dan kualitas sperma.

Efek Samping dan Aturan Mengonsumsi Jahe Merah

Setelah kamu mengetahui segudang manfaat jahe merah di atas, jangan lantas sembarangan mengonsumsinya ya. Jangan mengonsumsi jahe merah lebih dari 4 gram per hari. Jika berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga diare.

Untuk wanita hamil jahe merah dapat meredakan morning sickness, tetapi jangan mengonsumsinya lebih dari 1 gram per hari. Sedangkan untuk penderita batu empedu dan orang yang habis operasi sebaiknya menghindari jahe merah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *