Info Sehat

Satuan vitamin A pengertian mcg RAE dan IU

Apa arti mcg RAE dan IU pada satuan vitamin A ? Jika anda perhatikan label informasi nilai gizi pada kemasan makanan, maka...

Written by Irfan · 1 min read >
satuan vitamin a

Apa arti mcg RAE dan IU pada satuan vitamin A ? Jika anda perhatikan label informasi nilai gizi pada kemasan makanan, maka satuan vitamin A berbeda dengan vitamin lainnya.

Pada vitamin jenis lain seperti vitamin C, Vitamin B, E, K, dan vitamin lainnya yang menggunakan satuan mili gram atau mili centigram, sedangkan pada Vitamin A sangat berbeda.

Seperti kita ketahui bahwa selain penyebutan Vitamin A masih ada penamaan lain yang biasanya kita kenal dengan Pro Vitamin A.

Pro vitamin A ini berbeda dengan Vitamin A, atau dengan kata lain Pro vitamin A ini adalah versi mentahnya dari yang Vitamin A.

Tubuh hanya bisa menggunakan dan menyerap Vitamin A saja (retinol), sedangkan jika wujudnya masih menggunakan pro vitamin A berarti harus masuk ke organ hati terlebih dahulu sampai akhirnya berubah menjadi Vitamin A.

Sejarah singkat penamaan Satuan vitamin A

Pada awalnya, vitamin A menggunakan satuan IU yang artinya international unit atau satuan international. Satuan IU pada vitamin A hadir dengan ukuran standar aktivitas biologis.

Tetapi masalahnya jika hanya mencantumkan satuan IU pada vitamin A pada label informasi nilai gizi ternyata masih kurang jelas atau kurang detail. Sebab vitamin A masih mempunyai bentuk lain seperti alpha karoten dan beta karoten.

Sehingga US FDA (Departemen kesehatan dari Amerika) menetapkan regulasi baru untuk satuan vitamin A yaitu mcg RAE dan bukan lagi menggunakan IU. Perubahan ini berlaku efektif mulai 1 Januari 2020 untuk perusahaan besar. Dan menyusul 2021 untuk perusahaan kecil.

Sehingga jangan heran kalau sekarang vitamin A pada label informasi nilai gizi tidak lagi menggunakan IU tetapi sudah menggunakan mcg RAE. (Meskipun demikian masih ada beberapa yang menggunakan satuan IU pada label kemasan makanan.)

Meskipun regulasi ini berasal dari US FDA yang artinya hanya berlaku pada Amerika saja. Tetapi biasanya akan diikuti juga oleh negara-negara lain. Atau yang pasti jika anda beli makanan impor, maka ketika melihat nilai vitamin A nya sudah menggunakan mcg RAE dan bukan lagi IU.

Satuan Vitamin A yang baru mcg RAE

Berikut ini pengertian mcg RAE pada vitamin A dengan label informasi nilai gizi yang berlaku mulai tahun 2020, 2021.

mcg artinya micrograms. Cara penulisannya yaitu dengan mcg atau μg, keduanya artinya sama-sama berbunyi micrograms.

RAE artinya Retinol activity equivalents. Retinol adalah nama lain dari vitamin A.

Retinol adalah bentuk vitamin A yang sudah siap untuk digunakan tubuh. Sedangkan jika bentuknya masih alpha karoten atau beta karoten, maka tubuh kita akan mengubahnya menjadi retinol terlebih dahulu.

Hampir sama seperti halnya pada Omega-3. Asam lemak omega-3 juga ada bentuk lain seperti ALA, EPA, DHA. Jika bentuknya masih ALA, tubuh kita akan mengubahnya menjadi EPA dan DHA.

Tingkat konversi antara mcg RAE dan IU

1. 1 IU retinol = 0,3 mcg RAE
2. 1 IU beta karoten dari suplemen makanan = 0,15 mcg RAE
3. 1 IU beta karoten dari makanan = 0,05 mcg RAE
4. 1 IU alpha karoten atau beta-cryptoxanthin = 0,025 mcg RAE

Jadi, jika ingin mengkonversi nilai vitamin a misalnya 300 mcg RAE, maka setara dengan 1000 IU. (Jika bentuknya sudah retinol) Lain halnya jika bentuknya masih beta karoten dari suplemen makanan, maka 1000 IU setara dengan 150 mcg RAE.

RAE tidak dapat secara langsung dikonversi menjadi IU tanpa mengetahui sumber vitamin A, tetapi tergantung pada makanan yang dikonsumsi.

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *