Info Sehat

Perlukah Membuat Menu Diet Seminggu Agar Diet Anda Berhasil

Perlukah Membuat Menu Diet Seminggu Agar Diet Anda Berhasil ? – Banyak cara bisa dilakukan untuk mempercepat diet Anda seperti : menyusun...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Perlukah Membuat Menu Diet Seminggu Agar Diet Anda Berhasil

Perlukah Membuat Menu Diet Seminggu Agar Diet Anda Berhasil ? – Banyak cara bisa dilakukan untuk mempercepat diet Anda seperti : menyusun Menu Diet Seminggu, membuat rencana olahraga atau menggabungkan keduanya. Tapi benarkah jika kita sudah mempunyai menu diet itu, kita akan berhasil 100 % menjalankan program diet kita.

Ok… Inilah faktanya… !!

1.Kesuksesan diet Anda tidak di tentukan sepenuhnya oleh menu diet Anda.

Memang sebagian besar diet Anda akan dipengaruhi oleh menu yang Anda susun , tapi selain membuat Menu Diet Seminggu, ada beberapa hal lagi yang akan mempengaruhi keberhasilan diet Anda yaitu :

  • Komposisi tubuh Anda ( berapa banyak kadar lemak, otot, tulang dan air )
  • Metabolisme tubuh Anda ( tiap orang memiliki metabolisme tubuh yang berbeda )
  • Aktifitas Anda ( semakin aktif Anda bergerak maka kemungkinan semakin banyak kalori yang terbakar )
  • Waktu istirahat Anda ( semakin baik waktu istirahat, maka tubuh semakin mudah mengurangi kelebihan lemak nya )

Seseorang bisa lebih cepat mengurangi berat badan dan kadar lemak dibandingkan dengan yang lainnya meskipun mereka memiliki postur dan berat badan yang sama. Dan yang menyebabkan hal ini adalah hal-hal yang telah disebutkan diatas, ada orang yang sangat gampang mengurangi berat badan serta kadar lemaknya karena memiliki metabolisme tubuh yang tinggi serta masa otot yang padat. Tapi ada juga orang yang sudah berusaha mati-matian untuk berdiet mendapatkan hasil penurunan berat yang sangat lambat.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Diet Dari Pagi Hingga Malam

Jadi yang perlu Anda ketahui adalah hasil diet untuk setiap orang berbeda-beda, jika saat ini Anda melakukan program diet dan mendapati hasil diet Anda berbeda dari teman Anda meskipun Anda menggunakan program diet yang sama, jangan khawatir itu adalah hal yang biasa terjadi.

Yang perlu Anda lakukan adalah tetap mengontrol menu diet Anda dalam seminggu serta melakukan olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Karena apa yang Anda makan berpengaruh besar terhadap tubuh Anda , maka Anda perlu mengetahui beberapa hal dalam membuat menu diet Anda.

2.Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun menu diet.

Menyusun menu diet memang gampang-gampang susah, karena ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan seperti : kalori harian, jenis makanan, cara memasak, dan keseimbangan nutrisi. Tapi agar lebih mudah Anda bisa mengikuti panduan ini :

  • Buatlah menu diet yang Anda sukai, kemudian lakukan sedikit modifikasi. Contohnya : Anda suka sate kambing, maka dalam menu diet Anda, Anda bisa memasukkan menu sate kambing, kemudian lakukan modifikasi dengan cara mengurangi porsi atau menambahkan sayuran dan mengatur waktu makannya ( jika biasanya Anda makan sate kambing di malam hari, bisa dirubah jadi siang hari. Kemudian jika biasanya Anda makan menu ini 5 kali seminggu, bisa Anda kurangi menjadi 2 atau 3 kali seminggu ).
  • Perhatikan apa yang Anda minum. Jika saat ini Anda senang minum-minuman berasa, berusahalah untuk menguranginya serta membiasakan diri untuk minum air putih.
  • Perhatikan nutrisi harian Anda. Ingat pola makan 4 sehat, dgn menerapkannya Anda sudah memenuhi sebagian besar keperluan nutrisi tubuh Anda.
  • Buatlah menyenangkan, diet bukan berarti menyiksa diri melainkan membuat gaya hidup baru yang lebih sehat dan seimbang, melakukan perubahan awalnya memang sulit, tapi lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan perubahan itu.

Baca juga : Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Diet

Demikianlah tadi ulasan kita mengenai pentingnya Menu Diet Seminggu serta bagaimana tips menyusunnya dengan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *