Info Sehat

Mesti Tahu! Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Manfaat buah bit dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan serta menjaga kecantikan. Buah bit kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut...

Written by Rachmad · 1 min read >
manfaat buah bit

Manfaat buah bit dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan serta menjaga kecantikan. Buah bit kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini adalah kandungan gizi buah bit dan berbagai manfaatnya.

Kandungan Buah Bit

manfaat buah bit

Buah bit termasuk umbi-umbian yang berwarna ungu kemerah-merahan. Warna ini berasal dari pigmen ungu (betasinin) dan pigmen kuning (betasantin). Warnanya yang pekat juga kerap dijadikan sebagai pewarna makanan alami.

Kandungan lemak, kalori dan protein pada buah bit sangat rendah, namun karbohidratnya tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi pada buah bit yaitu asam folat, kaliumen, serat, vitamin C, magnesium, zat besi fosfor, triptofan, caumarin, dan betasianin.

Manfaat Buah Bit

1. Untuk Kesehatan

a.  Sebagai Detoks Alami

Buah bit dapat membantu dalam proses detoksifikasi, yaitu proses tubuh dalam mengeluarkan racun serta zat berbahaya lainnya dari darah. Sehingga buah bit bagus untuk kesehatan ginjal, paru-paru, kulit, dan hati.

b. Mencegah Terkena Berbagai Penyakit

Antioksidan pada buah bit ampuh mencegah kerusakan sel-sel akibat serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Antioksidan juga dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit, seperti jantung, kanker dan diabetes. Kandungan nitratnya terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sedangkan zat besinya yang tinggi dapat mencegah anemia.

c. Meningkatkan Stamina

Kandungan nitrat pada buah bit juga bisa menurunkan proses pembakaran oksigen saat berolahraga. Sehingga stamina dan tenaga dalam tubuh tidak cepat habis dan juga tidak cepat lelah.

d. Mengatasi Masalah Pencernaan

Buah bit mengandung serat yang bermanfaat untuk memudahkan masuknya makanan ke dalam usus cerna. Serat juga bisa membuat tinja lebih lunak sehingga buang air besar menjadi lebih lancar. Selain itu, konsumsi buah bit dapat membantu mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti infeksi usus, wasir serta asam lambung atau GERD.

e. Menjaga Kesehatan Otak

Kadungan nitrat pada buah bit bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak. Dengan demikian, buah bit dapat mencegah demensia akibat menurunnya fungsi otak.

f. Membantu Menurunkan Berat Badan

Maka mengonsumsi buah bit bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Jadi, buah ini cocok bagi kamu yang ingin menjalankan program diet agar berat badan cepat turun.

2. Sebagai Pewarna Makanan

Buah bit dapat digunakan sebagai pewarna alami makanan. Warna merah pekat yang dimiliki dapat dipakai untuk memberi warna berbagai makanan, seperti kue kering, kue basah, jeli, maupun es krim.

3. Untuk Kecantikan

Kandungan berbagai zat dalam buah bit juga bermanfaat untuk kecantikan, diantaranya yaitu:

  • Mencerahkan wana kulit
  • Menghaluskan kulit
  • Memberikan rona pink pada wajah
  • Sebagai masker untuk mencegah jerawat
  • Menghilangkan kantung mata
  • Mencerahkan warna bibir
  • Mengurangi rambut rontok
  • Mengatasi ketombe

4. Untuk Ibu hamil

Kandungan nutrisi pada buah bit sangat baik untuk ibu hamil. Manfaat buah bit untuk ibu hamil antara lain :

  • Meminimalisir risiko cacat lahir
  • Meningkatkan kekebalan tubuh saat hamil
  • Mencegah osteoporosis
  • Mengontrol metabolisme selama kehamilan
  • Mencegah nyeri sendi dan pembengkakan
  • Pemurni darah alami
  • Mendukung perkembangan janin

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah bit di atas, jangan ragu lagi untuk mengonsumsinya. Kamu bisa mengolahnya menjadi jus atau sebagai bahan masakan. Tapi jangan berlebihan, ya! Mengonsumsi terlalu banyak buah bit dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan menurunkan kadar kalsium dalam tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *