Info Sehat

Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Diet

Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Diet – Memiliki tekanan darah rendah memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Tekanan darah rendah...

Written by Agung Sanjaya · 1 min read >
Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Diet

Mengatasi Tekanan Darah Rendah dengan Diet – Memiliki tekanan darah rendah memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari – hari. Tekanan darah rendah tentu sangat merugikan walaupun resiko yang ditimbulkan dari penyakit ini tidak sebesar pada seseorang yang menderita tekanan darah tinggi. Namun tekanan darah rendah dapat membuat kita kurang maksimal dalam melakukan kegiatan sehari – hari. Seseorang dikatakan menderita penyakit tekanan darah rendah jika tekanan darah sistoliknya tidak lebih dari 90 mmHg atau dapat dikatakan juga jika tekanan darah diastolicnya tidak lebih dari 60 mmHg. Dengan demikian orang tersebut menderita tekanan darah rendah yang dapat mengakibatkan badan terasa sangat sakit dan disertai dengan rasa pusing pada kepala.

Untuk itu penyakit tekanan darah rendah harus segera diatasi agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat merupakan cara terbaik untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah ini. Jika kita menderita tekanan darah rendah, kita dapat mengkonsumsi makanan dan minuman sebagai berikut untuk mengatasinya.

1.Daging Ayam

Daging ayam sangat dipercaya untuk meningkatkan tekanan darah agar tekanan darah tidak rendah. Mengkonsumsi daging ayam yang memiliki banyak protein tentu sangat bermanfaat bagi penderita darah rendah. Kandungan protein hewani yang terdapat pada daging mampu membangun sel – sel yang terdapat dalam pembuluh darah. Pada umumnya penderita darah rendah kekurangan kandungan garam dalam darah. Oleh sebab itu mengkonsumsi daging ayam yang asin dapat meningkatkan kandungan garam dalam darah. Makanan dengan tingkat keasinan yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah karena untuk mengganti elektrolit dalam tubuh yang hilang.

2.Air Mineral

Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengakibatkan tekanan darah pada seseorang menjadi rendah. Oleh sebab itu dengan meminum air putih 8 hingga 10 gelas tiap harinya dapat mengatasi penyakit tekanan darah rendah. Bagi para penderita tekanan darah rendah sangat dianjurkan untuk tidak kekurangan cairan dalam tubuh. Tentu dengan meminum air putih yang cukup untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, tekanan darah rendah dapat segera teratasi.

3.Kopi

Kopi merupakan minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk meminum kopi tetapi dalam takaran yang normal. Bagi penderita tekanan darah rendah, mengkonsumsi kopi merupakan hal yang sangat perlu dilakukan untuk menaikkan tekanan darah. Sangat dianjurkan untuk meminum kopi dalam takaran yang wajar yaitu 1 hingga 2 gelas tiap harinya. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah tentu akan merasa pusing, dengan meminum kopi secara wajar, rasa pusing tersebut dapat segera teratasi karena tekanan darah menjadi naik.

4.Kacang – kacangan

Mengkonsumsi kacang – kacangan dapat digunakan sebagai cara untuk Mengatasi Tekanan Darah Rendah. Hal ini disebabkan karena kacang – kacangan dapat dicerna dengan perlahan oleh pencernaan, dengan demikian tekanan darah akan menjadi naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *