Info Sehat

Manfaat Pilates yang Perlu Kamu Ketahui

Tahukah kamu, apa itu Pilates? Pilates merupakan salah satu jens olahraga yang menyerupai yoga. Meski begitu, pilates memiliki manfaat yang berbeda. Berikut...

Written by Rachmad · 1 min read >
Manfaat Pilates yang Perlu Kamu Ketahui

Tahukah kamu, apa itu Pilates? Pilates merupakan salah satu jens olahraga yang menyerupai yoga. Meski begitu, pilates memiliki manfaat yang berbeda. Berikut ini adalah penjelasannya

Pengertian Pilates

Pilates bisa disebut juga versi modernnya yoga. Pilates dikembangkan oleh seorang atlet yang bernama Joseph Pilates pada bad ke-20. Awalnya penciptaan pilates difokuskan untuk rehabilitasi dan penguatan tubuh.

Gerakan dalam pilates difokuskan pada perut, punggung bawah, panggul, dan paha. Gerakan ini bertujuan untuk melatih fleksibilitas serta ketahanan dan kekuatan otot. Selain itu, gerakan dalam pilates dilakukan secara perlahan yang disertai dengan latihan pernapasan.

Manfaat Pilates

Agar mendapatkan manfaat yang maksimal, sebaiknya kamu memakai seorang pemandu. Apalagi jika kamu seorang pemula, maka kamu membutuhkan pendamping selama melakukan gerakan-gerakan pilates. Berikut ini adalah berbagai manfaat pilates.

1. Menguatkan Otot Inti

Setiap gerakan plates dapat menguatkan otot-otot. Melatih otot inti dengan benar dapat membuat tubuh kamu lebih stabil dan kokoh. Otot inti yang lemah akan mengakibatkan terganggunya fungsi gerak dan tenaga bisa cepat habis.

2. Tubuh Lebih Flekibel

Rutin melakukan pilates bisa menjadikan tubuh menjadi lebih fleksibel. Hal ini dikarenakan untuk melakukan gerakan pilates memang diperlukan kelenturan tubuh.

3. Menjaga Postur Tubuh

Pilates berguna menjaga postur tubuh, baik saat berdiri maupun duduk. Postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu, terutama soal penampilan. Selain itu, gerakan pilates dapat menjaga tulang belakang agar tidak cepat aus. Pilates juga berguna untuk mempertajam motorik halus.

4. Mencegah dan Mengurangi Rasa Sakit dari Cedera

Jarang berolahraga dapat membuat otot-otot bagian tengah tubuh menjadi lemah. Otot yang lemah dapat meningkatkan risiko nyeri akibat cedera. Pilates berguna untuk memanjangkan, memperkuat, dan meningkatkan elastisitas otot serta meningkatkan mobilitas sendi. Sehingga cedera lebih cepat sembuh.

5. Menajamkan Fokus

Konsentrasi tingkat tinggi sangat dibutuhkan dalam melakukan gerakan pilates. Harmonisasi gerakan tubuh, pengaturan napas, dan pengendalian pikiran bisa membuat kamu lebih fokus untuk menyeimbangkan diri. Selain itu, pilates dipercaya meniningkatkan fungsi kognitif otak. Fungsi otak ini berkaitan dengan kinerja memori, aktivitas jaringan saraf, serta fungsi kognitif lainnya.

6. Menurunkan Berat Badan

Seorang wanita yang rutin tiga kali seminggu melakukan pilates dapat membantu menurunkan berat badan. Meski begitu kamu perlu bersabar karena hasilnya tidak bisa diperoleh dengan cepat. Diperlukan waktu beberapa bulan agar berat badan dapat berangsur berkurang.

7. Meningkatkan Kualitas Seks

Dalam pilates juga terdapat gerakan yang berguna untuk menguatkan otot dasar panggul. Menguatnya otot panggul dapat membuat orgasme terasa lebih hebat. Sedangkan untuk wanita hamil, proses melahirkan bisa lebih cepat karena dapat mengejan lebih mudah.

Tips Melakukan Pilates

Berikut ini adalah tips melakukan pilates, terutama bagi pemula agar mendapatkan manfaat yang maksimal.

1. Rajin Melatih Gerakan yang Benar

‘Praktik latihan menuju kesempuraan’ merupakan salah satu prinsip pilates yang paling penting. Gerakan pilates yang benar dapat memberikan manfaat yang maksimal.

2. Mempelajari Gerakan Dasar

Senam pilates sebaiknya dimulai dengan gerakan dasar. Bahkan jika kamu sudah sampai pada tingkat lanjut. Ingat untuk selalu mempertahankan posisi tulang belakang.

3. Mengenali Reaksi Tubuh

Kamu perlu selalu merasakan reaksi tubuh ketika melakukan gerakan pilates. Jika ada yang sakit, maka pasti gerakannya ada yang salah.

4. Evaluasi

Sebaiknya kamu mencatat perkembangan seiring berjalannya waktu. Melakukan pilates dengan gerakan yang benar dapat membuat kamu lebih bugar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *