Info Sehat

Jenis-Jenis Makanan Penyebab dan Pelawan Kanker

Selain penyakit jantung, kanker juga merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Banyak hal yang menjadi faktor resiko seseorang terkena...

Written by Rachmad · 3 min read >
Jenis-Jenis Makanan Penyebab dan Pelawan Kanker

Selain penyakit jantung, kanker juga merupakan salah satu penyebab utama kematian di seluruh dunia. Banyak hal yang menjadi faktor resiko seseorang terkena kanker, terutama jenis makanan-makanan terproses yang kini sudah semakin marak di pasaran.

Faktanya, banyak sekali penelitian yang menunjukkan bahwa makanan tertentu dapat berpengaruh terhadap resiko seseorang terkena kanker. Tetapi terdapat pula makanan sehat yang bisa mencegah dan mengobati kanker itu sendiri.

Seperti contohnya beberapa penelitian menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup seperti mengkonsumsi makanan sehat dapat mencegah kanker hingga 30-50% untuk segala macam jenis.

Maka dari itulah, penting sekali bagi anda untuk mengetahui beberapa makanan yang menjadi penyebab dan pencegah kanker, yang akan kami susun dengan rapi di bawah ini.

Makanan Penyebab Kanker

Meskipun sangat sulit untuk membuktikkan beberapa jenis makanan sebagai penyebab kanker tanpa menjalani proses penelitian terlebih dahulu, tetapi sudah banyak bukti yang sangat kuat dimana para penderita kanker tersebut disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak menyehatkan.

Adapun para penderita kanker tersebut senantiasa mengkonsumsi beberapa makanan penyebab kanker seperti:

1.Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan terproses yang tinggi akan gula tetapi rendah serat serta nutrisi lainnya telah dikaitkan dengan tingginya seseorang terkena kanker. Lebih tepatnya, para peneliti tersebut menemukan bahwa jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar glukosa darah telah terkait dengan berbagai macam jenis kanker, termasuk kanker perut, kanker payudara, dan kanker kolorektal.

Diduga kuat bahwa kadar glukosa dalam darah dan insulin yang tinggi termasuk ke dalam resiko penyebab kanker. Insulin telah terbukti sebagai stimulan dari pembelahan sel, sehingga membantu pertumbuhan dan penyebaran sel kanker dan membuatnya semakin susah untuk dihilangkan.

Selain itu, kadar tinggi akan insulin dan glukosa dalam darah dapat berkontribusi terhadap peradangan di dalam tubuh anda. Dalam jangka panjang, kondisi tersebut dapat mengarah pada pertumbuhan sel-sel yang abnormal dan terdapat kemungkinan akan berkontribusi terhadap tumbuhnya kanker.

Untuk alasan inilah para penderita diabetes memiliki resiko lebih tinggi terkena berbagai macam jenis kanker. Seperti misalnya, resiko anda terkena kanker kolorektal akan lebih tinggi sebanyak 22% ketika anda menderita diabetes.

Untuk mencegahnya, anda harus membatasi asupan makanan yang dapat meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, seperti misalnya makanan yang tinggi akan kandungan gula dan karbohidrat refinasi.

2.Daging Olahan

Agen Penelitian Kanker Internasional (IARC – International Agency for Research on Cancer) menganggap bahwa daging olahan merupakan karsinogen, atau penyebab kanker. Hal ini karena daging olahan telah menjalani beberapa proses seperti pengasinan, pengawetan, atau pengasapan. Beberapa contohnya adalah hot dogs, ham, daging asap, daging deli, dan lain sebagainya.

Beberapa penelitian observasional juga telah menemukan keterkaitan antara mengkonsumsi daging olahan dengan meningkatkannya resiko terkena kanker, terutama kanker kolorektal sebanyak antara 20 hingga 50%.

3.Makanan yang Terlalu Matang

Beberapa makanan yang diproses menggunakan temperatur tinggi seperti dipanggang, digoreng, ditumis, dan barbeque, lebih mungkin menciptakan senyawa berbahaya seperti amina heterosiklik (HA – heterocyclic amines) dan produk akhir glikasi lanjut (AGEs – advanced glycation end-products).

Terlalu banya senyawa berbahaya ini menumpuk di tubuh anda, maka akan berkontribusi terhadap peradangan dan memainkan peran penting dalam berkembangnya kanker serta penyakit berbahaya lainnya.

Beberapa jenis makanan seperti berbasis hewani yang tinggi akan lemak dan protein – serta daging olahan – lebih mungkin menciptakan senyawa berbahaya tersebut jika dimasak menggunakan temperatur tinggi dan terlalu matang.

4.Produk Susu

Beberapa penelitian observasional juga telah mengindikasikan bahwa asupan makanan yang tinggi akan produk susu (dairy) kemungkinan akan meningkatkan resiko anda terkena kanker prostat.

Teori ini diduga berasal dari asupan tinggi akan kalsium, insulin-like growth factor 1 (IGF-1) atau hormon estrogen dari sapi betina yang tengah hamil, semuanya telah dikaitkan dengan resiko kanker prostat, meskipun persentase resikonya kecil.

Jenis-Jenis Makanan Penyebab dan Pelawan Kanker

Makanan yang Melawan Kanker

Ada hitam dan ada putih, jika terdapat makanan yang bisa mendatangkan kanker, maka ada pula beberapa jenis makanan yang malah dapat melawan kanker itu sendiri. Makanan ini pun seringkali disebut sebagai makanan super atau superfood di luaran sana.

Para ahli kesehatan percaya bahwa beberapa makanan mampu melawan kanker dengan cara menghalangi pembuluh darah memberi makan kanker yang dikenal dengan anti-angiogenesis.

Tetapi kandungan nutrisi dalam makanan itu begitu kompleks, dan seberapa besar keefektivitasannya dalam melawan kanker tergantung dari bagaimana cara mereka dibudidayakan, diolah, disimpan, atau dimasak.

Adapun beberapa jenis makanan yang dapat melawan kanker adalah sebagai berikut:

1.Sayuran

Banyak sekali sayuran yang mengandung antioksidan anda fitokimia sebagai pelawan kanker. Seperti contohnya sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kubis mengandung sulforaphane, yaitu sejenis zat yang telah terbukti mampu mengurangi ukuran tumor hingga lebih dari 50%.

Beberapa jenis sayuran lainnya seperti tomat dan wortel juga telah dikaitkan dengan berkurangnya resiko kanker prostat, kanker perut, dan kanker paru-paru pada seseorang.

2.Buah-buahan

Mirip seperti sayuran, buah-buahan juga mengandung antioksidan dan berbagai macam jenis fitokimia yang mampu mencegah anda terkena kanker. Dalam sebuah ulasan penelitian menemukan bahwa jika anda mampu mendapatkan asupan buah citrus setidaknya tiga kali dalam seminggu, maka dapat mengurangi kanker perut hingga 28%.

3.Flaxseed

Flaxseed telah banyak dipuji karena memiliki efek melindungi terhadap berbagai macam jenis kanker dan bahkan mampu mengurangi penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh seseorang.

Seperti contohnya, sebuah penelitian yang melibatkan para pria penderita kanker prostat dan mengkonsumsi 30 gram flaxseed setiap hari, cenderung mengalami pertumbuhan dan perkembangan kanker yang lebih lambat. Hasil inipun terlihat pada wanita yang tengah menderita kanker payudara.

4.Rempah-rempah

Beberapa tes tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kayu manis memmiliki efek anti kanker dan mampu mencegah sel-sel kanker menyebar lebih lanjut lagi.

Terutama kandungan kurkumin yang terdapat dalam kunyit mampu membantu melawan kanker. Dalam sebuah penelitian selama 30 hari menemukan bahwa asupan 4 gram dari kurkumin setiap hari mampu mengurangi lesi kanker secara potensial pada usus besar sebanyak 40% terhadap 44 orang yang belum mendapatkan pengobatan dan perawatan.

5.Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut sebagai allicin, di mana telah terbukti memiliki efek anti kanker. Sayuran jenis ini mampu mengurangi resiko jenis kanker secara spesifik, termasuk kanker perut dan kanker prostat.

6.Ikan Berlemak

Sudah banyak orang yang tahu bahwa ikan berlemak merupakan sumber utama dari asam lemak omega-3, yaitu sejenis lemak sehat yang dapat menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai macam resiko penyakit jantung mematikan.

Selain kekuatannya dalam menjaga anda dari penyebab kematian nomor 1 di dunia tersebut, lemak sehat dari ikan juga mampu mengurangi peradangan yang menjadi salah satu faktor anda terkena kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Bahkan jika anda mampu mengkonsumsi ikan secara teratur maka dapat mengurangi kanker kolorektal sebanyak 12%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *