Info Sehat

Jangan Panik, Berikut Obat Asam Lambung Sebagai Pertolongan Pertama

Asam Lambung merupakan gejala maag, dengan kondisi lambung yang meradang atau terkena luka. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang tidak teratur,...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
obat asam lambung alami

Asam Lambung merupakan gejala maag, dengan kondisi lambung yang meradang atau terkena luka. Salah satu penyebabnya adalah pola makan yang tidak teratur, sehingga menyebabkan perih lambung. Maka dari itu, Anda harus menyediakan obat asam lambung sebagai pertolongaan pertama.

Asam lambung sangat penting dalam proses pencernaan makanan, karena diperlukan untuk mencerna makanan. Kebutuhan asam lambung harus normal, karena jika berlebihan justru menyebabkan asam lambung. Jika hal ini terjadi, yang dibutuhkan adalah obat yang aman untuk dikonsumsi.

Pengertian Sakit Asam Lambung

Ketika Anda mengalami gangguan produksi asam lambung, tubuh akan memproduksi secara berlebihan, sehingga cairan lambung tersebut akan naik ke kerongkongan, kondisi ini dikenal dengan sebutan GERD.

Sakit asam lambung bisa terjadi karena katup antara kerongkongan dan lambung tak berfungsi dengan baik, yang akhirnya asam lambung tersebut naik ke kerongkongan. Perbedaan signifikan antara sakit maag dan asam lambung terletak pada saluran pencernaan. Meski demikian, kita bisa saja mengidap keduanya secara bersamaan.

Obat Asam Lambung Secara Alami:

  • Mentimun

Mentimun bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam lambung. Nah jika Anda mengkonsumsi mentimun secara teratur, asal lambung pun bisa teratasi. Caranya, kupas dan buang biji timun lalu iris tipis memanjang, setelahnya konsumsi 2 potong per 2 jam. Bila ingin hasil yang lebih maksimal, silahkan campur mentimun dengan makanan yang memiliki khasiat sama seperti wortel, yoghurt, dan bawang putih mentah.

  • Jahe

Jahe memiliki sifat anti radang yang secara alami mengatasi nyeri pada ulu hati. Selain itu, herbal satu ini dapat mengatasi masalah pencernaan lain, seperti mual dan perut kembung. Sedangkan untuk masalah GERD, Anda bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya bagus untuk masalah kecantikan, karena bermanfaat pula untuk meredam inflamasi yang terjadi akibat naiknya asam lambung.

Caranya jus lidah buaya, lalu konsumsi menjelang tidur atau ketika bangun tidur. Bila Anda mengkonsumsinya secara rutin, lidah buaya bisa menjadi obat lambung alami yang paling ampuh.

  • Akar manis atau Licorice

Licorice atau akar manis diketahui dapat meredakan gejala nyeri pada ulu hati akibat GERD. Licorice sendiri memiliki kandungan yang bersifat antioksidan dan anti radang sehingga bisa mengurangi peradangan, pembengkakan serta luka di kerongkongan dan lambung akibat peningkatan asam lambung.

  • Kacang Hijau

Kacang hijau sangat bermanfaat untuk menetralkan asam lambung yang berlebih, bahkan menebalkan lapisan lambung tersebut. Anda hanya perlu mengkonsumsi secara rutin, apa lagi rasanya yang nikmat. Ya kacang hijau bisa diolah menjadi bubur atau sari kacang hijau dan konsumsi lah secara rutin.

  • Teh Chamomile

Sudah menjadi hal umum jika teh ini kerap digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mual dan muntah, hingga dipercaya untuk mengatasi kesulitan tidur. Karenanya, ramuan herbal ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi GERD.

  • Kunyit

Kunyit salah satu bumbu dapur yang dapat mengatasi masalah lambung akibat peningkatan asam lambung. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa potong cincang kunyit lalu rebus bersama 1,5 gelas air hingga mendidih. Setelahnya, saring air dan tambahkan madu agar rasanya tidak hambar. Nah agar hasilnya maksimal, konsumsilah ramuan ini setiap pagi dan malam hari.

Itulah beberapa obat asam lambung secara alami, yang dapat meringankan penyakit asam lambung. Untuk penanganan lebih lanjut, segera konsultasikan pada dokter. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *