Info Sehat

Inilah Penyebab Komedo Datang Lagi

Inilah Penyebab Komedo Datang Lagi – Anda sudah membersihkan komedo tapi masih muncul terus? Membersihkan komedo bukan hanya perkara membersihkan wajah saja....

Written by Yoko Widito · 1 min read >
penyebab komedo datang lagi-4

Inilah Penyebab Komedo Datang Lagi – Anda sudah membersihkan komedo tapi masih muncul terus? Membersihkan komedo bukan hanya perkara membersihkan wajah saja. Ada banyak faktor dan penyebab yang bisa memicu munculnya komedo, bahkan ketika Anda sudah membersihkan komedo dengan baik tapi masih muncul lagi bisa jadi ada kebiasaan buruk yang masih Anda lakukan yang memicu komedo datang lagi dan lagi.

Selain itu Anda juga harus memahami kalau ada dua jenis komedo yang seringkali muncul di wajah, yaitu komedo hitam dan komedo putih.

1.Komedo hitam: Komedo yang muncul di sekitar hidung dan berwarna hitam karena adanya kotoran yang terperangkap di dalam pori. Warna komedo menjadi hitam setelah adanya proses oksidasi dengan udara luar.

2.Komedo putih: Komedo ini juga muncul di sekitar hidung, namun pada bagian kepala tidak menghitam karena yang terperangkap bukanlah kotoran tapi minyak dan tidak terkena paparan udara sehingga warna tidak berubah.

Nah kalau kedua komedo ini masih terus kembali muncul walaupun sudah rutin membersihkan muka, maka Anda mungkin mempunyai kebiasaan buruk yang masih Anda lakukan hingga komedo ini datang lagi. Apa saja kebiasaan buruknya?

1.Memencet komedo hingga keluar

penyebab komedo datang lagi

Komedo yang ada di hidung memang menggemaskan, tapi memencet komedo keluar dengan tujuan membersihkan malah akan membuat kondisi semakin parah. Apalagi kalau Anda lupa membersihkan tangan sebelum memencet komedo, kotoran yang terdapat di tangan malah akan masuk ke dalam pori pori dan memicu munculnya jerawat.

 

2.Malas melakukan perawatan khusus komedo

penyebab komedo datang lagi-1

Komedo butuh perhatian dan perawatan khusus, bukan hanya sekedar membersihkannya saja apalagi cuma menggunakan pore pack saja. Salah satu perawatan khusus untuk komedo adalah menggunakan BHA (Beta Hydroxy Acid) yang sangat efektif untuk membasmi komedo yang bandel di wajah.

3.Membersihkan wajah terlalu sering

penyebab komedo datang lagi

Membersihkan wajah dalam jangka waktu tertentu memang penting dan baik. Namun apabila membersihkannya terlalu sering, bukan berarti komedo akan lenyap. Tapi yang ada malah komedo akan datang lagi dan lagi, apalagi kalau Anda membersihkannya menggunakan sabun yang bukan untuk muka. Malah akan menyebabkan iritasi dan memicu munculnya komedo.

Baca juga5 Cara Mudah Menghilangkan Komedo

4.Gunakan scrub di area wajah yang ada komedo

penyebab komedo datang lagi-3

Menggunakan scrub pada area yang berkomedo bukan berarti membersihkan wajah. Anda hanya akan membersihkan bagian atas komedo itu saja bukan membersihkannya. Selain itu scrub malah akan membuat sebum hilang dari permukaan kulit dan memicu produksi minyak lebih banyak sehingga komedo akan terus menerus muncul.

5.Malas membersihkan make up

penyebab komedo datang lagi-4

Make up yang tidak dibersihkan akan menjadi sumber petaka bagi wajah. Apalagi kalau Anda memiliki wajah kulit yang berminyak dan rentan berkomedo. Sisa sisa make up akan masuk ke dalam wajah dan terperangkap disana hingga akhirnya menghitam dan membutuhkan perawatan khusus untuk membersihkannya.

Selain kebiasaan buruk yang masih terus Anda lakukan, ada juga beberapa faktor yang membuat kondisi wajah rentan terkena komedo

  • Jumlah bakteri yang terdapat pada permukaan kulit mengalami peningkatan.
  • Iritasi yang terjadi pada pori pori kulit, bisa terjadi akibat membersihkan wajah terlalu kasar atau efek samping perawatan peeling.
  • Perubahan hormon, saat seseorang masuk ke masa pubertas atau bisa juga masa menstruasi. Keadaan ini membuat produksi minyak meningkat.
  • Konsumsi obat obatan tertentu seperti pil KB
  • Kondisi kulit terlalu lembab, bisa jadi karena penggunaan pelembab atau kondisi udara.
  • Terpapar bahan kimia yang ada pada kosmetik
  • Mengkonsumsi minuman atau makanan yang memiliki kandungan gula ataupun lemak berlebihan
  • Kebiasaan merokok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *