Info Sehat

Ini dia Tips Mencegah Corona

Semenjak WHO menaikan status corona menjadi pandemi, banyak orang meningkatkan kewaspadaan untuk tetap berhati-hati supaya tidak terinfeksi. Total ada 177 negara yang...

Written by Bambang Winarso · 1 min read >
Ini dia Tips Mencegah Corona

Semenjak WHO menaikan status corona menjadi pandemi, banyak orang meningkatkan kewaspadaan untuk tetap berhati-hati supaya tidak terinfeksi. Total ada 177 negara yang sudah terpapar virus corona termasuk Indonesia. Karena jumlah kasus baru belum juga menyusut, Anda sebaiknya mempersiapkan diri sebelum akhirnya terinfeksi corona, salah satunya adalah dengan mempelajari tips untuk mencegah corona.

Tips Menghindari Korona

Pada Desember lalu, warga negeri tirai bambu dihebohkan dengan wabah baru yang menyebabkan ribuan orang yang berada di Wuhan mengalami sakit serangan pernafasan. Wabah tersebut disebabkan oleh virus yang akhirnya diberi nama Corona atau yang sekarang juga dikenal sebagai COVID-19. Virus ini diperkirakan berasal dari hewan seperti kelelawar yang bisa menularkan ke manusia. Perlahan-lahan pemerintah China mulai bisa menangani persebaran dari virus ini, tapi “chaos” malah terjadi di kancah internasional.

Untuk itu dari pihak World Organization Health (WHO) sendiri sudah mulai mengedukasi bagaimana pencegahan agar tidak tertular virus corona. Bagaimana tips mencegah penularan virus corona menurut WHO? Simak terus artikel berikut ini.

  1. Rutin Cuci Tangan

Tangan merupakan salah satu perantara masuknya virus corona ke dalam tubuh, sebab metode penularan dari virus corona ialah kontak fisik (dapat berupa sentuhan tangan) ke bagian luka yang terbuka, atau bagian selaput lendir (mulut, hidung, tangan).

Ini dia Tips Mencegah Corona

Maka dari itu rutin cuci tangan merupakan salah satu poin penting untuk mencegah paparan virus corona. Tidak hanya rutin, Anda juga harus memastikan jika Anda mencuci tangan Anda dengan benar, Cuci tangan Anda menggunakan sabun dan Air yang mengalir, cuci tangan secara meluruh termasuk bagian telapak tangan, punggung tangan, dan sela-sela jari, setelah selesai cuci tangan, keringkan dengan handuk yang kering, tisu, atau mesin pengering tangan.

Bawa terus sabun cuci tangan Anda jika ingin bepergian ke luar. Jika Anda sulit menemukan air, Anda bisa menggunakan hand sanitizer sebagai pengganti sabun, dan air. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan tinggi, minimal 60% supaya lebih efektif dalam membunuh virus, bakteri, maupun kuman-kuman jahat.

  1. Terapkan Social Distancing

Ikuti himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing. Tujuan dari social distancing adalah memutus rantai corona, supaya penyebaranya bisa terkendali. Jangan keluar rumah kecuali kalau ada kebutuhan mendesak, atau berkeinginan untuk membeli bahan pangan.

Ini dia Tips Mencegah Corona

Baik di rumah atau I tempat umum, selalu jaga jarak minimal 1 meter apalagi jika mendapati ada orang yang batuk atau bersin. Saat batuk atau bersin virus cairan yang keluar dari mulut maupun hidung bisa saja mengandung corona. Jika terjadi proses inhalasi , maka infeksi dari virus corona tak bisa dihindari.

Baca juga : Apa itu Virus Corona, Gejala dan Penularannya

  1. Hindari Menyentuh Wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pintu masuk dari virus corona sendiri merupakan selaput lendir (mata, hidung, mulut). Anda bisa menggunakan masker untuk menghindari kontak fisik secara langsung.

  1. Lakukan Aturan Bersin dengan Benar

Saat batuk, atau bersin pastikan anda atau orang disekitar Anda menutup mulut dan menutup hidung dengan siku tangan yang ditekuk.

  1. Segeralah Berobat Jika Menjumpai Indikasi Virus Corona

Jika Anda merasa tidak enak badan, tetaplah berdiam diri d rumah. Jika Anda mulai mendapati gejala awal virus corona seperti demam, batuk, disertai dengan susah bernafas segeralah mencari pertolongan medis dengan mengikuti arahan dari otoritas kesehatan di tempat Anda.

Penyebab dan Cara Mengobati Tinnitus

Penyebab dan Cara Mengobati Tinnitus

Irfan in Info Sehat
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *