Info Sehat

Gejala dan Jenis Pengobatan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Salah satu alasan kenapa orang-orang tidak sadar bahwa dirinya telah terkena penyakit menular seksual (PMS) adalah karena penyakit ini cenderung datang tanpa...

Written by Irfan · 3 min read >
Gejala dan Jenis Pengobatan Penyakit Menular Seksual (PMS)

Salah satu alasan kenapa orang-orang tidak sadar bahwa dirinya telah terkena penyakit menular seksual (PMS) adalah karena penyakit ini cenderung datang tanpa gejala sama sekali. Bahkan bisa dibilang gejalanya akan terus bersembunyi hinga bertahun-tahun, sehingga penyebarannya bisa sangat drastis.

Sayangnya meskipun tidak memunculkan gejala, tetapi penyakit ini akan terus menggerogoti tubuh anda dan membuat kerusakan. PMS yang tidak diobati bisa berakibat fatal seperti:

  • Meningkatkan resiko ketidaksuburan.
  • Menyebabkan kanker tertentu yang menyakitkan.
  • Menyebarkan penyakit hingga penderitanya akan semakin banyak.
  • Memberikan efek buruk terhadap bayi anda yang belum lahir jika anda tengah hamil saat ini.
  • Lebih rentan terkena infeksi HIV.

Gejala

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa penyakit menular seksual hampir tidak memiliki gejala sehingga sangat sulit untuk menyadari penyakit tersebut, sampai akhirnya anda terkapar di atas ranjang.

Meskipun begitu, masih sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan tubuh terutama jika anda aktif melakukan hubungan badan dengan pasangan. Selalu perhatikan setiap perubahan fisik sekalipun itu rendah. Pastikan anda mendapatkan tes dan diagnosis secara teratur.

Tetapi beberapa ahli kesehatan juga tidak menyerah dalam mendeteksi gejala dari penyakit menular seksual yang berbahaya ini. Gejala ini dipelajari berdasarkan keluhan para penderitanya.

Pastikan anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala seperti di bawah ini:

Perubahan Saat Buang Air Kecil

Rasa panas atau sakit saat buang air kecil bisa menjadi salah satu gejala anda terkena penyakit menular seksual. Tetapi, bisa juga terjadi akibat infeksi saluran kemih atau batu ginjal. Jadi, sangat penting untuk menjalani tes demi memastikan penyakit apa yang sebenarnya yang tengah anda derita saat ini.

Secara khusus, beberapa jenis penyakit seksual menular penyebab rasa nyeri saat buang air kecil diantaranya klamidia, gonore, trikomoniasis, dan herpes genital.

Keluarnya Cairan Aneh Dari Penis

Cairan dari penis biasanya merupakan gejala dari penyakit menular seksual atau jenis infeksi lainnya. Sangatlah penting bagi anda untuk segera melaporkan gejala ini ke dokter secepat mungkin untuk didiagnosa.

Jenis penyakit menular seksual penyebab anda mengeluarkan cairan aneh adalah klamidia, gonore, dan trikomoniasis. Untungnya, infeksi ini masih bisa diobati dengan antibiotik, tetapi penting bagi anda mengkonsumsi obat-obatan tersebut sesuai anjuran dan resep dari dokter.

Anda harus kembali memeriksakan diri ke dokter jika gejala tersebut tidak sembuh atau kambuh setelah sembuh. Anda mungkin telah terinfeksi kembali karena melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda, terutama pasangan anda tersebut tidak melakukan pemeriksaan dan pengobatan sama halnya seperti anda.

Saat penyakit ini muncul kembali, kemungkinan anda harus mengkonsumsi obat antibiotik yang berbeda karena besar kemungkinan bakteri tersebut telah kebal terhadap antibiotik sebelumnya.

Rasa Terbakar atau Gatal di Vagina

Tidak hanya terjadi pada pria, organ reproduksi wanita pun akan mengalami beberapa gejala yang kurang menyenangkan seperti rasa gatal atau terbakar di area tersebut. Infeksi bakteri atau jamur memang bisa juga menyebabkan kedua kondisi tersebut muncul, tetapi pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter untuk tes lebih lanjut.

Baik penyakit menular seksual ataupun bakteri, keduanya tetap harus mendapatkan perawatan karena telah memberikan perubahan pada vagina anda. Terutama bakteri vaginosis dan kutu kemaluan misalnya, dapat menyebabkan rasa gatal dan membutuhkan perawatan dengan segera.

Rasa Sakit Saat Berhubungan Badan

Rasa sakit saat berhubungan badan memang sangat umum terjadi pada kaum wanita. Hal ini bisa didasarkan pada berbagai macam hal, salah satunya adalah disebabkan oleh penyakit menular seksual. Jika anda selalu merasa kesakitan saat melakukan hubungan sex, pastikan untuk segera berbicara dengan dokter.

Keluarnya Cairan Abnormal di Vagina atau Pendarahan

Keluarnya cairan abnormal atau tidak biasa dari vagina anda bisa disebabkan oleh berbagai macam jenis infeksi. Tidak semua jenis infeksi ini bisa menular secara seksual, seperti contohnya cairan abnormal yang disebabkan oleh bakteri vaginosis atau jamur.

Beberapa cairan yang keluar dari vagina sebenarnya normal pada saat siklus menstruasi. Tetapi jika terdapat perubahan pada warna dan aroma, maka itu bisa mengindikasikan bahwa anda tengah menderita penyakit menular seksual.

Misalnya perubahan cairan akibat trikomoniasis seringkali berwarna hijau, berbusa, dan beraroma tidak sedap. Sementara cairan akibat gonore bisa berwarna kuning bercampur darah.

Benjolan atau Luka

Benjolan atau luka bisa menjadi gejala penyakit menular seksual paling pertama yang bisa terlihat. Beberapa jenis yang menjadi penyebabnya seperti herpes genital, papillomavirus manusia (HPV – human papillomavirus), sipilis, dan moluskum kontagiosum.

Jadi, jika anda memiliki benjolan atau luka dekat dengan mulut atau alat kelamin anda, maka segera berbicara dengan dokter. Anda harus tetap memeriksakan diri ke dokter sekalipun benjolan atau luka tersebut telah hilang.

Seperti misalnya, luka akibat herpes biasanya akan hilang setelah satu atau dua minggu. Tetapi penyakit herpes itu sendiri masih belum hilang sekalipun tanpa gejala ini, sehingga berpotensi berbahaya dan menularkan ke pasangan anda.

Hanya karena luka anda telah sembuh, tetapi itu bukan berarti infeksi anda telah hilang sepenuhnya. Infeksi seperti herpes merupakan pertarungan seumur hidup. Setelah anda terinfeksi penyakit ini, virus pun akan terus hadir di tubuh setiap saat.

Rasa Sakit di Area Panggul atau Perut

Rasa sakit di area panggul memang bisa menjadi tanda dari berbagai macam jenis kondisi kesehatan, seperti penyakit radang panggul. Tetapi jika rasa sakit itu tidak biasa dan terasa sangat intens – sekali lagi – pastikan anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter agar mendapatkan diagnosa dengan tepat.

Faktanya, rasa sakit di area panggul memiliki ketarkaitan yang jauh dengan penyakit menular seksual, meskipun kemungkinannya masih ada.

Gejala Lainnya

Penyakit menular seksual termasuk ke dalam jenis infeksi, dan sama halnya seperti jenis infeksi lainnya, terdapat pula gejala yang tidak jelas yang bisa bertabrakan dengan kondisi penyakit lainnya.

Adapun beberapa gejala tersebut termasuk menggigil, demam, rasa lelah, ruam, dan kehilangan berat badan. Dokter anda pun tidak serta merta mendiagnosa anda dengan penyakit menular seksual berdasarkan gejala ini saja, tetapi biasanya akan digabungkan dengan gejala yang telah dipaparkan di atas.

Pengobatan

Penyakit menular seksual sendiri memiliki beragam jenis. Ada yang bisa diobati dan ada yang tidak, sehingga membutuhkan kontrol terhadap gejalanya. Adapun beberapa pengobatan yang biasanya dilakukan oleh para dokter tergantung dari jenisnya, seperti:

  • Infeksi klamidia yang bisa diobati oleh antibiotik.
  • Gonore juga bisa diobati dengan antibiotik. Tetapi, beberapa jenis virus cenderung merasa resisten terhadap obat-obatan sehingga pengobatan tradisional cenderung tidak efektif.
  • Sipilis juga bisa diobati dengan mengkonsumsi antibiotik. Obat-obatan harus langsung dipilih dan diresepkan oleh dokter anda berdasarkan tingkat keparahan dari sipilis yang tengah anda derita tersebut.
  • Bahkan di beberapa kasus para ahli pun akan meresepkan anda obat anti-jamur metronidazole atau tinidazole untuk mengobati beberapa jenis penyakit menular seksual di atas.

Beberapa jenis lainnya tidak bisa disembuhkan dengan obat-obatan, sehingga anda harus tetap mengontrol gejalanya agar tidak kambuh. Herpes genital dan HPV merupakan salah satu jenis yang tidak bisa diobati.

Herpes biasanya menggunakan obat-obatan anti-virus untuk mencegah gejalanya kambuh. Bahkan beberapa orang mengkonsumsinya secara teratur seiring dengan berjalannya usia mereka.

18 Tanda dan Gejala Anda Tengah Hamil

18 Tanda dan Gejala Anda Tengah Hamil

Irfan in Info Sehat
  ·   3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *