Info Sehat

Cari tahu penyebab mata belekan pada Anak

Cari tahu penyebab mata belekan pada Anak – Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dalam mengeksplor lingkungan sekitar, baik dialam ataupun disekitar rumah....

Written by Dwi · 2 min read >
Cari tahu penyebab mata belekan pada Anak [607 Kata]

Cari tahu penyebab mata belekan pada Anak – Anak-anak memiliki imajinasi yang tinggi dalam mengeksplor lingkungan sekitar, baik dialam ataupun disekitar rumah. Mereka umumnya menyentuh dan memegang semua benda yang dianggapnya membuat senang. Tidak heran jika mereka bisa dikatakan sangat rentan terhadap virus dan juga bakteri yang ada. Anda pasti pernah merasa khawatir saat ada teman seperantara Anak Anda mengalami sakit mata, seperti belekan. Tentunya Anda sebagai orang tua pasti tidak inginkan anak Anda terkena hal yang sama. Oleh karena itu, cari tahu penyebab mata belekan pada Anak yang kami tulis disini. Ada beberapa penyebab utama yang membuat mata anak Anda terkena belekan. Jadi baca hingga akhir info yang kami tuliskan berikut ini.

Penyebab mata belekan pada Anak

Cari tahu penyebab mata belekan pada Anak [607 Kata]

1.Infeksi sinus

Belekan yang ditemukan pada Anak umumnya memiliki mata merah dan terlihat lendir dengan pembengkakan di sudut-sudut mata. Hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata mereka. Namun Anda harus tahu apakah anak Anda memiliki efek samping seperti demam, sakit sinus, hidung tersumbat, dan kotoran kehijauan yang disebabkan oleh infeksi sinus. Jika gejala ini muncul pada anak, maka segera konsultasikan dengan dokter untuk pemeriksaan. Nantinya dokter dapat mendiagnosis apakah masalah pada mata anak benar-benar disebabkan oleh infeksi sinus atau tidak.

Baca jugaCara memilih makanan ringan yang sehat untuk anak

2.Dikarenakan alergi

Mata belekan yang terjadi pada Anda umumnya cukup kecil dan kering. Hal ini biasanya dikarenakan oleh reaksi alergi yang menyebabkan gatal pada anak. Sedangkan alergi pada mata anak disebabkan oleh alergen atau zat yang menimbulkan alergi, terlihat mirip partikel debu. Jika seorang anak memiliki mata belekan namun disertai dengan hidung meler, dan mengeluarkan cairan atau bersin, maka ada kemungkinan hal ini diakibatkan oleh alergi. Nah untuk Anda yang ingin mengetahui apakah anak Anda menderita sinusitis alergi kronis, maka segera bawa mereka ke dokter untuk melakukan tes alergi.

3.Akibat dari konjungtivitis virus

Coba periksa apakah ada kotoran putih atau bersih di mata anak Anda dan disertai adanya masalah pada saluran pernapasan bagian atas? Jika demikian, maka ada kemungkinan anak tersebut terkena virus karena konjungtivitis. Konjungtivitis virus ini tidak bisa diobati dengan antibiotic saja. Nah disini perlu dicatat bahwa mencegah penyebaran virus ini menjadi hal yang penting, karena apabila Anda tidak berhati-hati dalam penanganannya maka bisa membuat seluruh mata merasa sakit. Sebaiknya Anda beri tahu semua anggota keluarga untuk tidak menyentuh mata anak tersebut dan segera cuci tangan Anda jika menyentuh mata mereka.

4.Akibat dari konjungtivitis bakteri

Apakah mata anak Anda terihat kuning ataupun bengkak di kelopak? Biasanya kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata. Anda disini dapat melihat kotoran pada matanya, apabila terlihat kekuningan atau kehijauan, mata kemerahan, dan anak Anda mengeluh sensasi terbakar maka hal ini adalah salah satu ciri-ciri munculnya konjungtivitis bakteri. Nah sebelum infeksi ini memburuk, maka segera bawa ke dokter dan dokter akan memberikan meresepkan antibiotik untuk anak Anda seperti tetes mata atau salep mata.

5.Anak Anda memiliki mata yang terlalu kering

Ada berbagai penyebab mata belekan pada anak Anda salah satunya dari kelelahan mata seperti mata kering. Dimana didalam air mata terdapat 4 komponen seperti air, anti bodi, lendir, dan minyak. Jika air mata anak Anda terganggu maka proses menghasilkan air mata anak mungkin sulit. Akibatnya maka mata tersebut bisa mengering karena kekurangan cairan. Kondisi mata seperti ini bisa terjadi ketika mata tidak menghasilkan air mata sebagaimana mestinya. Nah, saat air mata tidak bisa melumasi mata dengan benar, maka hal ini bisa menyebabkan lendir di sekitar mata.

Jadi Anda sebagai orang tua harus selalu perhatikan kebersihan mata anak-anak Anda. Usahakan mata mereka tetap dalam keadaan bersih dan Anda dapat menggunakan perban yang dicelupkan ke dalam air hangat, kemudian kapas atau kain bersih untuk menghilangkan kotoran dari kedua mata. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dalam menjaga kesehatan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *