Cara Untuk Mengatasi Masalah Obesitas dan Berat Badan

4 min read

Cara Untuk Mengatasi Masalah Obesitas dan Berat Badan

Info Sehat – Obesitas, yaitu akumulasi lemak berlebihan di tubuh, ditentukan dengan mengukur Body Mass Index seseorang (BMI). Umumnya, BMI antara 18,5 dan 25 dianggap diinginkan. Jika BMI Anda 30 atau lebih, Anda dianggap obesitas.

Anda bisa menghitung BMI Anda dengan menggunakan yang berikut ini:

BMI = (Bobot dalam lbs / (Tinggi dalam inci x Tinggi dalam inci)) x 703, atau jika Anda mengukur dengan menggunakan sistem metrik BMI = Berat dalam kg / (Tinggi dalam meter x Tinggi dalam meter).

Masalah ini sebagian besar disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang buruk, seperti mengonsumsi makanan olahan yang tinggi lemak, porsi makanan besar, makan berlebih, minum berlebihan, kurang aktivitas fisik, kurang tidur, dan kebiasaan serupa lainnya. Faktor genetik dan masalah hormonal juga cenderung meningkatkan risiko pengembangan obesitas.

Cara Untuk Mengatasi Masalah Obesitas dan Berat Badan

Obesitas adalah perhatian besar bukan hanya karena kelebihan berat badan, tapi juga karena membuat Anda rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan serius seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan lain-lain.

Penting untuk menerapkan perubahan gaya hidup sehat untuk mengatasi masalah ini. Selain itu, Anda dapat menggunakan beberapa solusi alami yang mudah namun efektif untuk membantu usaha penurunan berat badan Anda.

Berikut adalah pengobatan rumah untuk mengobati obesitas.

1.Jus lemon

Jus lemon adalah salah satu obat rumah terbaik untuk memerangi obesitas. Ini membantu memperbaiki pencernaan dan membantu detoksifikasi. Pencernaan sehat merupakan prasyarat penting untuk menurunkan berat badan karena membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membakar lemak. Bahan ini juga dapat membantu membuang racun dari tubuh Anda sehingga memperlambat metabolisme Anda.

  • Campur tiga sendok teh jus lemon, satu sendok teh madu, dan setengah sendok teh bubuk lada hitam di satu gelas air. (Jika Anda menggunakan lada hitam yang baru digiling, tambahkan hanya seperempat sendok teh.)
  • Minumlah di pagi hari saat perut kosong.
  • Lakukan ini setiap hari setidaknya tiga bulan.

Sebagai alternatif, Anda bisa minum secangkir air hangat dicampur dengan satu sendok teh jus lemon.

2.Cuka Apel

Cuka sari apel mentah yang tidak disaring merupakan obat rumah yang populer untuk mengurangi kelebihan berat badan. Meskipun manfaat penurunan berat badan sebenarnya masih belum diketahui, penelitian pendahuluan telah menunjukkan bahwa hal itu dapat membantu melindungi terhadap obesitas. Ini membantu pemecahan lemak dan karenanya mencegah penumpukan lemak tubuh.

  • Campur dua sendok teh cuka sari apel mentah tanpa pemanis dengan segelas air. Minumlah setiap hari di pagi hari dan sebaiknya sebelum makan.
  • Anda juga bisa meminum segelas air dicampur dengan satu sendok teh masing-masing cuka sari apel mentah dan tanpa filter dan jus lemon.

Anda bisa menggunakannya hingga dua sendok makan cuka sari apel dalam sehari. Jangan melebihi jumlah ini, karena bisa mengurangi kadar potassium darah Anda dari waktu ke waktu dan menurunkan kepadatan mineral tulang Anda.

3.Aloe Vera

Lidah buaya berguna dalam mengobati obesitas karena merangsang metabolisme, meningkatkan konsumsi energi, dan memobilisasi lemak yang tidak terpakai di dalam tubuh. Ini mengandung protein kolagen alami yang membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyerap protein. Selain itu, membantu membuang racun dari sistem pencernaan dan usus besar.

  • Ambil dua daun lidah buaya segar, kupas, dan cabut pulpa.
  • Masukkan ke dalam blender bersama dengan satu cangkir jus jeruk atau grapefruit, atau hanya air. Blender selama dua sampai tiga menit.
  • Minumlah ini setiap hari setidaknya selama sebulan.

4.Teh Hijau

Teh hijau adalah obat alami yang populer untuk mempromosikan penurunan berat badan. Sebuah studi di Penn State mengungkapkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG), senyawa yang ditemukan dalam teh hijau, membantu memperlambat penambahan berat badan dengan membatasi penyerapan lemak dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak.

Selanjutnya teh hijau dikemas dengan nutrisi seperti vitamin C, karotenoid, seng, selenium, kromium, dan trace mineral lainnya.

Minum sekitar tiga sampai empat cangkir teh hijau setiap hari untuk mengatasi obesitas. Anda juga bisa mengkombinasikannya dengan teh jahe atau cabe rawit.

5.Cabe rawit

Cabai rawit membantu mengendalikan obesitas dan membantu penurunan berat badan. Ini berisi capsaicin yang merangsang tubuh Anda untuk membakar lemak dan meningkatkan pengeluaran energi.

Selain itu,bahan ini juga merangsang pencernaan dan menekan kelebihan nafsu makan yang disebabkan oleh malabsorpsi nutrisi dalam tubuh.

  • Buat teh cabe rawit dengan menuangkan segelas air panas ke atas cabai rawit (mulai dengan sepersepuluh sendok teh atau hanya sedikit cabe rawit dan sedikit demi sedikit tambahkan jumlahnya menjadi satu sendok teh). Peras jus dari setengah lemon di dalamnya. Minumlah teh ini secara teratur setidaknya selama sebulan.
  • Campur dua sendok makan masing-masing jus lemon dan sirup maple dalam 10 ons air (satu gelas berisi 8 ons). Aduk sedikit cabai rawit dan minumlah.
  • Gunakan cabe rawit dan bumbu lainnya, seperti jahe, lada hitam, dan biji mustard, dengan murah hati dalam sajian makanan Anda.

Baca jugaCara Mudah Mengatasi Masalah kolesterol tinggi

6.Tomat

Makanlah beberapa tomat setiap pagi dengan perut kosong. Pastikan Anda mengonsumsi kulit dan biji juga karena mengandung serat makanan. Tomat mengandung senyawa yang cenderung mengubah kadar hormon yang mempengaruhi nafsu makan Anda.

Selain itu, kaya akan vitamin A, C, dan K, dan magnesium, mangan, kolin, folat, dan nutrisi lainnya, makanan ini baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, mereka dikemas dengan antioksidan yang melindungi dari kanker.

7.Kubis

Buat kubis mentah atau rebus merupakan bagian integral dari diet penurunan berat badan Anda. Ini mengandung asam tartarat yang menghambat konversi gula dan karbohidrat lainnya menjadi lemak. Selain itu, kaya akan vitamin C dan rendah kalori namun kandungan serat dan airnya tinggi.

Sebagai sayuran timbal, mengandung phytochemicals yang membantu memperbaiki ketidakseimbangan metabolisme estrogen yang tidak hanya menyebabkan tubuh Anda menyimpan lemak tapi juga mempromosikan kanker payudara, kanker ovarium, dan lainnya. Sayuran cruciferous lainnya seperti brokoli, kembang kol, kubis Brussel, dan chard Swiss juga bermanfaat dalam hal ini.

8.Adas

Biji adas diyakini bermanfaat dalam menurunkan berat badan karena sifat diuretiknya. Diuretik membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat dengan mengurangi retensi air. Bahan ini tidak menyebabkan penurunan berat badan jangka panjang sekalipun.

  • Aduk biji adas kering. Saringan dan ambil bubuk halusnya. Ambil satu sendok teh bubuk ini dua kali sehari dengan air hangat. Obat ini juga akan membantu meringankan gas perut, gangguan pencernaan, dan sembelit.
  • Anda juga bisa minum teh adas 15 menit sebelum makan.

9.Madu dan Kayu Manis

Sertakan madu dan teh kayu manis dalam makanan Anda untuk meningkatkan metabolisme, meningkatkan energi, dan mendetoksifikasi tubuh Anda. Semua efek ini mendukung penurunan berat badan. Madu melawan obesitas dengan mempromosikan metabolisme lemak. Kayu manis membantu Anda menghindari makan berlebihan dengan melawan resistensi insulin dan juga mengurangi stres oksidatif yang terkait dengan sindrom metabolik.

  • Tuangkan secangkir air panas secukupnya setengah sendok teh bubuk kayu manis (Anda juga bisa menggunakan kayu manis). Biarkan selama setengah jam.
  • Campurkan satu sendok teh madu organik.
  • Minumlah setengahnya di pagi hari dengan perut kosong, sekitar setengah jam sebelum sarapan pagi. Simpan sisanya di kulkas dan diminum di malam hari sebelum tidur.

Seiring dengan pengobatan ini, pastikan Anda meminum delapan gelas air sepanjang hari untuk mengeluarkan racun dari tubuh Anda .

Studi telah menemukan bahwa makanan nabati dapat membantu melawan obesitas karena mengandung phytochemicals yang mencegah stres oksidatif, yang berkontribusi terhadap obesitas. Jadi, pilih lebih banyak makanan nabati daripada olahan, makanan cepat saji. Plus, termasuk anggur, buah persik, buah ara, wortel, dan blueberry dalam makanan Anda.

Tip lain yang sangat penting namun diabaikan untuk melawan obesitas adalah sarapan itu wajib. Penelitian menunjukkan bahwa mereka yang memiliki sarapan pagi lebih cenderung menurunkan berat badan dan bahkan beberapa inci dari pinggang mereka dibandingkan dengan mereka yang makan malam yang besar.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *