Info Sehat

Cara Mudah Mengatasi Masalah Rambut Bau

Info Sehat – Bau rambut, seperti namanya, ditandai dengan bau tak sedap yang berasal dari rambut dan kulit kepala. Hal ini bisa...

Written by Dwi · 3 min read >

Info Sehat – Bau rambut, seperti namanya, ditandai dengan bau tak sedap yang berasal dari rambut dan kulit kepala. Hal ini bisa disebabkan oleh kondisi yang disebut rambut kusut . Ini bisa menghantui orang-orang dari segala umur dan tidak terkait dengan kebersihan yang buruk.

Rambut berminyak lebih rentan terhadap kondisi ini karena dapat mengambil polutan lingkungan dan bau yang kuat lebih mudah.

Cara Mudah Mengatasi masalah Rambut Bau
Source: nakita.grid.id

Selain itu, faktor seperti stres dan ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan masalah memalukan ini. Psoriasis kulit kepala dan infeksi, terutama infeksi jamur, juga penyebabnya.

Berikut adalah resep pengobatan terbaik untuk mengatasi rambut yang bau.

 

1.Baking Soda

Baking soda adalah salah satu solusi rumah yang paling banyak digunakan untuk rambut yang berbau busuk karena membantu menetralisir bau busuk dan mengurangi sifat berminyak.

  • Campur satu bagian baking soda dalam tiga bagian air.
  • Bilas rambut Anda dengan air dan oleskan pasta roti pada rambut basah Anda.
  • Biarkan selama sekitar lima menit dan kemudian bersihkan rambut Anda.
  • Ulangi prosesnya seminggu sekali.

 

2.Cuka Apel

Cuka sari apel bekerja sebagai penjernih rambut alami dan menghilangkan penumpukan produk yang dapat menyebabkan rambut berbau busuk dan berminyak. Bahan ini juga membantu mengembalikan pH normal rambut Anda, menambahkan kilau, dan mencegah keriting .

  • Tambahkan satu setengah cangkir cuka sari apel organik ke dua cangkir air suling dan aduk dalam tiga tetes minyak esensial seperti lavender, rose, atau lainnya. Semprotkan larutan ke seluruh rambut Anda dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air dingin.
  • Anda bisa membilas rambut Anda dengan larutan satu setengah sendok makan cuka sari apel dan satu cangkir air. Biarkan selama sekitar satu menit sebelum membilasnya.

Anda juga bisa menggunakan cuka sari apel setelah obat baking soda. Jangan menggunakannya lebih dari dua kali seminggu.

 

3.Jus lemon

Jus lemon sangat baik untuk kulit dan rambut Anda. Ini akan membuat rambut Anda berbau segar dan bersih. Plus, ini akan mempromosikan rambut halus dan berkilau dan mengatasi masalah seperti infeksi ketombe dan kulit kepala.

  • Encerkan jus dari dua lemon dalam secangkir air. Setelah keramas, kerjakan campuran ke rambut dan kulit kepala Anda. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.
  • Jika Anda memiliki infeksi jamur di kulit kepala Anda, campurkan jus dari satu lemon dalam satu cangkir yogurt polos. Bekerjalah ke rambut Anda dan biarkan selama 30 menit sebelum membilasnya. Lakukan ini sekali seminggu.
  • Anda juga bisa mengkombinasikan jus lemon dengan minyak esensial wangi seperti rosemary atau lavender dan biarkan di rambut Anda dalam semalam. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Peringatan: Jus lemon akan meringankan rambut Anda selama periode waktu tertentu.

Baca jugaCara Menghilangkan Rambut Pada Wajah yang tidak diinginkan

4.Jus Tomat

Jus tomat membantu menghilangkan bau busuk dari rambut Anda. Selain itu, keasaman dalam tomat membantu menyeimbangkan tingkat pH rambut Anda.

  • Oleskan jus tomat segar ke kulit kepala Anda.
  • Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas.
  • Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Peringatan: Jus tomat cenderung meringankan rambut Anda.

 

5.Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh memiliki khasiat antimikroba yang membantu penyembuhan masalah rambut busuk akibat infeksi kulit kepala. Bahan ini juga akan mengurangi jerawat kulit kepala dan ketombe.

  • Encerkan sedikit minyak pohon teh ke dalam air dan oleskan pada kulit kepala Anda. Biarkan selama 20 sampai 30 menit dan kemudian keramas rambut Anda.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke sampo Anda (dua tetes per ons sampo). Shampoo seperti biasa.

Anda bisa menggunakan salah satu dari ramuan minyak pohon teh ini seminggu sekali.

 

6.Minyak Neem

Neem, atau lilac India, minyak dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit kepala dan akibatnya rambut bau karena sifat antiseptiknya. Gunakan sekali seminggu.

  • Anda bisa menggunakan minyak nimba seperti minyak pohon teh dengan menambahkannya ke sampo Anda.
  • Sebagai alternatif, Anda bisa mengoleskan beberapa tetes minyak ini ke kulit kepala Anda, pijat, dan biarkan selama semalam. Shampoo rambut Anda keesokan harinya.
  • Jika Anda tidak memiliki minyak nimba, rebus segenggam daun nimba dalam air. Keren dan saring solusinya. Gunakanlah itu sebagai bilas rambut sekali seminggu.

 

7.Aloe Vera

Aloe vera menenangkan dan menyembuhkan masalah kulit kepala, sehingga mengurangi bau rambut. Ini juga kondisi rambut Anda, mengurangi ketombe, dan mencegah rambut rontok . Anda bisa menggunakannya sekali seminggu.

  • Oleskan gel aloe vera segar atau jus pada rambut dan kulit kepala Anda setelah keramas. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas.
  • Anda juga bisa menambahkan satu sendok makan jus lemon dan satu setengah sendok teh gel lidah buaya ke sampo Anda.

 

8.Kulit Jeruk

Jus jeruk dan kulit sangat bagus untuk menghilangkan bau rambut. Ini juga akan membantu mengendalikan ketombe dan kelebihan minyak. Anda bisa menggunakannya sekali atau dua kali seminggu.

  • Isi botol dengan kulit jeruk dan tuangkan cuka sari apel organik. Simpan di lemari selama dua minggu. Kemudian saring dan simpan di kulkas. Masukkan dua sendok makan cairan ke dalam botol semprotan 12 atau 16 ons. Semprotkan pada rambut Anda setelah dicuci. Bilas saja setelah beberapa menit.
  • Rebus kulit jeruk bubuk di air. Biarkan dingin. Bilas rambut anda dengan solusinya. Biarkan selama sekitar 10 menit sebelum dicuci. Untuk membuat kulit jeruk bubuk, kulit jeruk kering di bawah sinar matahari selama seminggu dan kemudian menggilingnya.
  • Anda juga bisa mengoleskan jus jeruk ke rambut Anda dan kemudian membilasnya setelah sekitar lima menit.

 

9.Madu dan Kayu Manis

Sebuah topeng rambut madu dan kayu manis dianggap efektif dalam menghilangkan bau rambut karena khasiat antibakteri dan antijamur pada kedua bahan tersebut.

  • Rebus satu cangkir air dan satu setengah sendok teh bubuk kayu manis. Biarkan sekitar setengah jam.
  • Campurkan satu sendok teh madu.
  • Oleskan campuran pada rambut dan kulit kepala Anda, dan biarkan selama beberapa jam.
  • Bilas dengan air dan kemudian keramas rambut Anda.
  • Ulangi sekali atau dua kali seminggu.

Peringatan: Masker rambut madu dan kayu manis ini akan meringankan rambut Anda dari waktu ke waktu.

Anda juga bisa mengonsumsi satu sendok makan madu dicampur dengan seperempat sendok teh bubuk kayu manis untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi.

Selain menggunakan obat ini, batasi penggunaan produk rambut Anda termasuk mousses dan serum. Saat menggunakan kondisioner, pastikan Anda tidak menerapkannya di dekat akar rambut karena hal itu dapat menyebabkan sifat berminyak dan akibatnya rambut bau.

Selain itu, setelah mencuci rambut Anda, jangan mengikatnya kembali sampai benar-benar kering karena lingkungan yang lembab dapat mendorong rambut bau.

Plus, saat berhadapan dengan bau rambut, gunakan sampo yang mengandung asam sulfur dan salisilat. Ini juga akan membantu menghilangkan masalah seperti ketombe dan kulit kepala gatal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *