Cara Mudah Mengatasi Masalah kolesterol tinggi

4 min read

Cara Mudah Mengatasi Masalah kolesterol tinggi

Info Sehat – Kolesterol tinggi sering kali disebabkan oleh pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti diet tinggi lemak jenuh dan kurang aktivitas fisik yang memadai.

Faktor-faktor seperti obesitas , merokok , minum berlebihan , penuaan (arteri cenderung menyempit dengan usia), genetika , dan kondisi mendasar tertentu seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit ginjal atau hati juga meningkatkan risiko pengembangan masalah ini.

Kolesterol adalah zat lemak yang ada dalam darah Anda yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara membran sel, mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, dan fungsi penting lainnya.

Namun, tingkat kolesterol tinggi, juga disebut hiperkolesterolemia , tidak sehat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius dan bahkan fatal. Kolesterol cenderung menumpuk di sepanjang dinding arteri dan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung.

Biasanya, kadar kolesterol darah harus tetap di bawah 200 mg / dL (miligram per desiliter darah). Hal ini dianggap batas tinggi bila antara 200 dan 239 mg / dL, dan bila meningkat menjadi 240 atau lebih tinggi mg / dL, kolesterol ini dianggap tinggi.

Sebagian besar, tes yang disebut profil lipoprotein digunakan untuk menguji kadar kolesterol dalam hal kolesterol total (jumlah HDL, LDL dan VLDL), HDL, LDL dan trigliserida.

Cara Mudah Mengatasi Masalah kolesterol tinggi
Source : honestdocs.id

Dari jumlah tersebut, HDL, atau high density lipoprotein, dianggap baik karena mengandung kolesterol ke hati dimana bisa dipecah dan diproses ulang.

Meski bagus untuk alasan itu, tubuh Anda membutuhkan sejumlah HDL untuk menjalankan fungsinya sepenuhnya. Mereka dengan kadar HDL rendah dianggap berisiko tinggi terkena penyakit jantung.

LDL, atau low density lipoprotein, di sisi lain, dianggap buruk. Kolesterol inilah yang cenderung terbentuk di sepanjang dinding dalam arteri dan seiring waktu menyebabkan penyempitan pembuluh darah ini.

Berikut adalah pengobatan rumah untuk mengobati kolesterol tinggi.

1.Biji ketumbar

Penelitian telah menunjukkan bahwa ketumbar membantu menurunkan kadar kolesterol total, LDL (kolesterol ‘jahat’), dan trigliserida. Biji ketumbar juga memiliki efek hipoglikemik dan bisa bermanfaat dalam pengelolaan diabetes.

  • Tambahkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar ke satu cangkir air.
  • Rebus campuran lalu saring.
  • Minumlah sekali atau dua kali sehari. Anda bisa menambahkan susu, gula, dan kapulaga ke dalamnya dan menggunakannya sebagai pengganti teh biasa Anda.

Jika Anda tidak memiliki bubuk biji ketumbar, maka cukup gunakan biji ketumbar atau panggang kering dan giling mereka untuk membuat bedak.

2.Bawang

Bawang merah bermanfaat dalam mengatasi kolesterol tinggi. Para ilmuwan di Hong Kong menemukan bahwa mereka membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini, dapat menurunkan risiko penyakit jantung .

  • Campur satu sendok teh masing-masing jus bawang dan madu. Minumlah sekali sehari.
  • Tambahkan satu bawang merah cincang halus dan satu sendok teh lada ke satu cangkir buttermilk. Konsumsilah secara teratur.
  • Juga termasuk bawang merah, jahe, dan bawang putih dalam makanan Anda.

3.Gooseberry India

Gooseberry India, atau amla, bertindak sebagai agen hipolipidemia alami, yang berarti meningkatkan pengurangan konsentrasi lipid dalam serum. Sebuah studi yang dipublikasikan di International Journal of Medical Research & Health Sciences mengungkapkan bahwa buah ini memiliki efek anti-aterogenik, dan hipolipidemia.

  • Campurkan satu sendok teh bubuk gooseberry India, atau gooseberry India kering dan bubuk, dalam segelas air hangat.
  • Minumlah setiap hari di pagi hari saat perut kosong.

4.Cuka Apel

Cuka sari apel membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total Anda. Selain itu, ini adalah obat rumah yang hebat untuk sejumlah penyakit termasuk acid reflux, tekanan darah tinggi, asam urat, infeksi saluran pernapasan bagian atas, dan lainnya.

  • Campurkan satu sendok teh cuka sari apel organik ke dalam segelas air.
  • Minum dua atau tiga kali sehari setidaknya selama sebulan.

Anda dapat secara bertahap meningkatkan jumlah cuka sari apel menjadi dua sendok makan per gelas. Jika Anda tidak menyukai cuka apel, Anda bisa mencampurnya dengan jus jeruk segar, jus apel, jus anggur, atau jus buah lainnya.

5.Jus Jeruk

Minum tiga cangkir jus jeruk segar setiap hari bisa sangat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol darah secara alami karena kaya akan vitamin C, folat, dan flavonoid.

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum 750 mL jus jeruk murni setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL dan trigliserida, dan menurunkan rasio LDL / HDL pada pasien hiperkolesterolemia.

Jus jeruk yang diperkaya dengan sterol lebih baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 3 gram fitosterol sehari dapat membantu menurunkan kolesterol total hingga 11% dan LDL hingga 15%. Jadi, minumlah dua gelas jus jeruk sterol yang diperkaya sterol per hari.

Baca jugaCara Mudah dan Alami Untuk Mengobati Wasir

6.Minyak Kelapa

Meski berlawanan, minyak kelapa dianggap sebagai obat rumah yang bermanfaat untuk kolesterol tinggi, meski merupakan lemak jenuh. Minyak kelapa mengandung asam laurat yang membantu meningkatkan HDL (kolesterol ‘baik’) dan memperbaiki rasio LDL / HDL.

Tambahkan minyak kelapa organik dalam jumlah sedang ke makanan Anda. Anda bisa meminum satu sampai dua sendok makan minyak ini setiap hari. Jangan menggunakan minyak kelapa olahan.

7.Oatmeal

Menikmati semangkuk oatmeal adalah cara yang mudah namun efektif untuk mengurangi kadar kolesterol Anda. Ini penuh dengan serat larut dan mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat.

Satu setengah gelas oatmeal yang dimasak atau satu cangkir gandum mengandung kira-kira tiga gram serat larut, beta-glukan. Anda juga bisa menambahkan buah dan kacang-kacangan seperti apel, pisang, stroberi, dan kenari ke oatmeal Anda untuk menambah manfaat kesehatan.

8.Minyak Ikan

Minyak ikan dan ikan berlemak seperti ikan tenggiri, tuna, trout, herring, salmon, bluefish, sarden, dan sejenisnya dikemas dengan asam lemak omega-3. Bahan ini dapat membantu menurunkan trigliserida (lemak dalam darah) dan mencegah penyakit jantung.

Konsumsilah sekitar satu sampai empat gram minyak ikan per hari. Jika Anda telah mengadopsi pola makan vegan atau vegetarian, maka sertakan biji rami tanah liat, yang juga kaya akan asam lemak omega-3, dalam makanan Anda.

9.Beras Ragi merah

Beras ragi merah mengandung senyawa yang dikenal sebagai monacolins yang menghambat sintesis kolesterol dan karenanya membantu menurunkan kolesterol. Sederhananya, nasi difermentasi dengan ragi merah (monascus purpureus). Selama ribuan tahun, telah digunakan di China untuk tujuan pengobatan. Anda bisa mendapatkan tablet nasi ragi dari apotek atau toko makanan kesehatan.

Untuk kolesterol tinggi, ambil 1200 sampai 2400 mg suplemen sekali atau dua kali sehari. Penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen diet ini dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (‘buruk’). Namun, berhati-hatilah saat mengkonsumsi suplemen ini sebagai dosis dan efek jangka panjang yang tepat masih belum jelas.

Selain itu, beberapa produk beras ragi merah mengandung lovastatin dan bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan efek samping. Cara terbaik adalah berkonsultasi ke dokter sebelum Anda mulai meminumnya. Jangan mengkonsumsi suplemen ini selama kehamilan, menyusui atau saat menderita masalah hati.

10.Kacang

Kenari, kacang almond, kacang tanah, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang-kacangan lainnya berguna untuk mengendalikan kolesterol tinggi karena kaya akan sterol dan serat tumbuhan. Kenari, khususnya, telah ditemukan untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total.

Jadi, sekarang Anda punya alasan bagus untuk menikmati segenggam kacang panggang lezat dengan segenggam (satu setengah ons) secara teratur; Tapi jangan berlebihan. Selain itu, tingkatkan konsumsi whole grain dan makanan berserat tinggi lainnya.

Seiring dengan pengobatan di rumah ini, penting untuk membuat pilihan makanan dan gaya hidup yang sehat . Hilangkan lemak trans dari makanan Anda; Mereka meningkatkan LDL Anda (kolesterol ‘jahat’) dan menurunkan kolesterol HDL Anda (‘baik’). Plus, makanlah diet tinggi vitamin C (100 sampai 200 mg per hari) untuk membantu menurunkan kolesterol.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *